Pantai Watu Leter, Pelestarian Penyu di Malang

 

Wisata Alam Pantai Watu Leter
Wisata Alam Pantai Watu Leter

Nama arti Pantai Watu Leter ini berasal dari salah satu tebing yang berada di bagian ujungnya memiliki berbentuk datar dan ini merupakan tebing bebatuan yang paling menonjol di antara tebing lainnya.Masyarakat setempat pun sering menyebut nama lain tempat ini sebagai Pantai Ngleter.

Keindahan Alam Di Pantai Watu Leter

Pantai ini mempunyai kesamaan dengan suasana Pantai Goa Cina jika diperhatikan lebih dekat. Perbedaan antara Pantai dengan Pantai Goa Cina yaitu Pantai Watu Leter suasananya lebih sepi sehingga dapat dinikmati lebih tenang dan bersih. Selain itu di Pantai terdapat gelombang yang sangat tenang dan airnya pun sangat jernih serta lebih dingin dan sangat menyegarkan, Apabila dibandingkan dengan Pantai Goa Cina sehingga wisatawan dapat bermain di air.

Di Pantai Watu Leter mempunyai ciri khas pasir yang sangat lembut, bersih dan beberapa batu karang yang menjulang di di pinggir Pantai terlihat begitu indah. Pantai ini lebih hampir mirip dengan kolam yang sangat tenang Dan Suasananya yang indah ditemani dengan pohon-pohon yang berada di pinggir Pantai ini cukup rimbun,asri dan hijau.Sehingga membuat wisatawan sangat nyaman untuk berteduh dari panas sinar matahari.

Di pantai ini wisatawan juga dapat melihat hutan mangrove yang dikelilingi dengan air tawar dari sungai Sitiarjo dan mengalir ke Pantai ini. Di Pantai ini wisatawan juga dapat menelusuri sungai untuk melihat seperti apa itu keindahan alam dari hutan mangrove ke Pantai ini dengan menggunakan perahu yang disediakan oleh warga setempat.Nah bukan hanya pemandangan indah itu yang dapat dilihat, disini juga wisatawan dapat melihat sendiri ciri khas Pantai ini dengan mengambil foto atau bermain dengan penyu di air dan di darat yang lagi sedang bertelur.

Pantai ini sering digunakan sebagai kawasan daerah pelepasan penyu abu-abu karena termasuk pantai yang sepi dan bersih dari lingkungan wisatawan atau pengunjung.Apabila upaya pelestarian penyu sudah berhasil wisatawan  juga dapat melihat dari dekat seperti apa itu kehidupan penyu di daerah Pantai ini. Meskipun pantai ini terkesan sepi tetapi ada beberapa hal yang bisa wisatawan lakukan di pesisir pantai tersebut.

Di Pantai Watu Leter ini terdapat aktivitas santai seperti wisatawan bisa duduk di tepi pinggir pantai sambil menikmati pemandangan yang begitu mempesona indahnya alam. Dikarenakan Pantai ini masih sepi wisatawan tidak akan menemukan banyak warung makan, oleh karena itu wisatawan harus membawa bekal makanan dan minuman pribadi.Namun perlu diingat apabila ingin membawa bekal makanan dan minuman pribadi Jangan lupa untuk membersihkan sampah dan di sekitarnya dan membuang sampah pada tempatnya agar kebersihan dan keindahan di pantai ini tetap terjaga dengan baik.

Pulau Pantai Watu Leter

Harga Tiket Masuk

Di Pantai Watu Leter ini merupakan salah satu pantai yang termasuk murah dan sangat terjangkau.Wisatawan hanya perlu membayar biaya sebesar Rp.10.000 per orang, sedangkan untuk biaya parkir kendaraan motor Rp.5.000 dan mobil Rp.10.000.Apabila ingin memutuskan menginap di Pantai ini, wisatawan hanya perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp.3.000.

Di Pantai Watu Leter suasana alamnya begitu sejuk dan adem apabila ditemani dengan angin deburan ombak yang terkesan menyejukkan.Inilah penyebab Pantai ini sangat populer di kalangan remaja dan banyak wisatawan yang datang menghabiskan waktu liburan mereka di pantai ini.

Bukan hanya pemandangannya yang menyenangkan, disini wisatawan juga dapat memperoleh merasakan sensasi petualangan yang sangat berbeda dari pantai lainnya.

Lokasi Pantai Watu Leter

Pantai ini berada  di Dusun Rowotrate,Sitiarjo,Kecamatan SumberManjing Wetan, Kota Malang. Pantai Watu Leter ini mempunyai jarak kurang lebih 60 kilometer dari Kota Malang dan anda harus menempuh jarak selama 3 Jam untuk sampai di Lokasi tersebut dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Tips pada saat mengunjungi Pantai Watu Leter

Disini saya akan menjelaskan sedikit kepada anda mengenai beberapa tips mengunjungi Pantai ini, seperti :

1.Mencari informasi Pantai Watu Leter sebanyak mungkin melalui google maps supaya anda tidak tersesat pada saat menuju ke lokasi Pantai.

2.Siapkan kendaraan dalam keadaan baik, karena jalur ke Pantai Watu Leter cukup sulit untuk dilalui, sehingga membutuhkan tenaga dan tingkat kewaspadaan tinggi pada saat melewati jalurnya.

3.Menghindari pada saat mengunjungi Pantai ketika hujan deras karena jalur di sekitar Pantai akan jadi sangat licin pada dilalui.

4.Selalu mengingat hal apapun di Pantai Watu Leter untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar objek daya tarik wisata tersebut.

