Surabaya ke Bromo Berapa Lama? Inilah Estimasi Rutenya!

Surabaya ke Bromo Berapa Lama – Trip ke wisata Gunung Bromo start dari Kota Surabaya menjadi pilihan yang paling tepat. Alasannya karena akses melalui rute ini sangat mudah untuk dilakukan menggunakan kendaraan. Waktu tempuh Surabaya ke Bromo berapa lama masih belum dipastikan.

Waktu tersebut tergantung dari kemacetan dan jalur yang dipilih. Namun perjalanan akan lebih cepat jika menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Nantinya bisa melalui tol yang sudah pasti tidak akan terjebak macet.

Surabaya ke Bromo Berapa Lama

Rute Surabaya ke Gunung Bromo

Dari Surabaya, jalur yang sering dipilih yaitu melalui 2 rute dengan pintu masuk berbeda. Pintu masuk yang pertama yaitu lewat desa Tosari Wonokitri Pasuruan, sedangkan yang kedua lewat Desa Ngadisari Probolinggo.

Sebelum mengetahui waktu tempuh dari Surabaya ke Bromo berapa lama, penting sekali untuk mengetahui detail rutenya. Tujuannya tak lain untuk memudahkan dalam perjalanan tanpa kebingungan.

Selain itu, kamu nantinya dapat mempersiapkan rencana perjalanan dengan baik sampai bisa tempat tujuan. Inilah rute atau jalur yang bisa kamu pilih untuk mencapai kawasan Gunung Bromo:

Dari Kota Surabaya melalui rute Probolinggo dengan jarak sekitar 130 km. Jika lewat tol dengan naik mobil pribadi, maka bisa turun secara langsung tepat pada toll Probolinggo Barat.

Namun bisa juga turun di pintu toll keluar Tongas Probolinggo, kemudian mengambil arah ke Desa Cemara Lawang Ngadisari. Desa tersebut merupakan desa paling akhir yang berlokasi dekat dengan Gunung Bromo.

Jika misalnya tujuan trip yang kamu lakukan hanya 1 hari (midnight), cukup berhenti di Desa Sukapura supaya tidak begitu jauh. Setelah itu, bisa menyewa Jeep yang bisa dijumpai di beberapa titik lokasi tertentu.

Jeep yang sudah dibooking dan disewa akan mengantarkanmu untuk menjelajah semua spot yang berada di Gunung Bromo. Tetapi jika perjalananmu menggunakan kendaraan bermotor, kamu tidak perlu menyewa Jeep.

Hal ini karena hampir semua spot di Bromo bisa dijelajah dengan kendaraan roda dua. Meski begitu, kamu harus tetap membeli tiket masuk Bromo dengan harga murah.

  • Rute Surabaya Bromo Melalui Pasuruan

Pasuruan ke Gunung Bromo memiliki jarak yang lebih dekat dibandingkan sebelumnya, yaitu sekitar 50 km. Sehingga waktu tempuh dari Surabaya ke Bromo berapa lama mungkin tidak lebih dari 3 jam berkendara.

Start Surabaya, kamu bisa mengambil arah menuju Bangil Pasuruan Kota. Lalu ikuti jalur dari warung dowo ke Tosari hingga akhirnya berhasil sampai di pos pintu masuk Bromo lewat Pasuruan.

Kondisi jalan yang harus dilalui mungkin berkelok-kelok, sehingga harus ekstra hati-hati untuk bisa sampai tempat tujuan dengan selamat. Pada kawasan ini juga banyak dijumpai tempat sewa Jeep yang datang dengan membawa kendaraan roda empat atau mobil pribadi.

Harga sewa Jeep di Bromo biasanya sudah termasuk dengan BBM dan biaya driver. Sedangkan untuk tarifnya tergantung dari rute manakah yang ingin kamu ambil. Maka dari itu, sebelum menyewa sangat disarankan untuk mengetahui lebih dahulu mengenai spot menarik yang ada di Gunung Bromo.

Open Trip Bromo

Transportasi dari Surabaya ke Bromo

Opsi transportasi yang bisa digunakan dari Surabaya ke Gunung Bromo memang sangat banyak, bisa transportasi umum ataupun pribadi. Untuk transportasi umum yang paling direkomendasikan adalah bus. Hal ini karena waktu tempuh Surabaya ke Bromo berapa lama dengan bus lebih cepat ketimbang lainnya.

