Pesona Surga Tersembunyi di Malang yaitu Coban Cinde

Hallo para  traveler,kota malang merupakan salah satu kota dengan objek daya tarik wisata terbanyak yang ada di indonesia dimulai dari sarana edukasi,objek wisata alam,kebun dan bahkan air terjun. Nah kali ini mimin ajak kalian untuk mengenal  salah satu objek wisata Air terjun yang unik banget yang ada di jawa timur,penasaran apa itu, yah yaitu Coban Cinde .ada yang tau ngga apa itu Coban Cinde? nah untuk yang belum tau tentang Coban Cinde ini dan mari mimin perkenalkan kepada kalian apa sih itu Coban Cinde dan apa saja keunikan yang terdapat di sana.

Coban Cinde

Coban Cinde
Coban Cinde

Coban Cinde merupakan salah satu  destinasi wisata Air Terjun yang tersembunyi di malang.tepatnya berada di Desa Coban Cinde Benjor ,Kecamatan Tumpang , Kabupaten Malang , Jawa Timur.Objek wisata ini memiliki daya tarik tersendiri, dan pengunjung dapat merasakan udara yang sangat dingin dalam keadaan yang belum terjamah. Seperti banyak wahana air lainnya, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas di sini, seperti bermain air. Ada juga jembatan foto berbentuk hati.

Ada dua air terjun yang bisa Anda temui di Cinde di kawasan Coban. Pertama, Coban muncul dari sungai di sisi tebing, sekitar 50 meter, ke sungai dengan air yang lebih sedikit, dan kemudian ada dua air terjun yang disebut Coban Cinde  itu sendiri. Coban berasal dari sungai besar dengan debit air yang besar dan tingginya sekitar 30 meter. Air terjun ini berada di ujung sebuah sudut sungai tidak jauh dari air terjun pertama.keunikan dari Coban Cinde yang berada dibawah pohon-pohon yang sangat rindang dan disekelilingnya terdapat tebing yang tinggi yang masih terlihat asri.

Tak hanya itu, Coban Cinde juga memiliki pesona tersendiri karena memiliki banyak air terjun. Nama “Cinde” berupa air terjun mirip Cinde atau selendang yang mengepak. Air sungai mengalir dari atas ke bawah, membentuk air terjun yang sangat deras dan segar.  dengan ditiup oleh angin seolah-olah Coban Cinde ini terbang layaknya selendang.Suasana yang tenang,hening,dan dinginnya mampu membuat Anda betah berlama-lama di Coban Cinde ini.

 

Rute untuk menuju Coban Cinde

Peta wanawisata Coban Cinde
Peta wanawisata Coban Cinde

Sesampainya di desa Benjor, Anda harus berjalan kaki menuju Coban Cinde. Masih sekitar 3 km jauhnya, perjalanan ini sangat cocok untuk orang-orang yang suka berpetualang atau tracking .Anda dapat memilih dari dua metode untuk uji coba ini. Pertama, Anda bisa berjalan di sepanjang sungai dan jalan setapak yang ditumbuhi tanaman dan Anda juga melewati ladang seperti cabai dan kubis.

Ada kemiringan sekitar 45 derajat di sisi kiri, dan lereng yang sangat curam . Di sebelah kanannya ada semak berduri tajam. Selanjutnya, Anda harus menuruni lereng curam di perbatasan hutan pinus.Perjalanan menuju lokasi air terjun ini tidak berhenti sampai di situ,Selanjutnya Anda akan menuruni  sungai berbatu sekitar 1 km. Dari hutan lebat, kicau burung hingga air sungai yang jernih, pemandangan menakjubkan akan menemani perjalanan Anda.

Tebing-tebing di sisi kanan dan kiri sungai yang tingginya beberapa puluh meter ini juga indah. Di beberapa bagian sungai, tinggi jeramnya sekitar 6 meter dan harus mendaki salah satu sisi tebing. Setelah pertempuran yang cukup melelahkan dengan melewati arus sungai , Anda tiba di lokasi Coban Cinde.

 

Aktivitas yang dilakukan di Coban Cinde

1.Trekking yang menantang

Sebelum sampai di air terjun, Anda harus berjalan kaki melewati medan yang cukup terjal dari tempat parkir. Namun, di sepanjang perjalanan ini, Anda akan menemukan banyak air terjun lainnya sebelum akhirnya tiba di Coban Cinde.Perjalanan dimulai dengan jalan setapak yang menanjak hingga 45 derajat. Kemudian turuni sungai yang panjang dan menantang. Salah satunya adalah jeram setinggi 6 meter.

Di tempat ini biasanya wisatawan beristirahat dan bermain air sambil menyaksikan keindahan alam sekitar. Setelah melewati sekitar 5 Coban lainnya, Anda akhirnya akan tiba di lokasi Coban Cinde yang sebenarnya di mana sejumlah besar air mengalir.Perjalanan panjang untuk menemukan surga tersembunyi Coban Cinde ini tidak terasa terlalu melelahkan setelah sampai di lokasi tersebut. Trek yang menantang memang menarik untuk ditaklukkan, terutama bagi mereka yang menyukai petualangan.