5. Tidak menyediakan banyak fasilitas warung makan, namun sangat disarankan untuk membawa bekal makanan pribadi sendiri.

6.Disini saya menyarankan apabila anda sudah sudah selesai berenang di Pantai ini, lebih baik segera bilas air laut di badan dengan air tawar karena air laut banyak mengandung garam sehingga membuat tubuh dapat menyebabkan alergi untuk anda yang belum terbiasa dengan air laut.

7.Jangan terlalu lama menggunakan baju basah yang terkena air laut karena baju yang terkena air laut di dalamnya yang basah terkandung garam yang membuat kulit lebih kering dan dapat menyebabkan iritasi bagi orang yang mempunyai penyakit alergi.

8.Selalu ingat basahi tubuh menggunakan air bersih dan selalu gosok anggota tubuh untuk memastikan bahwa garam yang ada di tubuh sudah hilang atau sudah larut.

9.Di Pantai ini anda juga bisa menggunakan sunblock pada saat bermain di pinggir pantai dan selalu mengingat memakai minimal 4 jam sekali.

10.Disini kenapa anda harus memakai sunblock, karena sunblock mempunyai daya tahan yang sangat kuat untuk menghindari  dari sinar panas matahari yang dapat mencegah agar kulit anda tidak coklat atau hitam dan anda selalu dapat terhindari kulit terbakar.Apabila kulit anda sudah terlanjur terbakar, saya menyarankan anda dapat mengolesi menggunakan lotion yang mengandung aloe vera ke kulit yang terbakar.

Pantai Watu Leter

Fasilitas Di Pantai Watu Leter

Apabila jika anda ingin menginap disini terdapat lahan area camping, anda harus menggunakan tenda milik pribadi sendiri.Menginap di Pantai ini tentu saja akan sangat menyenangkan.Disini anda dapat membuat api unggun di pinggir pesisir Pantai tersebut.Dan saya menyarankan anda untuk selalu membawa kamera karena panorama di Pantai ini sangat indah akan alamnya.Dan untuk fasilitas lainnya ada seperti kamar mandi, WC dan tempat lahan parkir yang telah disediakan oleh warga setempat.

Benda Yang Harus Dibawa Milik Pribadi

Disini ada beberapa benda pribadi yang saya sarankan untuk anda bawa ketika mengunjungi lokasi Pantai Watu Leter, seperti :

1.Kacamata Hitam

Karena kacamata hitam cukup berguna sebagai penangkal sinar matahari yang menuju ke mata yang dapat menyilaukan pemandangan, apalagi pada saat di siang hari.Disini juga anda dapat berjemur dan bermain bola voli pantai.

2.Krim Tabir Surya

Di Pantai Watu Leter ini mempunyai sinar matahari yang cukup panas, sehingga dapat menyebabkan kulit terbakar, disini saya menyarankan anda jangan lupa selalu mengoleskan krim tabir surya ke kulit.Terutama di bagian wajah agar selalu terjaga dari panas sinar matahari.

3.Air Mineral

Selalu ingat menyediakan sebotol air mineral di dalam tas pribadi.Karena cuaca di Pantai Watu Leter sangat panas yang dapat menyerap cairan di tubuh, akibatnya anda cepat kering tenggorokan atau haus.Sebisa mungkin hindari untuk membeli minuman yang manis di warung karena dapat menyebabkan anda cepat rasa haus.Air mineral lebih baik di konsumsi dibandingkan dengan air yang dalam bentuk kemasan, karena air mineral bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang secara maksimal.

4.Dilarang Menggunakan Sepatu Kets

Karena jalur menuju ke Pantai Watu Leter ini sangat licin dan selalu menggunakan alas kaki sederhana seperti sandal.Karena apabila ingin berlibur ke pantai, sendal selalu menjadi populer sebab simpel dan sederhana.

5.Pelembab Rambut Atau Kepala

Pada saat berlibur ke Pantai Watu Leter saya sarankan anda lebih baik membawa shampo yang mempunyai kandungan pelembab rambut.Karena suhu udara di pantai ini dapat menyebabkan rambut cepat kering, bahkan rambut juga dapat menyebabkan mengalami kerontokan.Conditioner merupakan salah satu yang bisa mencegah atau mempertahankan kerontokan  rambut.

Rute Menuju Lokasi

Disini saya menyarankan apabila anda berasal dari luar kota lebih baik menyewa mobil atau motor di Kota Malang, sebab di kota malang terdapat sangat banyak jasa transportasi populer termasuk salah satunya Nahwatour.Rute menuju ke lokasi Pantai Watu Leter start dari kota malang, anda dapat mengambil jalur yang menuju ke Malang Selatan, Lebih tepatnya Pantai Sendang Biru.Setelah itu sampai di pertigaan Pantai Sendang Biru, Anda dapat menemukan petunjuk yang terlebih dahulu menuju ke Pantai Goa Cina dan Pantai Bajul Mati.Karena satu arah tujuan menuju ke Pantai. Dari Pantai Goa Cina anda bisa berjalan kaki selama 20 menit menuju ke Pantai.

Panorama Pantai Watu Leter

Inilah petualangan yang bisa anda dapatkan pada saat berkunjung ke Pantai Watu Leter,Wisata alam yang satu ini masih benar-benar asri dan alami akan keindahan alamnya. Ayok tunggu apalagi ajak keluarga dan teman-teman anda berlibur di Pantai ini, jangan lupa patuhi protokol kesehatan yah !

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.