Tips Traveling di Bromo Puas dan Menyenangkan

Tips Traveling di Bromo – Bromo menjadi salah satu destinasi wisata yang masih banyak diminati, pasalnya tidak hanya warga lokal saja namun juga mancanegara yang suka mengunjungi Bromo. Perjalanan bisa jadi lebih menyenangkan jika kamu tahu tips traveling di Bromo yang tepat.

Tips Traveling di Bromo

Liburan ke Bromo memang perlu persiapan yang matang agar ketika sudah di sana kamu bisa menikmati pemandangan alam tanpa halangan. Lebih dari itu, perjalanan keberangkatan pun harus disiapkan dengan baik sehingga bisa sampai tujuan dengan selamat dan cepat.

Panduan Wisata ke Bromo

Bagi kamu yang hari pertama kali ke Bromo, mungkin masih banyak hal yang belum kamu ketahui terkait persiapan traveling di Bromo. Selama di Bromo pun kamu butuh menyiapkan beberapa hal yang akan mendukung kegiatan travelingmu.

Untuk itu di bawah ini bisa kamu catat dengan baik panduan wisata ke Bromo yang dijamin akan membuat masa liburan selama di Bromo jadi lebih memuaskan dan menyenangkan tentunya. Beberapa panduan atau tips traveling di Bromo diantaranya adalah:

  • Menginap di Penginapan

Di sekitar wisata Bromo ada banyak sekali tempat penginapan yang layak dan nyaman tentunya. Mulai dari yang fasilitas biasa hingga fasilitas istimewa dengan harga yang berbeda-beda. Untuk isa melihat keindahan Bromo mulai sunrise hingga sunset, dibutuhkan waktu seharian.

Jika kamu ingin menikmati sunrise dan sunset sekaligus, maka sangat disarankan agar kamu menginap di penginapan. Sebenarnya bisa saja kamu ke Bromo tanpa menginap, namun resiko kelelahan di tengah jalan akan sangat besar.

Sebaliknya jika menginap, kamu bisa lebih santai menikmati waktu selama di Bromo. Jika ingin mendirikan camp sendiri, kamu bisa cari tahu terlebih dulu apakah memang di kawasan Bromo ini diperbolehkan mendirikan camp sendiri.

  • Berangkat ke Puncak Bromo Lebih Awal

Salah satu tujuan traveling Bromo biasanya adalah untuk menyaksikan sunrise yang indah. Spot untuk melihat keindahan sunrise ini salah satunya ada di puncak kaki Bromo. Sebenarnya ada banyak sekali spot yang bisa dijadikan tempat untuk menyaksikan sunrise Bromo.

Kamu bisa menentukan berdasarkan penanjakan satu atau dua. Akan ada banyak sekali wisatawan lain yang juga ingin menikmati keindahan sunrise Bromo. Jika tidak memperoleh tempat yang pas, kamu akan melewatkan pemandangan sunrise tanpa bisa mengabadikannya.

Untuk itu sangat disarankan kamu berangkat pada tengah malam atau dini hari sebelum subuh. Sebesar mungkin survei tempat atau spot mana yang akan kamu jadikan sebagai tempat menunggu sunrise tiba.

  • Siapkan Kamera Terbaikmu

Tidak lengkap rasanya jika traveling ke Bromo tanpa mengabadikan setiap momennya dalam kamera atau foto. Ada banyak sekali spot yang indah untuk dikunjungi di Bromo. Apalagi jika kamu ke sana di saat padang savana sudah ditumbuhi bunga-bunga.

Kamu akan melihat lautan bunga yang bertumbuh dan tentu saja bisa dijadikan spot foto terbaik.jika kamu tidak memiliki kamera khusus untuk berfoto, kamu bisa memanfaatkan kamera HP saja. Kamu bisa mengatur settingan kameranya agar hasilnya tetap tampak bagus.

Bila perlu kamu bisa menyewa kamera pada tempat penyewaan kamera, sehingga kamu tetap bisa mendapatkan hasil foto terbaik selama di Bromo.

Infografis Sewa Jeep Bromo

  • Pakai Baju Hangat 

Tentu saja tips traveling di Bromo yang satu ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pasalnya Bromo punya suhu yang cukup rendah. Bahkan suhu akan terasa lebih dingin saat musim kemarau. Untuk itu sangat penting menyiapkan baju hangat terbaikmu.

