Tebing Pelangi Coban Parang Tejo

Wisata Alam Coban Parang Tejo
Wisata Alam Coban Parang Tejo

Coban Parang Tejo terletak di daerah kawasan Dusun Princi, Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.Apabila anda ingin sampai ke sini anda harus menempuh jarak sejauh sekitar 20 KM dari pusat Kota Malang.

Dengan ketinggian 100 meter, Coban Parang Tejo mempunyai posisi yang menarik.Di sini air terjunnya  dari atas jatuh kebawah dengan lancar, sehingga air terjun ini tidak terlihat berbahaya.Apalagi posisinya yang berada di sebelah lereng Gunung Butak dapat membuat suasana liburan ke Coban Parang Tejo ini semakin seru dan menyenagkan.

Disini saya akan menjelaskan nama Parang Tejo sendiri berasal dari bahasa Jawa. Kata golok atau parang berarti tebing dan kata tejo sendiri berarti pelangi.Penamaan kata ini konon bukan hanya dongeng, karena disini terkadang muncul pelangi akibat semburan air terjun yang teratur.

Harga Tiket Coban Parang Tejo

Destinasi wisata Coban Parang Tejo buka setiap 24 jam dan di hari – hari tertentu.Apabila anda ingin memasuki kawasan Coban Parang Tejo anda harus membayar biaya tiket masuk sebanyak Rp.15.000 per orang dan biaya parkir kendaraan umum maupun pribadi sebanyak Rp.3.000 per motor dan Rp.5.000 per mobil.Harga ini termasuk murah sehingga membuat uang yang anda bawa lebih hemat.

Lokasi Coban Parang Tejo

Bagi yang ingin berlibur kesini anda harus datang atau menuju kea rah jalur ke kawasan Princi Gading Kulon, Dusun Godean, Desa Kucur, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.Apabila anda ingin mencapai tempat ini, dari arah Kota Malang atau Kota Batu, anda bisa mengambil jalan menuju tempat tujuan wisata Predator Fun Park.

Kemudian cukup ikuti arah rute yang ditunjukkan dengan jelas google maps dalam perjalanan ke tujuan.Dibutuhkan memakan waktu kurang lebih dari 45-50 menit dari kota Malang sedangkan dari Kota Batu hanya membutuhkan waktu kurang lebih dari 30 menit untuk sampai ke tempat destinasi Coban Parang Tejo.

Ayunan Coban Parang Tejo
Ayunan Coban Parang Tejo

8 Aktivitas Coban Parang Tejo

1.Spot foto unik dengan tema dongeng

Seperti destinasi wisata kawasan lainnya, Coban Parang Tejo juga mempunyai spot untuk bersantai atau foto untuk di upload media social.Wisata alam ini tidak bisa dilewatkan begitu saja pada saat berlibur ke Kota Malang.

Spot tempat foto ini dinamakan negeri dongeng Sihamusa.Coban Parang Tejo memiliki lebih dari satu foto dan satu spot selfie yang semuanya bisa digunakan secara gratis seperti, ada spot tempat kupu-kupu raksasa yang terlihat seperti di pintu masuk atau gerbang yang terbuat dari akar tanaman.Anda juga bisa berfoto di area kawasan rumah Kulu-kulu yang sangat mirip dengan rumah akar seperti di tempat destinasi objek daya tarik wisata Seribu Batu Songgo Langit Yogyakarta.Di Yogyakarta juga ada Pintoe Langit Dahmoro yang spot foto yang lagi hits, berupa pintu yang seolah terbuka ke langit. Nah anda tidak perlu ke Yogyakarta, ada juga di Malang.Di Coban Parang Tejo terdapat spot foto berbentuk rumah kayu dengan kedua pintu terbuka seolah-olah menuju ke langit.Jika ingin foto yang bagus, disini juga ada spot bunga raksasa yang akan membuat gaya cantik anda semakin keren.Dan disini ada juga titik sayap burung yang sering disebut sebagai sayap bidadari.Dan banyak lagi spot foto lainnya yang bikin jelas kamu akan dimanjakan dengan pilihan-pilihan spot yang ada di Coban Parang Tejo.

