Bagaimana Cara ke Bromo dari Surabaya? Simak Rutenya Berikut!

Bagaimana Cara ke Bromo dari Surabaya – Memiliki pesona alam yang menakjubkan, Gunung Bromo menjadi spot terbaik untuk melihat sunrise di  Pulau Jawa. Tak heran, jika banyak traveler dari berbagai daerah yang ingin mengunjungi gunung ini termasuk Surabaya. Lalu bagaimana cara ke Bromo dari Surabaya?

Rute perjalanan yang dilakukan dapat ditempuh dengan beberapa transportasi umum. Kota Surabaya sendiri mempunyai terminal bus, stasiun kereta api, dan bandara Internasional yang dapat dijadikan sebagai lokasi transit sebelum ke Bromo.

Bagaimana Cara ke Bromo dari Surabaya

Rute Perjalanan dari Surabaya Menuju Gunung Bromo

Gunung yang berbatasan dengan 4 kabupaten seperti Lumajang, Pasuruan, Probolinggo, dan Pasuruan ini bisa ditempuh dengan berbagai macam transportasi. Baik itu transportasi darat ataupun transportasi udara seperti pesawat.

Nah, jika ingin mengetahui bagaimana cara ke Bromo dari Surabaya lengkap dengan rutenya maka bisa simak pembahasannya berikut:

  • Rute Perjalanan ke Bromo dari Surabaya Naik Bus

Memang ada banyak transportasi umum yang praktis dan mudah untuk menempuh perjalanan menuju Bromo. Namun salah satu transportasi umum yang paling banyak dipilih oleh para traveler adalah bus.

Pertama kamu harus menuju Terminal Bungurasih atau Terminal Purabaya. Terminal tersebut adalah terminal induk yang ada di kota Surabaya. Jika sudah, maka nantinya bisa pilih tempat tujuan ke Kota Probolinggo untuk meneruskan perjalanan ke Bromo.

Berikut ini adalah daftar bus yang bisa kamu tumpangi, termasuk juga harga tiket dan rutenya secara detail:

  • Bus Akas: Tiket seharga Rp20.000 sampai dengan Rp78.000. Untuk keberangkatan diawali dari Terminal Purabaya Jalur 12 kemudian ke kota Banyuwangi, Probolinggo, dan Jember.
  • Bus Ladju Patas Jatim: Tiket dijual dengan harga sekitar Rp50.000 sampai Rp60.000. Keberangkatan yang pertama dimulai dari Terminal Purabaya Jalur 5 yang kemudian dilanjutkan menuju Probolinggo.
  • Bus Kramat Djati: Tiket bus sekitar Rp350.000 sampai Rp455.000. Rute diawali dari Terminal Harjamukti, lalu diteruskan ke Situbondo, Probolinggo dan Banyuwangi.

Sesampainya di terminal Probolinggo, perjalanan bisa dilanjutkan dengan angkutan umum menuju pintu masuk Sukapura, Cemoro Lawang. Jika sudah tiba di pintu masuk ini, kamu bisa menyewa Jeep untuk bisa sampai ke kawasan wisata gunung Bromo.

  • Rute Perjalanan ke Bromo dari Surabaya Naik Mobil atau Motor

Selain kendaraan umum seperti bus, perjalanan menuju Bromo juga bisa ditempuh menggunakan mobil atau motor. Terdapat 4 rute yang bisa dipilih, yaitu Pasuruan, Malang, Lumajang, dan Probolinggo.

Jika dari Surabaya, tentu harus memilih jalur yang mengarah ke kota Malang ataupun Probolinggo.

  • Probolinggo: Rute perjalanan bisa dimulai dari Surabaya, Bangil, Sidoarjo, Probolinggo, Pasuruan, Cemara Lawang agar bisa Gunung Bromo. Ini berlaku untuk traveler yang mengendarai motor ataupun mobil.
  • Malang: Rute perjalanan dimulai dari Surabaya melalui Tol Surabaya menuju Tol Gempol. Kemudian dilanjutkan ke Tol Pandaan menuju Malang, atau bisa juga dari Tol Sidoarjo menuju kota Malang. Rute perjalanan ini hanya khusus untuk pengendara roda empat yaitu mobil.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya berangkat pada pukul 22.00 dari kota Surabaya. Mungkin membutuhkan jarak tempuh kurang lebih sekitar 3 hingga 4 jam untuk menuju Bromo.

Saat membawa kendaraan pribadi, pastikan bahwa kondisi mobil atau motor yang dibawa dalam kondisi prima. Hal ini karena kendaraan nantinya akan melalui banyak medan yang menanjak sehingga sangat sulit untuk dilewati.

