Perjalanan dari Kota Probolinggo ke Bromo Berapa Lama?

Probolinggo ke Bromo Berapa Lama – Jalur menuju kawasan Gunung Bromo dapat ditempuh melalui 3 jalur utama, yaitu via Malang, Pasuruan, dan Probolinggo. Namun, jalur yang paling dekat dengan akses yang mudah dan aman adalah Probolinggo. Lalu, perjalanan dari Probolinggo ke Bromo berapa lama?

Waktu tempuh yang dibutuhkan oleh setiap wisatawan dalam menuju kawasan wisata Gunung Bromo tentu belum pasti. Alasannya karena memang ditentukan oleh banyak faktor, terutama kendaraan yang dibawa dan jalur yang dipilih. Namun yang pasti untuk jarak dari Probolinggo kurang lebih sekitar 3 jam.

Probolinggo ke Bromo Berapa Lama

Inilah Jalur atau Rute Bromo dari Kota Probolinggo

Sebelum mengetahui waktu tempuh Probolinggo ke Bromo berapa lama, penting untuk mengetahui rutenya. Rute ke Gunung Bromo dari Probolinggo menjadi rute yang paling banyak dipilih oleh wisatawan.

Hal tersebut karena kontur jalan yang dimiliki sangat landai dan tidak begitu menanjak. Pastinya berbeda jauh dengan jalur via Pasuruan dan Malang yang sangat curam.

Jalan yang landai dan lebar ini tentu direkomendasikan khusus untuk wisatawan yang membawa kendaraan besar seperti mobil atau bus pariwisata. Selain itu, terdapat pula jalan tol yang mempunyai akses keluar dekat dengan Bromo yaitu Tol Tongas.

Kemudahan itulah yang membuat rute ini banyak dipilih oleh para wisatawan yang berdatangan dari Surabaya, Kediri, Pasuruan, Tulungagung, dan kota lainnya.

Mulai dari Kota Probolinggo, kamu bisa menuju Sukapura secara langsung. Perjalanan dilanjutkan menuju arah Ngadisari sampai berhenti tepat di pintu masuk Cemoro Lawang.

  • Rute dari Terminal Probolinggo

Traveling yang dilakukan dengan angkutan umum mulai dari Terminal Banyuangga merupakan pilihan tepat untuk traveler. Hal ini karena harganya yang sangat murah sehingga tidak akan memakan banyak biaya selama berwisata.

Keberangkatan dimulai dari lokasi menuju Terminal Banyuangga. Kamu bisa pilih angkutan yang akan mengantarkanmu ke Kecamatan Sukapura. Biaya yang harus dikeluarkan kurang lebih sekitar Rp100.000 sampai dengan Rp150.000.

Setibanya di Sukapura, perjalanan bisa diteruskan menuju Cemorolawang yang berlokasi di Desa Ngadisari. Jika misalnya kamu naik mobil pribadi, perjalanan hanya cukup sampai di Desa Ngadisari saja. Waktu tempuh dari Probolinggo ke Bromo berapa lama disini mungkin hanya sekitar 4 atau 5 jam saja.

Supaya bisa meneruskan perjalanan menuju kawasan Gunung Bromo, kamu bisa menyewa Jeep. Sewa Jeep ini sebenarnya sudah menjadi ketentuan yang wajib untuk para wisawatan yang berkunjung.

  • Rute dari Stasiun Probolinggo

Jika kamu ingin berangkat dengan kereta, maka bisa pilih KA Probowangi yang mengantarkan mulai dari Stasiun Gubeng atau Stasiun Wonokromo menuju stasiun Probolinggo. Tiket kereta api ini juga tak kalah murah, untuk kelas ekonomi mungkin hanya Rp27.000 saja.

Jika ingin semakin eksklusif, kamu bisa naik kereta api Sri Tanjung yang memiliki tarif sebesar Rp88.000 per seat. Bisa juga naik Kereta Api Logawa yang harga tiketnya sekitar Rp125.000.

Sesampainya di Stasiun Probolinggo, perjalanan bisa diteruskan menuju Terminal Banyuangga. Kamu bisa naik angkutan umum dengan biaya hanya sebesar Rp3.000 untuk setiap penumpang.

Sama halnya dengan sebelumnya, perjalanan bisa lanjut ke Kecamatan Sukapura kemudian Cemoro Lawang yang ada di Desa Ngadisari. Jangan lupa untuk menyewa Jeep Bromo agar bisa sampai tempat tujuan.

Paket Wisata Bromo

Trip ke Bromo Melalui Probolinggo

Trip ke Gunung Bromo dari Kota Probolinggo memang sangat cocok untuk yang membawa kendaraan pribadi. Perjalanan dari Probolinggo ke Bromo berapa lama dengan kendaraan pribadi juga cepat. Bahkan kamu bisa dengan bebas melewati rute ataupun mampir ke beberapa tempat lain lebih dahulu.