2.Berayun di langit biru

Ayunan ini terdengar sederhana.Sejak kecil, pasti para wisatawan sekalian juga akrab dengan permainan ini.Bahkan di berbagai macam lokasi wisata, baik di pegunungan maupun di pantai, ayunan seperti ini sudah menjadi keharusan yang harus ada di wisata Coban Parang Tejo.Karena merupakan wahana yang paling sederhana sehingga membuat hati setiap wisatawan senang pada saat berlibur ke sini.

Bedanya, ayunan di Coban Parang Tejo ini berada di pinggir tebing.Apabila anda tidak berani jadi jangan pernah mencobanya, jika anda mudah sakit perut atau mual saat melihat ketinggian. Karena letaknya, ayunan Coban Parang Tejo sering disebut dengan nama ayunan langit, bahkan ada yang menyebutnya sebagai death swing.Ini lah yang membuat tempat ini popular di antara para kaum muda maupun tua.

3.Jembatan multifungsi yang panjang

Disini ada lagi yang menarik di Coban Parang Tejo yaitu jembatan kayu yang dibangun dengan bentuk panjang.Banyak yang menyebutnya dengan jembatan multifungsi panjang padahal jembatan kayu ini tidak dijadikan sebagai penghubung di antaranya.

Dan uniknya, jembatan panjang ini kerap dijadikan sebagai spot foto dengan latar belakang hutan pohon pinus di sekelilingnya.Di ujung jembatan ini, anda bisa melihat pemandangan hutan pohon pinus yang hijau tumbuh subur dan anda bisa menghirup udara bersih di bagian luar maupun bagian yang terdalam.Dan tempat ini sering di jadikan tempat selfie anak hits kaum muda sekarang.

4.Kawasan Hammock

Hutan pohon pinus benar-benar terkenal, apalagi dengan tambahan dekorasi payung, tenda, atau hammock warna-warni.Memang tidak ada dekorasi khusus di hutan pinus Coban Parang Tejo, namun anda bisa jalan-jalan sambil bersantai menghirup udara segar di sekitarnya.

Apabila tanpa dekorasi warna-warni, bukan berarti kawasan hutan pohon pinus ini kurang menarik.Anda juga bisa berfoto di tengah alam yang hijau dan ini yang membuat anda terlihat anggun atau terlihat bagus.Anda juga bisa memanfaatkan pancaran sinar matahari yang alami, sehingga membuat foto-fotonya akan lebih jelas dan terang.

5.Flying Hill Taman bermain di ketinggian yang mempesona

Tidak hanya wisata air terjun, Coban Parang Tejo juga memiliki bukit taman bermain yang unik dan menarik.Tetapi ini bukan arena bermain untuk anak-anak dibawah umur atau balita.

Bukit taman bermain ini sering disebut dengan nama Bukit Terbang, sebuah area terbuka di sekitar puncak perbukitan yang akan anda lewati sebelum tiba di area air terjun.Di sini juga dibangun taman yang tertata rapi dan sangat mempesona.Disini disediakan spot foto dan bangku untuk anda bisa menikmati pemandangan dengan kenyamanan tentram pengunjung.

6.Pemandangan di puncak perbukitan dengan air terjun

Dari kawasan Bukit Terbang, anda bisa melihat pemandangan perbukitan di sebelah tebing. Puncak bukit di paling tinggi dapat terlihat dengan jelas ketika cuaca cerah, apabila di lain waktu mereka dapat hilang karena ada balik kabut tebal.

Jika tidak ingin bosan turun ke area air terjun, lihat saja Coban Parang Tejo dari atas Bukit Terbang.Puncak tebing-tebing perbukitan di sekitarnya, Coban Parang Tejo terlihat begitu tenang dengan alam tersendirinya yang anggun.