Meskipun sedang memakai jaket, pakai jaket terbaik agar bisa kamu bisa tetap tampil fashionable selama dii Bromo. Kamu bisa menambahkan aksesoris hangat lain seperti kupluk, syal, dan sarung tangan.setiap aksesoris bisa kamu pasukan warnanya dengan jaketmu.

Jangan lupa pakai Kaos kaki dan sepatu juga untuk menambah rasa hangat tubuhmu selama di Bromo. Kamu juga bisa melapisi jaket dengan baju biasa untuk bagian dalam. Jika sudah menjelang siang biasanya suhu di Bromo akan naik secara perlahan.

  • Bawa Bekal Makan, Minum, dan Camilan Sendiri

Jika harga makanan dan minuman di tempat wisata terkenal lebih mahal, maka harga makanan dan minuman di Bromo bisa jauh lebih mahal lagi. Hal ini karena wisata Bromo yang tidak hanya dikunjungi oleh warga lokal, namun juga mancanegara.

Jangan kaget jika harga air mineral saja bisa 3 kali lipat harga normal. Untuk itu tips traveling di Bromo sebaiknya siapkan sendiri bekal makanan, minuman dan camilan dari rumah. Hal ini akan membuat kamu jadi lebih berhemat dan uangnya bisa disimpan untuk membeli oleh-oleh lain.

  • Menyewa Kuda Atau Jeep

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa selama di Bromo kamu akan mendapatkan pengalaman yang lebih mengesankan saat berjalan kaki. Namun tidak semua orang kuat dan minat untuk berjalan jauh menyusuri Bromo.

Jika kamu adalah salah satu orang yang tidak suka berjalan jauh, kamu bisa menyewa Jeep atau kuda untuk bisa tetap menikmati setiap spot di Bromo. Namun tentu saja kamu harus merogoh uang lagi untuk sekedar menyewanya.

  • Pakai Makser Hidung dan Sunscreen

Kondisi di Bromo yang notabennya pegunungan, pasti banyak debu dan pasir yang bertebaran. Salah satu tips traveling di Bromo, pakai masker hidung sebagai salah satu keperluan penting yang harus disiapkan. Bila perlu siapkan lebih dari satu masker hidung.

Selain masker hidung, pakai juga sunscreen untuk diaplikasikan pada wajah dan bagian yang sekiranya akan teerpapar matahari. Meskipun suhu udara di Bromo dingin, namun tetap saja akan ada cahaya matahari dan debu yang berpotensi membuat kulitmu kotor serta terbakar.

Pastikan memakai sunscreen setiap 4 jam sekali agar kamu tetap bisa menjaga kulit dari radikal bebas selama ada di Bromo.

  • Bawa Uang Tunai

Meskipun merupakan tempat wisata, namun Bromo adalah kawasan pegunungan yang tidak menyediakan mesin ATM bahkan di lingkungan sekitarnya. Maka sangat penting untuk menyiapkan uang tunai selama ada di sana.

Pakainuang tunai seperlunya agar kamu tidak kehabisan stok uang tunai dan pada akhirnya akan kebingungan mencari ATM untuk mencairkan uang.

Berapa Lama Mendaki Gunung Bromo

  • Menyewa Tour Guide

Kawasan wisata Bromo sejatinya sangat luas. Ada banyak sekali spot indah yang bisa dikunjungi. Ada beberapa tempat di Bromo yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Namun kebanyakan pemula yang pertama kali ke Bromo tidak mengetahuinya.

Itulah mengapa sangat disarankan bagi kamu untuk menyewa jasa tour guide. Biasanya tour guide yang ada di Bromo merupakan warga penduduk Bromo itu sendiri. Jadi jangan heran jika tour guide akan lebih tahu seluk beluk tempat terbaik yang ada di Bromo.

Menyewa tour guide tidak akan membuatmu rugi selama di Bromo. Justru kamu akan diarahkan ke berbagai rekomendasi tempat terbaik yang ada di Bromo, sehingga traveling ke Bromo terasa lebih puas dan menyenangkan.

Berbagai tips traveling di Bromo yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadi acuan bagi kamu yang akan berlibur ke Bromo namun masih pemula. Kamu bisa cari tahu lebih dulu tentang Bromo agar ada persiapan sebelum ke sana.

Agar perjalanan ke Bromo lebih terarah, kamu bisa bergabung di open trip Nahwa Tour. Berbagai paket liburan, termasuk ke Bromo disediakan secara lebih lengkap. Kamu akan dipandu selama perjalanan liburan ke Bromo. Kamu bisa pilih paket traveling Bromo terbaik hanya di www.nahwatour.com.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.