Tips Pakaian ke Bromo Hangat dan Tetap Stylish

Tips Pakaian ke Bromo – Berwisata ke Bromo memang harus disiapkan sebaik mungkin. Suhu udara di Bromo meskipun sedang kemarau tetap dingin. Oleh karenanya, menyiapkan outfit atau pakaian yang tepat adalah hal penting. Ada banyak tips pakaian ke Bromo yang bisa kamu terapkan saat berwisata ke Gunung Bromo.

Tips Pakaian ke Bromo

Jika tidak dipersiapkan dengan baik, resiko kedinginan bisa terjadi bahkan tidak menutup kemungkinan kamu terkena hipotermia jika memang tidak tahan dingin. Banyak orang menyepelekan outfit saat pergi ke Bromo. Mereka berpikir bahwa Bromo tidak sedingin pegunungan lain yang medannya lebih ekstrem.

Ide Pakaian yang Tepat untuk ke Bromo

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, menyiapkan pakaian saat ke Bromo sangatlah penting. Perhatikan setiap detail outfit yang dikenakan agar tubuh tetap terasa aman dan nyaman selama di lingkungan dingin Bromo.

Bagi kamu yang baru pertama kali ke Bromo mungkin masih belum berpengalaman untuk menyiapkan outfit Bromo yang tepat. Namun tak perlu khawatir, di bawah ini akan diulas beberapa ide atau tips pakaian ke Bromo yang hangat dan dijamin masih stylish. Diantaranya beberapa tipsnya adalah:

  • Jaket Tebal

Secara umum ada banyak sekali jenis jaket. Mulai dari sweater biasa yang seperti baju, ada juga yang tebal dengan lapisan bahan berbulu. Berdasarkan pengalaman, saat musim kemarau Bromo tetap berhawa dingin sekali. Karenanya sebaiknya pilih menggunakan jaket tebal.

Puncak dinginnya Bromo biasanya saat pagi dan sore menjelang malam. Jika siang hari dirasa sudah tidak seberapa dingin, kamu bisa gunakan sweater biasa yang tipis seperti baju pada umumnya namun tetap hangat.

Utamanya bagi kamu yang punya kelemahan dalam cuaca dingin, berada di Bromo tanpa jaket tebal bisa menimbulkan hipotermia. Bila perlu bawa dua jaket sekaligus sebagai alternatif jika terjadi perubahan suhu di Bromo menjadi jauh lebih dingin.

  • Menggunakan Sarung Tangan Tebal

Selain jaket, tips pakaian ke Bromo yang perlu diperhatikan adalah penggunaan sarung tangan. jangan salah paham ya, yang dimaksud dengan pakaian bukan berarti hanya berkaitan dengan baju dan jaket. Pakaian juga meliputi yang dikenakan pada tangan, kaki hingga kepala.

Memakai sarung tangan juga akan membantu membuat suhu tubuhmu jadi lebih hangat. Seperti halnya jaket, sarung tangan juga punya banyak jenis. Ada sarung tangan yang hanya dipakai untuk berkendara motor dan melindungi dari sinar matahari.

Namun ada juga sarung tangan khusus yang bertekstur tebal dan digunakan untuk menghangatkan tangan. Pastikan kamu tidak salah pilih sarung tangan. Pilih sarung tangan yang bahannya lembut dan tebal sehingga bisa membuat tangan nyaman dan hangat.

  • Menggunakan Celana Menempel Kulit dan Tebal

Salah satu jenis celana yang tebal dan menempel kulit adalah jeans. Memang ada aturan bahwa mendaki gunung sebaiknya tidak menggunakan celana jeans.

Namun ke Bromo biasanya tidak terdapat kegiatan mendaki sebagaimana ke gunung ekstrim lainnya. Jadi sah-sah saja jika kamu ingin menggunakan celana jeans. Mengapa harus memakai celana menempel kulit?

Hal ini semata-mata dilakukan agar udara dingin tidak mudah masuk melalui celah celana sehingga membuat suhu tubuh bagian kaki jadi kedinginan. Lantas bagaimana jika ingin menggunakan rok?

Kamu tetap boleh menggunakan rok asalkan pakai celana lapis bagian dalam yang bahannya hangat dan menempel kulit seperti legging. Kamu juga bisa menggunakan celana sejenis training atau celana olahraga.

Tentu saja celana olahraga yang dimaksud adalah celana yang punya bahan hangat seperti jersey atau parasut.

Infografis Sewa Jeep Bromo

  • Menggunakan Syal

Sebenarnya syal bukan tips pakaian ke Bromo yang wajib dipakai, akan tetapi keberadaan syal bisa membantu menghangatkan leher dan tentu saja dengan memakai syal dapat membuat fashion tampak lebih stylish.