Namun, kamu hanya bisa membawanya hingga pintu masuk Bromo yang ada di Sukapura. Jika ingin sampai kawasan wisata, kamu wajib untuk menyewa Jeep yang sudah banyak disiapkan oleh Paguyupan Jeep di sekitar lokasi.

Hal ini ternyata juga berlaku untuk semua pintu masuk yang berada di Pasuruan dan Malang. Lantas, bagaimana dengan mobil yang dibawa jika harus menyewa Jeep? Kendaraan tersebut bisa kamu parkir secara langsung di rest area atau meeting point ketika menyewa Jeep.

Dengan menyewa Jeep, kamu akan dibawa menuju berbagai macam spot menarik yang ada di kawasan gunung Bromo. Spot menarik tersebut diantaranya adalah seperti berikut ini:

  • Sunrise Bromo

Kalau kamu merupakan pecinta alam tentu mendambakan untuk melihat keagungan alam yang ada di dunia ini. Seperti momen terbaik yaitu terbitnya matahari atau yang lebih dikenal dengan sebutan sunrise.

Gunung Bromo menjadi tempat wisata alam yang menawarkan sunrise terbaik, elok, dan sangat menawan. Lokasi sunrise Bromo yang bisa dipilih untuk melihat keindahan dan keelokannya adalah Puncak Penanjakan Bromo, Bukit Cinta, Bukit Mentigen, Bukit Kingkong, Puncak Seruni Point, Pos Dingklik, dan lainnya.

Meski begitu, Jeep tidak akan mengantarkanmu ke semua spot tersebut. Maka dari itu, sebagai penumpang kamu harus memilih salah satu spot yang paling diinginkan.

  • Melihat Keindahan Kawah Bromo

Daya tarik utama yang dimiliki oleh setiap gunung tentunya adalah kawah. Jeep akan mengantarkanmu membawa ke kawah sehingga kamu bisa menikmati keindahan kawasan gunung secara menyeluruh.

Jika berada di bibir kawah, kamu akan melihat view bagian bawah kawah yang tampak jelas dari kejauhan. Sepanjang padangan mata, ada juga lautan pasir berwarna hitam yang sangat menarik.

  • Padang Savana Bromo dan Bukit Teletubbies

Padang Savana atau Savana Bromo menjadi tempat wisata populer yang disebut dengan Lembah Jemplang. Hamparan rumput ini begitu luas yang ada di bagian selatan kawasan Gunung Bromo.

Sepintas, bentuknya mirip dengan bukit-bukit berwarna hijau segar yang hampir seperti bukit pada film Teletubbies. Inilah yang menjadi alasan mengapa bukit tersebut dinamakan sebagai Bukit Teletubbies.

Selain sebagai tempat wisata, bukit ini sering dijadikan sebagai tempat pengambilan foto dalam berbagai keperluan. Tak heran, jika banyak sekali fotografer dan model yang berpose dengan sangat apik di wisata ini.

Kamu akan melihat padang rumput hijau luas dengan suasana yang sejuk, nyaman, dan tenang. Padang rumput ini juga dipenuhi oleh berbagai macam jenis bungan yang indah. Sehingga rasa lelah yang hingga di tubuh setelah melalui perjalanan jauh akan hilang seketika.

  • Pasir Berbisik

Puas melihat keindahan kawah, perjalanan dengan Jeep dilanjutkan ke Pasir Berbisik. Pasir Berbisik sendiri adalah lautan pasir yang begitu luas nan indah untuk dipandang mata.

Biasanya Pasir Berbisik dijadikan sebagai destinasi penutup, dimana dikunjungi setelah melihat sunrise di Penanjakan 1, Kawah Bromo, dan Padang Savana atau Bukit Teletubbies.

Hamparan luas pasir ini mencapai hingga 5.300 hektar yang membentang di bagian timur kawah Gunung Bromo. Di sekelilingnya nampak ada lembah dan ngarai yang juga sering dijadikan spot menarik untuk menikmati pemandangan Bromo.

Pertanyaan tentang waktu tempuh dari Probolinggo ke Bromo berapa lama sekarang sudah terjawab. Jika ingin sampai tempat tujuan lebih cepat, kamu bisa naik kendaraan pribadi seperti mobil. Meski begitu, semuanya akan terasa kurang fleksibel tanpa menggunakan jasa dari agen travel.

Kamu bisa pilih salah satu agen wisata terbaik seperti Nahwatour. Tersedia beragam paket wisata yang bisa dipilih seperti Paket Wisata Bromo dengan harga terjangkau. Jika berminat, langsung saja hubungi Customer Service melalui alamat berikut https://nahwatour.com/.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.