Tips Liburan ke Bromo dari Jakarta Bagi Pemula

Tips Liburan ke Bromo dari Jakarta – Bagi warga Jakarta, berlibur ke luar kota akan menjadi hal yang mengesankan untuk sejenak melupakan hiruk pikuk perkotaan. Salah satu destinasi yang bisa dipilih adalah Gunung Bromo. Tips liburan ke Bromo dari Jakarta perlu dipertimbangkan bagi para pemula yang baru pertama kali ke Bromo.

Pasalnya jarak Jakarta ke Bromo cukup jauh, sehingga persiapan ke Bromoniuga harus dipersiapkan dengan lebih matang agar perjalanan lancar sejak pergi hingga pulang tanpa ada kendala. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum pergi ke Bromo.

Tips Liburan ke Bromo dari Jakarta

Tips Traveling ke Bromo Dari Titik Lokasi Jakarta

Seperti yang sudah disebutkan di atas, perjalanan ke Bromo dari Jakarta membutuhkan waktu agak panjang. Mulai dari kesiapan diri, kendaraan, hingga bekal saat perjalanan harus disiapkan dengan baik agar perjalanan berlibur ke Bromo jadi lebih mudah.

Bagi kamu yang masih tergolong pemula dan belum pernah ke Bromo, tenang saja berikut di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips liburan ke Bromo dari Jakarta yang bisa kamu terapkan. Beberapa tips mudahnya adalah sebagai berikut:

  • Persiapan Diri

Hal pertama dan paling utama yang harus disiapkan adalah diri kamu sendiri. Mulai dari fisik hingga mental harus dipastikan fit dan baik-baik saja sejak jauh hari sebelum keberangkatan ke Bromo.

Pastikan menjaga pila makan sehat dan olahraga agar saat berangkat ke Bromo kondisi tubuh jadi siap dan tidak terganggu oleh sakit. Perjalanan yang jauh hingga cuaca di Bromo yang dingin  sedikit banyak akan membuat perubahan kondisi tubuhmu.

Karenanya sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh sebelum pergi ke Bromo. Apalagi di era pandemi yang masih simpang siur dan belum normal 100%, kamu harus ekstra waspada terhadap kesehatan.

  • Mencari Informasi

Selanjutnya sejak jauh-jauh hari, pastikan kamu sudah mencari informasi valid terkait pendaftaran liburan ke Bromo dari Jakarta hingga informasi jalur dan kendaraan. Jika kamu berniat naik mobil pribadi ke Bromo, maka kamu hanya perlu mencari info jalur terdekat.

Namun jika kamu berniat naik kendaraan umum, cari info kendaraan apa tang lebub mudah diakses dan tentunya lebih cepat sampai ke Bromi. Perihal kendaraan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan.

Perihal pendaftaran ke Bromo saat ini sudah bisa dilakukan secara online. Jadi kamu bisa mendaftar atau booking tiket sejak jauh-jauh hari. Apalagi pengunjung Bromo juga hampir tidak pernah sepi. Pastikan kamu sudah memenuhi syarat untuk pergi ke Bromo

Biasanya pihak petugas Bromo akan mencantumkan persyaratan pengunjung pada laman yang sama untuk pendaftaran tiket masuk ke Bromo.

  • Menentukan Kendaraan Yang Tepat 

Di awal sudah disinggung terkait kendaraan dari Jakarta ke Bromo. Sangat tidak disarankan bagi kamu untuk menggunakan motor mengingat jarak yang sangat jauh. Menggunakan motor akan membuat tubuhmu kelelahan di perjalanan dan akhirnya tidak bisa menikmati liburan.

Jika ingin menggunakan mobil pribadi kamu bisa langsung mencari rute ke Bromo dengan jalur terdekat dan paling mudah dilalui. Namun akan lebih baik jika menggunakan kendaraan umum untuk mengurangi resiko kelelahan selama perjalanan.

Maka tips liburan ke Bromo dari Jakarta bisa kamu lalui dengan menggunakan kereta, bus, hingga pesawat jika ingin cepat sampai.

  • Tips Naik Kereta

Untuk trip ke Bromo dari Jakarta menggunakan kereta, kamu perlu memesan tiket dengan tujuan Stasiun Malang. Untuk stasiun keberangkatan, kamu bisa memilih Stasiun Gambir, Pasar Senen, atau stasiun lain.