2.Berenang dan bermain air

Wisatawan yang sedang bermain air
Wisatawan yang sedang bermain air

Air tawar dari Sungai Coban Cinde bisa membuat semua orang ingin menceburkan diri ke air bermain. Air pegunungan yang dingin dapat menghilangkan rasa sakit dan kelelahan setelah pertempuran sengit dengan Coban Cinde.Tempat yang paling sering digunakan pengunjung untuk bermain bawah air adalah di aliran sungai sebelum tiba di Coban Cinde. Sungai yang memiliki arus deras 6 meter ini memiliki genangan air yang cukup dangkal dan banyak bebatuan di sekitarnya.

Sedangkan di Coban Cinde sendiri, air terjunnya begitu besar sehingga sering digunakan hanya untuk mencuci muka. Kolam yang terbentuk di bawah air terjun ini terlalu dangkal sampai mata kaki.Namun perlu diingat bahwa aliran sungai di tempat ini sangat deras, sehingga Anda perlu berhati-hati saat berenang. Jangan datang sendiri untuk bermain air untuk berjaga-jaga.

3.Hunting foto

Wisatawan yang sedang berfoto di Coban Cinde
Wisatawan yang sedang berfoto di Coban Cinde

Di Coban Cinde, Anda bebas berfoto dengan keindahan alam. Hutan rimbun yang indah di sekitar Coban Cinde bisa menjadi latar untuk foto-foto menarik yang Anda dapatkan di sini.Pengelola toko juga memiliki banyak spot menarik dimana pengunjung dapat berfoto dengan bebas. Salah satu spot yang paling menarik adalah Gardu Pandang I Love U dengan latar belakang pepohonan hijau di Hutan Bromo.

Hal menarik lainnya adalah hamparan bunga di sekitar pintu masuk dan tempat parkir. Dengan teks-teks lucu dan bunga-bunga indah, gambar yang Anda dapatkan akan sangat menarik.Dari lokasi ini Anda juga bisa melihat salah satu air terjun yang muncul di balik tebing-tebing kayu yang lebat. Foto yang diambil dari lokasi ini sangat cocok untuk diunggah ke media sosial selama liburan Anda.

4.Bersantai sambil menikmati alam

Area taman di pintu masuk Coban Cinde juga merupakan tempat yang bagus untuk bersantai dan menikmati alam. Kursi taman yang tersedia adalah tempat untuk bersantai dan melepas penat setelah berjalan-jalan.Udara sejuk dari semilir angin dan pepohonan yang rindang membuat udara yang tercipta sangat nyaman. Suasana tenang hutan ini sangat menarik bagi mereka yang ingin menenangkan diri.

Sambil bersantai, Anda bisa memesan berbagai menu di warung makan terdekat. Menu yang ditawarkan mulai dari makanan ringan hingga masakan Malang yang bisa mengobati rasa lapar.Jika Anda membawa bekal makan siang sendiri, piknik di taman bersama keluarga juga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Keputusan Anda untuk berlibur di Coban Cinde adalah hal yang terbaik untuk dilakukan selama liburan Anda.

 

Harga tiket masuk dan Jam Operasional  Coban Cinde

Nah jika Anda ingin masuk di Coban Cinde ini,Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang cukup besar dan tidak membuat dompet Anda menangis hehe.

– Tiket Masuk                        : Rp.10.000

– Parkir Motor                       : Rp.3.000

– Parkir Mobil                        : Rp.5.000

Untuk jam operasionalnya dari Coban Cinde ini 24 jam yah,Anda bisa kapan saja pergi ke Coban Cinde ini

Note : harga yang tercantum di atas dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan dari pengelola wisata itu sendiri.

 

Fasilitas yang didapatkan

Meskipun jarak yang cukup jauh dari peradaban manusia dan perjalanan yang cukup melelahkan,tetapi fasilitas disediakan pemerintah setempat di Coban Cinde ini cukup lengkap loh diantaranya ialah ;

 

1.Parkir Mobil/motor

2.Warung Makan

3.Gazebo atau Tempat Istirahat

4.Spot Foto

5.Kamar Mandi atau WC

 

Akomodasi Terdekat di Coban Cinde

Nah untuk kalian yang sedang mencari akomodasi terdekat di Coban Cinde,mimin akan merekomendasikan beberapa akomodasi hotel dan wisma diantaranya :

  1. Pondok Tubing Poncokusumo Syariah Red Partners
  2. Wisma Air Mancur
  3. Omah Tulusaya
  4. Yustin Family Homestay
  5. Yeski Homestay

 

Itulah ulasan tentang Coban Cinde yang sangat indah,asri,dan masih terjaga sampai saat ini. Yuk guys tunggu apalagi, mari berlibur ke Coban Cinde ini. Nah misalnya ada dari kalian yang ribet untuk liburan di Malang, saya sarankan anda harus mencari salah satu travel terpercaya di Malang untuk mempermudah perjalanan anda. Dan untuk saat ini saya merekomendasikan anda salah satu travel di Malang yang terpercaya yaitu Nahwa Travel. Di travel ini anda akan dilayani dengan baik,semua kendala liburan anda,akan di handle dengan baik di travel ini dan tetap menerapkan  protokol kesehatan,memakai masker dan menjaga jarak  agar memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 ini.

Selamat Berlibur guys

   Informasi lebih lengkap silahkan hubungi :

Nomor Whatsapp                                                                     : 081222431414

Instagram                                                                                   : Nahwa Tour

Website                                                                                       : nahwatour.com

 

 

 

 

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.