Tips Memotret Sunrise di Bromo Dengan Hasil Gambar Terbaik

Tips Memotret Sunrise di Bromo – Salah satu spot paling dinanti para pengunjung Taman Wisata Gunung Bromo adalah sunrise. Keindahan sunrise di Bromo memang menjadi pemandangan yang sangat indah. Tips memotret sunrise di Bromo mungkin sangat dibutuhkan bagi kamu yang ingin mengabadikan momen yang indah tersebut.

Akan sangat sayang dilewatkan momen sunrise di puncak Bromo. Biasanya para wisatawan sudah menyiapkan kamera atau mengandalkan kamera HP untuk mengabadikan pemandangan sunrise. Namun tidak semua orang bisa mendapatkan gambar yang bagus jika tidak tahu trik jitunya.

Tips Memotret Sunrise di Bromo

Cara Jitu Abadikan Gambar Sunrise di Bromo

Meskipun sudah membawa kamera sebagai dan semahal apapun namun jika tidak datang ke Bromo di waktu yang tepat dan menggunakan teknik foto yang benar, maka hasil potretan sunrise yang didapat juga tidak akan maksimal.

Bagi kamu yang masih pemula dan baru pertama kali datang ke Bromo, kamu bisa perhatikan beberapa tips memotret sunrise di Bromo agar hasilnya tampak bagus dan mendapatkan spot yang sesuai dengan target:

  • Berangkat di Jam Yang Tepat

Titik keberangkatan yang berbeda-beda tiap wisatawan, pasti akan membutuhkan waktu perjalanan yang berbeda-beda pula. Kamu harus bisa memperhitungkan dengan baik kebutuhan waktu perjalanan untuk bisa sampai ke Bromo.

Kamu juga bisa menyesuaikan dengan jenis kendaraan menuju ke sana. Jika kamu masih di Jawa Timur dan ingin pergi menggunakan motor, maka biasanya perjalanan tidak membutuhkan satu hari full. Sebesar mungkin perhitungkan untuk sampai di Bromo pada malam hari.

Di malam hari, kamu bisa mencari penginapan atau jika memang ingin mendirikan camp sendiri kamu bisa mencari lahan di dekat pintu masuk. Tentu saja sebesar mungkin kamu harus ijin pada penjaga yang ada di sana.

Kamu juga bisa memastikan waktu sampainya pada dini hari sebelum subuh atau langit masih tampak gelap.

  • Menyiapkan Alat Yang Dibutuhkan

Selanjutnya, kamu harus menyiapkan alat apa saja yang dibutuhkan. Untuk memudahkan pengambilan gambar, kamu bisa membawa tripod. Tripod ini tidak hanya bisa menyangga kamera namun juga HP. Jadi memotret dengan HP tetap bisa menggunakan tripod.

Apalagi kondisi menangkap pemandangan sunrise biasanya dilakukan di beberapa spot tempat yang ada di Bromo. Dan biasanya beberapa spot tempat tersebut sudah dipenuhi oleh wisatawan lain yang juga ingin mengambil gambar atau foto Bromo sunrise tersebut.

Ketika hanya mengandalkan HP, gambar yang didapat mungkin akan goyang karena berdesakan dengan para wisatawan lain. Namun untuk menggunakan tripod kamu juga butuh menyiapkan tempat khusus terlebih dulu. Pastikan alat potret dalam kondisi baik dan siap digunakan.

Infografis Sewa Jeep Bromo

  • Datanglah ke Spot Potret Lebih Awal

Kamu pasti membutuhkan tempat yang pas untuk mengambil potret sunrise terbaik. Banyaknya wisatawan yang juga ingin menyaksikan sunrise akan membuatmu kesulitan mendapatkan tempat atau sudut tempat terbaik.

Karena itulah tips memotret sunrise di Bromo sangat penting untuk datang ke tempat potret lebih dini. Pastikan kamu mendapatkan sudut tempat potret terbaik. Kamu bisa mencari tempat yang lebih tinggi dari berkumpulnya para wisatawan yang akan menyaksikan sunrise.

Hal ini dilakukan agar ketika memotret, tidak ada halangan terlihat kepala wisatawan atau gangguan gambar yang lain. Ketika membawa tripod pun kamu harus memastikan sudah mendapatkan tempat yang pas untuk meletakkan  tripod tanpa mengganggu hasil gambar.

Datang ke tempat potret lebih awal, akan menguntungkanmu karena kamu bisa mencoba mencari tempat terbaik secara lebih bebas. Beberapa titik tempat memang harus dicoba terlebih dulu agar ketika momen sunrise tiba, kamu sudah siap memotretnya.