Kamu bisa menyesuaikan dengan stasiun yang lokasinya lebih dekat dengan rumahmu. Setelah sampai di Stasiun Malang, kamu bisa naik angkot menuju Terminal Arjosari kemudian lanjut naik angkot tujuan Terminal Bayu Angga Probolinggo.

Dari sana kami harus naik angkot lagi dengan tujuan Desa Cemoro Lawang, Ngadisari. Meskipun naik kereta, namun menuju ke titik lokasi Bromo harus dilalui dengan naik beberapa angkutan umum secara oper sesuai jurusan.

  • Tips Naik Bus

Jika kamu ingin berangkat lebih santai karena takut ketinggalan kereta, maka kamu bisa naik bus dengan tujuan akhir Terminal Malang. Bus yang biasa mengangkut dengan tujuan ini adalah seperti Lorena, Gunung Harta, dan Medali Emas.

Sesampainya di Terminal Malang, lanjutkan perjalanan dengan naik angkot menuju Terminal Bayu Angga dan dilanjutkan oper angkot menuju Cemoro Lawang.

  • Tips Naik Pesawat

Tips liburan ke Bromo dari Jakarta juga bisa dilakukan dengan naik pesawat. Memang hal ini akan lebih berat di budget, namun tidak masalah bagi kamu yang siap secara finansial dan ingin lebih cepat sampainya. Tiket pesawat yang harus dipesan adalah tujuan Juanda Sidoarjo.

Setelah sampai di Juanda Sidoarjo kamu bisa naik Bus Damri menuju Terminal Bungurasih. Sebenarnya bisa saja kamu langsung menuju ke Bromo dari Surabaya tanpa harus ke Malang lebih dulu. Namun jarak perjalanannya akan lebih jauh.

Maka dsri Bungurasih kamu bisa cari bus jurusan Terminal Arjosari Malang. Perjalanan dilanjutkan dengan naik Ankot menuju Terminal Bayu Angga Probolinggo. Setelah barulah naik angkot menuju Cemoro Lawang.

Open Trip Bromo

  • Siapkan Budget Yang Cukup

Kamu harus bisa memperhitungkan budget liburan ke Bromo mulai dari dana untuk kendaraan, makan dan minum, hingga budget untuk membeli oleh-oleh jika diperlukan. Cari tahu dulu dana kisaran untuk tiket pulang pergi sesuai kendaraan yang diinginkan.

Untuk konsumsi kamu bisa membawa bekal dari rumah untuk menghemat pengeluaran di Bromo, karena harga makanan di tempat wisata bisa dua kali lipat lebih mahal. Belilah oleh-oleh seperlunya, sesuai budget yang dimiliki.

  • Menyiapkan Bekal dan Keperluan Liburan

Tips liburan ke Bromo dari Jakarta terkait bekal dan keperluan yang harus disiapkan diantaranya adalah baju hangat, satu setelah baju ganti biasa jika diperlukan, sarung tangan, kaos kaki, sepatu, masker dan kacamata.

Untuk keperluan tambahan lainnya bisa kamu siapkan sesuai kebutuhan. Wisatawan dari luar kota biasanya akan menginap setidaknya satu malam saat di Bromo. Maka baju ganti bisa disesuaikan dengan lama waktu liburan.

Selain itu kamu bisa membawa camilan dan air mineral dari rumah untuk menghemat pengeluaran. Tidak perlu membawa koper besar, kamu bisa memasukkan semua bekal dan keperluanmu ke dalam backpack atau tas gunung yang punya ukuran besar dan muat banyak.

Agar tidak terlalu berat di perjalanan, kamu bisa membawa hal-hal yang seperlunya saja. Untuk itu sangat penting memperhitungkan apa saja yang sekiranya akan berguna selama liburan ke Bromo, karena yang tahu kebutuhan mu adalah dirimu sendiri.

Dari 8 tips liburan ke Bromo dari Jakarta di atas bisa menjadi pegangan kamu yang masih pemula dalam hal liburan ke Bromo. Jika kamu merasa masih kesulitan dalam menyiapkan keberangkatan, tenang saja kamu tetap bisa liburan dengan menggunakan agen travel open trip.

Salah satu agen travel yang open trip wisata ke Bromo adalah Nahwa Tour. Dengan Nahwa Tour, kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan kendaraan. Kamu hanya perlu menyiapkan kebutuhan pribadimu dan membayar paket liburan Bromo dari Jakarta sesuai dengan pilihan yang ada.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.