7.Karang Pelangi Eksotis

Disini juga anda bisa mendaki dan melewati jalur di sepanjang pinggir tebing.Saat musim hujan, tanahnya akan licin dan berlumpur.Tetapi apabila anda sampai di area air terjun anda tidak akan menyesal karena pemandangan di sekitarnya.

Perjalanan ini berjarak sejauh hingga 500 meter.Dari Bukit Terbang membawa anda ke Coban Parang Tejo melewati jalur di sepanjang tebing Gunung Butak akan memakan jarak sepanjang 100 meter.Ketika para wisatawan tiba di lokasi saat musim kemarau dan matahari sedang terik, cahaya pada cipratan air terjun akan menghasilkan pelangi yang melengkung indah.Karena sudut pandang inilah yang memberi nama Coban Parang Tejo yang artinya tebing pelangi.Apabila jika anda mengikuti arus air terjun ini, anda akan menemukan Sungai Metro yang mengalir dari Kota Batu hingga ke Kabupaten Blitar.

8.Dusun Princi yang rapi dan gagah

Di kawasan Kota Malang anda sudah bisa menikmati alam pegunungan yang segar dan asri. Setelah meninggalkan kendaraan di pekarangan warga, perjalanan menuju ke Coban Parang Tejo akan ditemani dengan pepohonan hijau yang di kedua sisi jalan.

Dusun Princi, tempat Coban Parang Tejo berada, akan semakin mudah dijangkau apabila menggunakan kendaraan roda dua. Tetapi apabila anda merasa cukup baik untuk mengendarai mobil, silakan saja.Selama anda tidak memaksakan mengemudi di saat jalan tidak terlalu aman dan bersiaplah untuk berjalan kaki atau naik kendaraan roda dua lebih jauh.Namun anda jangan khawatir, karena mengingat suasana Dusun Princi yang asri, berjalan di tempat yang sejuk tidak akan merasakan lelah.

Panorama Coban Parang Tejo
Panorama Coban Parang Tejo

Rute Coban Parang Tejo

Dari Kota Malang, anda bisa sampai ke Coban Parang Tejo dalam waktu kurang dari satu jam atau sekitar 45 menit, dengan jarak tempuh memakan sekitar sejauh 20 kilometer.Jika anda berangkat dari kawasan Dieng atau Universitas Merdeka Malang, kemudian lanjutkan perjalanan anda melalui Perumahan Dieng, kemudian lanjutkan ke arah kawasan daerah Petungsewu dan Tegalweru. Setelah itu kemudia belok kiri ke arah menuju ke Dukuh Sempu, apabila para wisatawan sudah sampai di desa Gading Kulon.Anda bisa ambil jalan menuju ke arah Kota Batu, setelah itu kemudian belok kiri di perempatan lampu merah Sengkaling, setelah itu lagi kemudian belok kiri di perempatan Semanding, melewati Asrama Putri Arrohmah, lurus saja ke arah daerah Dukuh Sempu, apabila anda sudah sampai di desa Gading Kulon.Lokasi Coban Parang Tejo sudah cukup dekat, jadi jangan ragu untuk menanyakan arah kepada warga sekitar daripada membuang waktu di perjalanan agar tidak tersesat.

Inilah Coban Parang Tejo atau biasa disebut dengan nama Tebing Pelangi.Coban Parang Tejo ini sangat indah dan anda bisa dapat menikmati alam dari tebing paling tinggi dan disini juga ada beberapa tempat unik yaitu sebuah pelangi yang sangat anggun di tengah air terjun mengalir sehingga membuat anda takjub.Nah sekarang tunggu apalagi jangan di tunda-tunda ayo ajak keluarga maupun teman-teman anda untuk berlibur ke Coban Parang Tejo ini dan perlu diingat patuhi protokol kesehatan yah !

Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi :

Nomor Whatsapp :081222431414

Instagram :Nahwatour

Website : Nahwatour.com

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.