Infografis Paket Wisata Bromo

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Traveling ke Bromo

Saat traveling ke destinasi wisata manapun termasuk Bromo, tentu harus mempertimbangkan banyak hal. Selain rute, banyak sekali yang perlu diperhatikan seperti jarak tempuh, spot tujuan, kendaraan yang dibawa dan lain sebagainya.

  • Jarak Tempuh

Bagaimana cara ke Bromo dari Surabaya memang sangat mudah. Meski begitu, pilih jarak tempuh terdekat jika menggunakan kendaraan pribadi. Untuk mengetahui jauh dekatnya jarak tempuh bisa dicek secara langsung melalui google maps.

Selain harus dekat, pilih juga rute yang mudah untuk dilalui oleh kendaraan khususnya mobil dan motor. Hal ini penting untuk diterapkan mengingat banyak sekali medan yang sulit dilewati dalam perjalanan menuju Bromo.

  • Spot yang Ingin Dikunjungi

Terdapat banyak sekali di kawasan Bromo yang tentunya menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Jika berencana ke Gunung Bromo, kamu harus tentukan terlebih dahulu mengenai beberapa spot yang ingin dikunjungi.

Bila perlu, buat juga mengenai list wisata yang ingin dikunjungi pertama kali dan begitu seterusnya. Ini karena masing-masing rute akan menemukan spot yang juga berbeda.

Tanpa adanya list atau rencana, bisa jadi spot yang ingin dikunjungi terlewatkan atau tidak masuk dalam rute. Adapun beberapa spot yang dapat kamu datangi ketika berkunjung ke wisata ini adalah Penanjakan 1, Penanjakan 2, Kawah Bromo, Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies, Bukit Mentigen, dan lain sebagainya.

  • Kendaraan yang Dibawa 

Bagaimana cara ke Bromo dari Surabaya juga harus mempertimbangkan kendaraan. Apabila ingin membawa kendaraan roda dua untuk mengeksplore kawasan Gunung Bromo, sebaiknya pilih kendaraan yang cukup memadai. Kendaraan setidaknya cukup kuat untuk melalui jalanan yang berpasir.

Begitu pula dengan kendaraan roda empat, dimana kendaraan harus kuat untuk melalui berbagai medan yang ada. Jika tidak kuat, justru nantinya bisa menjadi terjebak di area lautan pasir. Maka dari itu, gunakan mobil besar seperti Trooper, Jeep, Cherokee, Taft, dan sejenisnya.

Selain itu, cek terlebih dahulu mengenai kondisi mobil atau motor yang ingin dibawa. Apakah kendaraan tersebut sudah sangat memungkinkan untuk digunakan dalam perjalanan jauh.

  • Memilih Waktu Hari Biasa

Bukan rahasia lagi bahwa Gunung Bromo tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik lokal Nusantara maupun Mancanegara. Untuk menikmati suasana yang semakin syahdu tanpa terganggu oleh keramaian maka sangat disarankan untuk memilih hari biasa.

Hindari memilih weeking atau liburan panjang seperti ketika lebaran atau tahun baru. Sebab, hari libur sudah pasti sangat ramai sehingga kamu tidak akan bisa menikmati liburan dengan tenang.

  • Menginap atau Bromo Midnight

Sebelum perjalanan, sangat bijak jika kamu menentukan durasi atau waktu kunjungan ke Gunung Bromo. Pastinya juga berhubungan dengan biaya yang perlu dikeluarkan selama melakukan perjalanan atau kegiatan wisata.

Jika kamu memilih Bromo Midnight maka berarti tidak perlu menginap. Bisa berangkat ketika tengah malam untuk berburu sunrise di Bukit Teletubbies atau Penanjakan. Namun bisa kembali lagi saat siang hari jika sudah puas menikmati berbagai spot populer lainnya.

Namun jika berencana untuk menginap, tak perlu bingung karena ada banyak sekali penginapan dan hotel di sekitar Bromo. Harga yang ditawarkan tentu juga beragam karena tergantung dari fasilitasnya. Mulai rumah warga sekitar, villa, hingga hotel berbintang.

Sebagian penduduk sekitar memang ada yang sengaja menyewakan kamar di rumahnya bagi wisatawan yang berkunjung. Harganya tentu lebih hemat dan banyak dipilih oleh wisatawan yang mau berhemat.

Bagaimana cara ke Bromo dari Surabaya dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau pribadi. Liburan di wisata ini mungkin akan sangat mahal tanpa menggunakan paket tour dari jasa wisata. Selain itu, wisata sendirian terutama bagi yang pertama kali tentu akan sangat membingungkan.

Maka dari itu, kamu bisa pilih paket open trip Bromo dari kota Surabaya dengan biaya murah dari https://nahwatour.com. Hanya dengan budget sekitar Rp325.000 saja kamu sudah bisa mengunjungi Bromo secara mudah dengan fasilitas lengkap.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.