Agar terlihat lebih bagus, kamu bisa memilih syal dengan warna yang senada dengan sarung tangan atau jaket tebalmu. Cara pakai syal juga bisa kamu variasikan sesuai selera fashion. Tidak perlu syal yang bahannya terlalu tebal, asalkan bahannya hangat saja sudah cukup.

Pemakaian syal ini juga sangat disarankan untuk para wisatawan Bromo yang mungkin sangat rawan terkena hipotermia. Resiko kedinginan di atas gunung jadi bisa terkendali.

  • Memakai Kupluk Atau Kerudung bagi Wanita

Bagi kamu para laki-laki dan wanita yang tidak berkerudung, mengenakan kupluk sangat disarankan untuk membantu meredakan udara dingin yang mengenai bagian kepala dan telinga.

Terkadang udara dingin yang mengenai kepala juga bisa menimbulkan rasa dingin ke seluruh tubuh. Maka sangat disarankan untuk menggunakan kupluk berbahan hangat. Namun bagi kamu yang menggunakan jilbab atau kerudung, tidak wajib memakai kupluk karena pada dasarnya kerudung sudah bisa menutup bagian telinga yang lebih sensitif terhadap suhu dingin.

  • Pakai Kaos Kaki dan Sepatu

Naik gunung memang sangat disarankan memakai sepatu demi keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Memakai sepatu dan kaos kaki ini juga tergolong tips pakaian ke Bromo yang tidak boleh disepelekan.

Hal yang sangat tidak dianjurkan adalah memakai sandal. Meskipun sudah memakai kaos kaki namun jika memakai sandal, tetap dikhawatirkan akan cedera.

Kondisi medan Gunung Bromo mungkin tidak seberapa berbatu. Namun kawasan berpasir juga akan membuatmu merasa tidak nyaman dan kesulitan berjalan saat menggunakan sandal. Gunakan sepatu yang nyaman dan lapisan dengan kaos kaki.

Menggunakan kaos kaki dan sepatu ini tidak semata-mata untuk melindungi kaki dari udara dingin, namun juga digunakan untuk melindungi kaki dari resiko cedera dan lelah berjalan.

  • Memakai Masker Hidung

Memakai masker ini tujuannya bukan semata untuk menghangatkan bagian wajah, melainkan lebih diutamakan untuk melindungi dari debu atau pasir yang ada di Bromo. Apalagi jika kamu datang ke Bromo saat musim panas, pasti akan lebih banyak debu di Bromo.

Terlalu banyak menghirup debu juga tidak baik untuk pernafasanmu. Pastikan memakai masker hidung medis saja sudah cukup baik. Jangan memakai masker kain yang terlalu tebal karena bisa menghambat pernafasan.

Sebagai pelengkap, jika perlu kamu bisa sekaligus membawa kacamata hitam untuk melindungi kata dari resiko masuknya debu ke mata. Memakai kacamata hitam juga akan menambah kesan stylish pada outfitmu selama di Bromo.

  • Tetap Memakai Baju Lapis Bersifat Menyerap Keringat 

Meskipun sudah memakai jaket tebal, namun tetap saja sangat disarankan untuk memakai baju lapis dalam yang bahannya menyerap keringat. Saat pagi hari atau sore menjelang malam, suhu di Bromo akan rendah sehingga terasa sangat dingin.

Baju lapis dalam akan membantu lebih menghangatkan tubuh. Sedangkan saat siang hari, kamu bisa melepas jaket dan tetap memakai baju lapis dalam. Sehingga saat suhu mulai panas, keringat akan tetap terserap dengan baik oleh baju yang dikenakan.

Dengan begitu selama di Bromo kamu akan tetap merasa nyaman saat mengenakan pakaian meskipun suhunya berubah.

Beberapa tips pakaian ke Bromo di atas memang sangat penting untuk diperhatikan. Utamanya bagi kamu yang baru pertama kali ke Bromo, pastikan untuk memakai pakaian ke Bromo yang tepat sesuai arahan tersebut. Bagi kamu yang ingin berwisata ke Bromo, kamu bisa memakai agen travel Nahwa Tour.

Nahwa Tour melayani open trip dengan berbagai paket wisata, termasuk paket wisata ke Bromo. Dengan menggunakan agen travel ini dijamin perjalanan akan semakin mudah dan praktis. Informasi pendaftaran bisa langsung ke situsnya di www.nahwatour.com.

5/5 - (2 votes)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.