  • Jangan Gunakan Mode Full Auto

Setiap kamera biasanya memiliki pengaturan full auto. Penggunaan mode full auto diharapkan dapat menangkap cahaya terang dan gelap secara sempurna. Namun kenyataannya kamera yang terhalang lensa tidak bisa menangkap cahaya tersebut secara sempurna.

Jika dipaksakan menggunakan full auto, maka hasil potret sunrise akan terlihat terlalu terang bahkan penampakan sunrise nya akan terlihat tidak sempurna.

  • Menggunakan Mode Manual

Memotret sunrise memang kurang bagus dilakukan jika menggunakan mode full auto sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas. Sebaliknya kamu tetap bisa menggunakan mode manual untuk mendapatkan hasil jepretan yang lebih bagus.

Menggunakan mode manual akan membuatmu lebih bebas mengatur kamera utamanya terkait eksposure. Kamu bisa atur iso menjadi 100 hingga 200, kemudian bagian aperturenya bisa diatur pada f8 atau f16. Pengaturan ini akan membuat hasil foto lebih tajam atau jelas.

Sedangkan untuk mengatur gelap terangnya, kamu bisa atur shutter speed sesuai kebutuhan. Biasanya di beberapa kamera HP pengaturan-pengaturan ini sudah bisa diakses.namun kebanyakan kamera HP menggunakan mode auto.

  • Memotret Secara Vertikal

Tips memotret sunrise di Bromo selaniutnya adalah memotret secara vertikal. Sebenarnya tidak menjadi masalah besar apabila kamu ingin memotret secara vertikal atau horizontal.

Namun hasil potret secara vertikal biasanya akan menunjukkan lebih banyak sisi langit. Sisi langit akan jauh lebih menarik tertangkap kamera dibandingkan sisi bumi.

Dengan posisi vertikal, kamu bisa mendapatkan sebagian besar sisi sunrise itu sendiri dibandingkan sisi bumi yang menjadi latarnya. Untuk hasil foto vertikal yang lebih bagus, kamu bisa atur bagian rule of thirds.

Rule of thirds merupakan sepertiga bidang yang ada pada kamera sehingga hasilnya bisa menunjukkan sisi target yang lebih besar.

  • Prefer Gunakan Tripot

Pada pembahasan sebelumnya di atas sudah diulas sekilas terkait penggunaan alat tripod yang digunakan. Memang tidak ada kewajiban menggunakan tripod. Namun penggunaan tripod sangat disarankan ketika kamu menggunakan mode shutter speed yang lambat.

Shutter speed yang lambat akan beresiko gambar goyang apabila hanya dipegang oleh tangan. Sebaliknya saat menggunakan tripod hasil gambarnya akan lebih stabil.

Namun jika kamu tidak memiliki tripod atau tidak memungkinkan membawa tripod, maka kamu bisa mencari benda yang bisa dijadikan sanggahan kamera agar ketika mengambil gambar tanganmu tetap stabil, hasil foto pun bisa terlihat lebih bagus.

  • Jangan Terlalu Memainkan Zoom In dan Zoom Out

Banyak orang berfikir, lokasi memotret sunrise yang terlalu jauh harus menggunakan zoom in agar gambar tampak lebih jelas. Memang penggunaan Zoom in akan membuat gambar terlihat lebih dekat, namun tidak dengan hasil gambar yang lebih jelas.

Penggunaan zoom in justru akan membuat gambar tampak lebih blur atau tidak jelas. Hal ini bukan berarti gambar harus di zoom out. Penggunaan zoom out yang terlalu berlebihan juga tidak bagus bagi hasil gambar yang pastinya akan jauh lebih kecil.

Karenanya pastikan mengatur penggunaan zoom in dan zoom out seperlunya sehingga hasil foto atau video sunrise bisa tampak natural, dan jelas dilihat.

Beberapa tips memotret sunrise di Bromo yang sudah dijelaskan di atas, lebih diperuntukkan  bagi wisatawan yang membawa kamera khusus. Hal ini karena kamera HP biasanya sudah terpenting dengan baik. Jika ingin mendapatkan momen dan hasil foto yang tepat kamu bisa manfaatkan agen travel.

Salah satu agen travel terbaik adalah Nahwa Tour. Agen travel ini membuka kesempatan open trip ke Bromo dengan berbagai fasilitas layanan paket. Biasanya agen travel akan membawa kamera khusus jadi kamu bisa memanfaatkan hasil fotonya. Booking tiket sekarang hanya di www.nahwatour.com.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.