Wisata Apa Saja Yang Ada di Gunung Bromo? Ini Listnya!

Wisata Apa Saja Yang Ada di Gunung Bromo – Pesona menawan dari Gunung Bromo tak hanya populer di Indonesia saja, bahkan hingga ke luar negeri. Gunung yang berlokasi di Jawa Timur ini memang masih aktif, tapi tak pernah sepi dari wisatawan. Lalu, sebenarnya wisata apa saja yang ada di gunung Bromo?

Tak hanya pemandangan gunung, wisatawan juga akan disuguhkan dengan berbagai macam bentuk alam dan budaya. Pastinya ketika berkunjung ke gunung ini, kamu tidak akan melewatkan berbagai spot yang ada karena memang keindahannya tiada tandingnya.

Wisata Apa Saja Yang Ada di Gunung Bromo

Wisata Apa Saja yang Ada di Gunung Bromo?

  • Kawah Bromo

Salah satu destinasi terbaik yang harus dikunjungi saat liburan ke Gunung Bromo adalah Kawah Bromo. Kamu bisa melihat secara langsung bagaimana kawah gunung yang nampak mempesona. Jika ingin mencapai tempat ini, kamu bisa berjalan kaki kurang lebih 2 km dari area parkir.

Mungkin sangat melelahkan, apalagi harus menaiki anak tangga hingga 250 buah. Alternatif lain yang bisa dicoba jika tidak ingin jalan kaki maka bisa menyewa kuda ataupun naik ojek yang ada di lautan pasir.

  • Pasir Berbisik

Wisata yang ada di Gunung Bromo 2022 berikutnya adalah Pasir Berbisik. Sebelum menuju kawah gunung, kamu akan menjumpai pemandangan berupa hamparan pasir yang sangat luas. Hamparan pasir ini memiliki nama yang sangat unik, yaitu Pasir Berbisik.

Luasnya mencapai 5.920 hektar yang membuatnya menjadi pemandangan alam menakjubkan dan tidak akan bisa dijumpai di pegunungan lain terutama di Indonesia. Bahkan Gunung Bromo dinobatkan sebagai satu-satunya gunung dengan lautan pasir yang terluas di wilayah Nusantara.

Area yang luas tentu akan memudahkan wisatawan dalam mengambil spot yang paling tepat untuk berswafoto. Tak hanya itu, di wisata ini kamu bisa mencoba berbagai macam kegiatan yang tak kalah menarik lainnya seperti menunggangi kuda, mengendarai motor trail, dan lainnya.

  • Bukit Mentigen

Lokasi Bukit Mentigen tak jauh dari pintu masuk menuju Gunung Bromo. Kamu bisa berjalan kaki untuk bisa sampai ke bukit ini, sekitar 1 km dari gapura. Di bukit ini kamu akan dimanjakan dengan sunrise yang tak kalah kerennya jika dibandingkan dengan bukit lainnya.

Kondisi alam yang sangat menawan, tak bisa dibayangkan jika terasa seperti di surga dunia. Bukit ini juga bisa dijadikan sebagai tempat menarik bagi kamu yang suka camping.

Namun kamu harus datang lebih awal jika ingin mendapatkan tempat camping yang aman dan nyaman. Jika telat, kemungkinan sudah kehabisan tempat untuk menikmati lokasi ini karena banyaknya wisatawan lain yang berdatangan.

Infografis Open Trip Bromo

  • Bukit Teletubbies Bromo

Kamu tentunya sudah tak asing lagi jika mendengar tentang Teletubbies. Dinamakan teletubbies karena penampilan bukit ini secara menyeluruh mirip seperti teletubbies, baik dari segi bentuk maupun ukuran.

Sebelum menuju bukit yang indah ini, kamu harus melalui lautan pasir terlebih dahulu. Perjalanannya sangat sulit meskipun menggunakan kendaraan dan butuh waktu selama berjam-jam.

Bukit ini hampir dipenuhi oleh rerumputan hijau yang terlihat segar dan cantik. Rerumputan yang ada di bukit ini terjaga dengan baik sehingga terlihat begitu rapi jika dipandang mata. Saking indahnya bukit ini, banyak juga yang menjadikannya sebagai objek untuk foto prewedding.

  • Padang Rumput Savana

Padang Rumput Savana adalah wisata terbaru yang berlokasi di sebelah timur Gunung Bromo. Lokasi tepatnya berada di lembah hijau yang disekitarnya dikelilingi oleh punggungan gunung kecil dan beberapa tebing yang menjual tinggi.