Perjalanan dengan bus dimulai dari Pasar Turi, lalu dilanjutkan dengan naik angkutan umum menuju Terminal Bungurasih. Sesampainya di Terminal Bungurasih, pilih kembali bus yang mengarah ke Terminal Bayuangga Probolinggo.

Jika sudah tiba di terminal, tak ketinggalan kamu harus menyewa Jeep. Harga sewa umumnya mulai dari Rp600.000 sampai dengan Rp1.200.000. Namun bisa juga mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Selain bus, transportasi umum yang bisa kamu pilih untuk menemani perjalanan menuju gunung populer di Jawa Timur ini adalah travel. Kamu bisa melakukan pemesanan pada seat yang masih tersedia.

Oleh karena itu, kamu harus memboking hingga jauh-jauh hari sebelum mengunjungi kawasan wisata Gunung Bromo.

Tips Perjalanan dari Surabaya Menuju Bromo

Liburan memang sudah menjadi kegiatan yang paling seru bagi kebanyakan orang, terutama traveler. Namun bagi pemula yang belum pernah mengunjungi Gunung Bromo, tentu akan kebingungan mengenai beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

Hal tersebut akhirnya membuat kegiatan liburan kurang menyenangkan. Oleh karena itu, sebelum pergi liburan maka sebaiknya ketahui beberapa tipsnya berikut ini:

  • Memilih Musim yang Sesuai

Tips pertama ketika ingin berkunjung ke Gunung Bromo adalah dengan memilih musim yang tepat. Seperti misalnya ketika musim kemarau, musim ini sangat mendukung untuk liburan.

Kamu bisa melihat pesona keindahan dari Gunung Bromo yang sangat menawan. Namun jika misalnya datang ketika musim hujan, tentu tidak bisa menikmati suasana dengan maksimal. Belum lagi sangat ribet karena hujan bisa datang secara tiba-tiba.

  • Memilih Tempat Penginapan

Memilih tempat penginapan dengan harga terjangkau juga tak kalah penting untuk dilakukan. Sekarang ini sudah banyak sekali tempat penginapan yang ada di sekitar Gunung Bromo.

Jika bingung memilih, kamu bisa lihat list dan rekomendasi yang ada di berbagai platform aplikasi traveling seperti Tiket.com atau Traveloka. Meski begitu, untuk menghemat budget maka bisa memilih tempat penginapan di rumah penduduk.

Penduduk di sekitar Gunung Bromo memang banyak yang menyewakan kamar di rumahnya untuk menginap para wisatawan.

  • Menyewa Jeep 

Bagi pengendara roda empat memang sudah menjadi hal yang wajib untuk menyewa Jeep di Gunung Bromo. Jika datang bersama keluarga atau rombongan, maka pilih sewa Jeep yang menawarkan harga lebih murah dan banyak rute.

Rute yang paling umum ditawarkan adalah Kawah Gunung Bromo, Pasir Berbisik, Padang Savana, Bukit Teletubbies, dan lainnya. Kamu dan rombongan bisa memilih rute secara bebas mana yang paling diinginkan.

Sebagai info, sekarang ini sudah terdapat peraturan baru dari pemerintah setempat. Kendaraan yang hanya diperbolehkan untuk masuk menuju lautan berpasir dan penanjakan adalah Jeep. Jeep ini sendiri sudah dikelola oleh masyarakat yang ada di sekitar Gunung bromo.

Sama halnya dengan ojek, mereka memiliki kelompok ataupun pangkalan sendiri. Sehingga kamu bisa pilih bebas manakah yang ingin disewa untuk mengeksplore Bromo.

  • Menyewa Motor

Jika kamu solo traveling atau datang sendiri, kamu bisa menyewa motor. Motor tersebut bisa kamu gunakan untuk menuju ke bagian tengah kawasan Gunung Bromo. Tarifnya sendiri tidak begitu mahal dan cukup bersahabat di kantong, yaitu sekitar Rp80.000.

Waktu tempuh Surabaya ke Bromo berapa lama tergantung dari rute yang dipilih. Jika ingin lebih cepat sampai maka bisa pilih rute via Pasuruan yang butuh waktu sekitar 3 jam. Kamu juga bisa pesan paket wisata jika ingin pergi ke Bromo tanpa perlu repot.

Paket wisata Bromo yang ditawarkan oleh Nahwatour bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Kamu tidak perlu bingung mencari akomodasi dalam perjalanan wisata karena Nahwatour siap memberikan semua fasilitas saat berwisata di Bromo. Jika tertarik bisa langsung hubungi lewat alamat https://nahwatour.com/.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.