Tips ke Bromo Menggunakan Mobil Pribadi Secara Aman dan Nyaman

Tips ke Bromo Menggunakan Mobil Pribadi – Wisata Gunung Bromo tentu sudah tidak asing lagi bagi kamu warga Negara Indonesia. Pasalnya, wisata yang satu ini juga sudah populer hingga ke luar negeri. Sebelum ke Bromo, kali ini ada tips ke Bromo menggunakan mobil pribadi yang mungkin bisa menjadi informasi penting untuk kamu.

Masih banyak yang bertanya-tanya apakah memang boleh ke Bromo menggunakan mobil pribadi? Jawabannya tentu boleh. Namun ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pengunjung tersebut.

Tips ke Bromo Menggunakan Mobil Pribadi

Tips Aman ke Bromo dengan Mobil Pribadi

Banyak para wisatawan yang lebih memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi saat berlibur ke wisata Gunung Bromo. Namun banyak juga yang masih mempertanyakan izin untuk ke Bromo dengan mobil pribadi.

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, ke Bromo dengan mobil pribadi diperbolehkan. Namun setiap wisatawan yang membawa mobil pribadi ini harus memperhatikan beberapa hal penting terlebih dulu demi keselamatan dan kenyamanan selama berkendara di Bromo.

Hal tersebut juga mengingat medan Gunung Bromo ini berpasir dan sedikit bergelombang, sehingga akan sedikit sulit bagi pengendara yang kurang ahli dalam berbagai track jalan. Untuk itu, kamu bisa simak beberapa tips ke Bromo menggunakan mobil pribadi di bawah ini demi kelancaran liburanmu:

  • Memastikan Kondisi Mobil Baik

Memastikan Kondisi Mobil adalah hal paling utama dan terpenting sebelum melakukan perjalanan ke Bromo. Kondisi mobil yang baik akan mengurangi resiko kecelakaan selama perjalanan naik Bromo, apalagi beberapa jalur di Bromo masih berbatu.

Hal-hal pada mobil yang perlu dicek dan dipastikan kondisinya adalah mulai dari rem, ban, mesin, dan komponen lainnya. Kamu bisa terlebih dulu service mobil sebelum pergi ke Bromo. Alangkah baiknya jika naik ke Bromo mobil sudah dalam kondisi prima.

Beberapa jalur menuju Bromo juga masih berliku, menanjak dan sepi. Bisa dibayangkan jika jalur jalannya sepi dan mobil tiba-tiba mogok, maka akan sangat sulit mencari bantuan. Karenanya sangat penting memeriksa kondisi mobil sebelum berangkat.

  • Mencari Tahu Aturan di Bromo 

Sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Indonesia, sudah pasti Bromo memiliki aturan tersendiri terkait berbagai hal yang ada hubungannya dengan kunjungan para wisatawan. Tak terkecuali juga untuk aturan penggunaan mobil pribadi saat menuju Bromo.

Sebagian besar orang mengatakan bahwa membawa mobil pribadi di Bromo hanya diperbolehkan sampai pintu masuk saja. Namun untuk beberapa alasan, para pengunjung diperbolehkan membawa masuk mobil pribadinya tersebut untuk berkeliling Bromo.

Agar tidak simpang siur, alangkah baiknya jika kamu terlebih dulu mencari tahu dan memahami aturan wisata Bromo yang berkaitan dengan penggunaan mobil pribadi. Jika diperbolehkan pun, pasti ada beberapa ketentuan dari pihak penjaga wisata Bromo yang diberlakukan.

Open Trip Bromo

  • Memilih Rute Terbaik

Ada banyak rute jalan yang bisa dilalui untuk menuju ke wisata Bromo. Ada jalur yang bebas dilalui roda dua, dan ada juga yang jalur yang khusus untuk roda empat atau mobil. Jalur atau rute menuju Bromo bisa lewat Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Probolinggo.

Namun secara umum rute yang digunakan hanya 3, yaitu Probolinggo, Malang, dan Pasuruan. Ketiga Kabupaten ini sudah terhubung dengan jalan tol. Selain itu akses menuju bandara dan monta Surabaya dari 3 jalur kabupaten tersebut juga semakin mudah.

Inilah mengapa 3 jalur tersebut menjadi rute andalan oleh berbagai wisatawan. Setiap jalur rute tersebut memiliki medan jalan yang berbeda-beda. Umumnya jalur yang dilalui cukup berbahaya karena masih ada jalanan berkelok dan tanjakan naik turun.