Padang rumput yang nampak begitu luas ini dijamin akan membuatmu pangling. Ini karena jalur menuju savana merupakan lautan pasir yang tampak gersang, tetapi ketika sudah berhasil memasuki lokasi maka akan tampak pemandangan indah.

Pemandangan tersebut keseluruhan tampak hijau yang dikelilingi oleh banyak bukit cantik. Akses yang paling mudah untuk ke tempat ini jika ingin menggunakan kendaraan sepeda motor yaitu via Lumajang atau Malang.

  • Pura Luhur Poten

Jika objek wisata apa saja yang ada di Gunung Bromo sebelumnya dipenuhi keindahan alam, sekarang kamu akan menjumpai sebuah tempat ibadah yang disebut sebagai Pura Luhur Poten. Pura ini adalah tempat ibadah penduduk setempat yang menganut agama Hindu.

Ketika perayaan hari Nyepi tiba, tempat ini hampir tak pernah sepi dari kunjungan warga sekitar yang ingin melaksanakan ibadah. Kawasan Taman Nasional Tengger bahkan akan ditutup untuk mengutamakan kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadahnya di pura ini.

Bangunan megah ini dibangun pada tahun 2000 yang mengusung arsitektur Bali dan Jawa yang sangat khas. Keunikannya ada pada beberapa bagian yang menarik, yaitu zona mandala.

Zona mandala tersebut terbagi menjadi beberapa bagian yang memiliki peran berbeda, yaitu:

  • Mandala utama berperan untuk mengawali proses pemujaan.
  • Mandala madya berperan untuk menyiapkan sekaligus mengiringi upacara persembahyangan.
  • Mandala nista berperan sebagai peralihan dari luar sebelum masuk menuju nista.
  • B 29 Argosari

B 29 Argosari merupakan spot camping yang paling favorit di Gunung Bromo untuk menikmati sunrise ataupun sunset. Tempat yang satu ini menjadi puncak tertinggi yang berlokasi di kawasan Gunung Bromo.

Udaranya sangat dingin ditambah dengan hamparan tanaman yang khas dari dataran tinggi membuatnya sayang jika dilewatkan begitu saja. B 29 Argosari terletak di desa Argosari, Kecamatan Senduro. Kurang lebih sekitar 40 km dari wilayah Lumajang.

Sedangkan untuk akses yang paling mudah menuju tempat ini yaitu melewati Senduro Lumajang, jalur selatan.

  • Penanjakan 1 

Penanjakan 1 menjadi lokasi terbaik yang dapat digunakan untuk melihat matahari terbit. Wisata apa saja yang ada di Gunung Bromo ini paling tinggi ketimbang yang lainnya.

Kamu bisa langsung melihat keindahan sunrise di pagi hari dengan lembah yang masih tertutup oleh kabut. Sedangkan untuk mencapai lokasinya bisa menggunakan kendaraan yang memadai seperti motor atau bisa juga jeep.

  • Penanjakan 2

Penanjakan 2 juga bisa menjadi opsi tepat untuk melihat matahari terbit. Lokasinya memang tak lebih tinggi daripada penanjakan 1, tapi untuk menuju bukit ini sangat mudah dengan tantangan yang ringan.

Supaya bisa menuju penanjakan 2, kamu bisa coba mengaksesnya mulai dari Kabupaten Ponorogo. Meskipun alternatif kedua setelah penanjakan 1, tapi keindahan yang disuguhkan dijamin tak kalah menawan.

  • Bukit Cinta

Pada bukit ini, kamu juga bisa menikmati sunrises sekalius deretan bukit yang ada di sekitarnya. Saat pagi hari, kamu akan dihadapkan dengan lembah dan bukit indah yang tertutup oleh awan berkabut.

Sedangkan di siang hari meskipun sangat panas, kamu akan menjumpai hijaunya pegunungan dan puluhan bukit yang begitu mempesona. Lokasi ini sangat populer di kalangan para wisatawan. Sehingga untuk melihat keindahan sunrise harus berdesakan dengan wisatawan lain yang memiliki tujuan sama.

Wisata apa saja yang ada di Gunung Bromo memang sangat banyak dan sayang dilewatkan. Bromo selalu menjadi tempat favorit untuk liburan bersama pasangan, keluarga, hingga group dengan banyak rombongan.

Maka dari itu, bagi yang tertarik untuk trip wisata di Bromo bisa langsung kontak https://nahwatour.com. Tersedia paket wisata bromo murah yang bisa didapatkan dengan harga 325K. Kamu hanya perlu booking dan prepare barang bawaan untuk menikmati liburan yang hemat, aman, dan menyenangkan.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.