Meski begitu salah satu jalur yang dianggap paling aman untuk pengendara mobil pribadi adalah jalur Probolinggo. Akses jalur Probolinggo menuju Bromo lebih mudah dibandingkan jalur Malang dan Pasuruan.

  • Driver Harus Handal

Tips ke Bromo menggunakan mobil pribadi yang tak kalah penting dari 3 poin sebelumnya adalah memilih driver yang handal. Jika kamu ingin membawa mobil pribadi ke Bromo, maka pastikan kamu atau driver mobilmu sudah punya skill mengemudi yang handal.

Medan menuju Bromo dan medan jalanan di Bromo sendiri masih sangat berbahaya bagi pengemudi yang kurang handal di berbagai medan. Dibutuhkan konsentrasi dan kemampuan mengemudi tingkat tinggi jika ingin aman saat membawa mobil pribadi di Bromo.

Jalanan yang berliku dan belokan tajam sering menjadi permasalahan. Jika memang tidak memiliki driver yang handal dalam berbagai medan, maka sebaiknya jangan coba-coba membawa mobil pribadi. Kamu bisa sewa Jeep atau mobil lain di Bromo.

Biasanya sewa Jeep dan mobil di Bromo sudah dilengkapi dengan fasilitas driver terbaik. Jika tetap ingin membawa mobil pribadi maka sebaiknya sewa driver profesional yang handal mengendarai mobil pada medan pegunungan.

  • Tentukan Spot Destinasi Bromo 

Jangan lupa, penentuan destinasi ke Bromo sangat perlu diperhatikan. Hal ini berkaitan dengan rute yang dipilih. Ada beberapa jenis destinasi penanjakan di Bromo. Setiap jenis penanjakannya akan menampilkan pemandangan yang berbeda-beda.

Jarak tiap spot ini juga cukup jauh. Ada yang berdekatan dengan jalur Pasuruan, ada yang dekat dengan jalur Probolinggo. Jadi sebelum menentukan rute, sebaiknya tentukan dulu destinasi yang diinginkan agar perjalanan jadi tidak putar balik jauh.

Sebagai contohnya adalah destinasi penanjakan 1 yang berdekatan dengan jalur Pasuruan. Jika ingin ke penanjakan 1 maka jalur yang harus dilewati adalah Pasuruan dan bukan Probolinggo. Jika melewati Probolinggo kamu harus putar jauh lagi dan harus melewati pasir berbisik.

Sedangkan medan pasir berbisik tidak boleh dilalui oleh mobil pribadi. Mau tidak mau kamu hanya bisa menikmati destinasi penanjakan 2 yang dekat dengan jalur Probolinggo. Inilah mengapa sangat penting memikirkan spot destinasi sebelum ke Bromo.

  • Berhenti di Stop Point

Di kawasan wisata Gunung Bromo terdapat area Stop Point. Stop Point ini merupakan area khusus untuk pemberhentian setiap kendaraan dari para wisatawan yang datang. Adanya area ini menandakan bahwa kendaraan pribadi tidak bisa masuk ke Padang Savana.

Padang Savana yang dimaksud ini juga ser9ng disebut dengan kawasan pasir berbisik. Kamu yang sudah pernah ke Bromo pasti tahu bahwa di Bromo ada kawasan padang pasir sebelum sampai ke puncak Bromo. Dari kawasan inilah mobil pribadi tidak bisa masuk

Memang di awal dikatakan bahwa ke Bromo bisa menggunakan mobil pribadi. Namun tetap ada batasan area yang bisa dijangkau oleh mobil pribadi tersebut. Selebihnya wisatawan hanya boleh jalan kaki dan menyewa Jeep atau kuda.

Area padang savana atau pasir berbisik lebih dekat dengan jalur Probolinggo. Jadi jika ingin berjalan kaki menuju puncak Bromo yang melewati savana ini, sebaiknya memilih jalur Probolinggo agar jaraknya lebih dekat.

6 tips ke Bromo menggunakan mobil pribadi di atas bisa kamu pakai jika ingin berlibur tanpa memanfaatkan jasa travel. Bagi kamu yang masih awam dengan perjalanan ke Bromo, kamu bisa memanfaatkan agen open trip Bromo seperti Nahwa Tour.

Nahwa Tour menyediakan paket wisata ke Bromo dengan berbagai fasilitas dan layanannya. Wisata ke Bromo dijamin lebih mudah, aman, dan nyaman bersama Nahwa Tour. Informasi pemesanan bisa langsung akses situs resminya di https://nahwatour.com/.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.