Dari Surabaya, Naik Kereta ke Bromo Turun di Stasiun Apa?

Naik Kereta ke Bromo Turun di Stasiun Apa – Perjalanan wisata menuju bromo dengan kereta api sekarang ini banyak diminati oleh para wisatawan. Kereta api dipandang sebagai transportasi yang sangat efisien, nyaman, cepat, dan murah. Lalu, kalau naik kereta ke bromo turun di stasiun apa?

Hal tersebut tergantung dari kota yang menjadi tempat  sebagai awal keberangkatan seperti Surabaya. Kota besar yang ada di Jawa Timur ini mempunyai beragam fasilitas transportasi ataupun akomodasi yang dapat mendukung kegiatan travelingmu.

Naik Kereta ke Bromo Turun di Stasiun Apa

Cara ke Bromo dari Surabaya dengan Naik Kereta Api

Naik kereta ke Bromo turun di stasiun apa memang belum diketahui secara pasti. Hal ini karena tergantung kota yang menjadi tempat keberangkatan seperti dari Malang, Surabaya, atau bahkan Jakarta. Tapi kali ini, hanya akan dibahas mengenai keberangkatan ke Bromo naik kereta api dari Surabaya.

Dari kota Surabaya, kamu bisa naik kereta api yang bisa dipilih sesuai keinginan. Perjalanan yang dilakukan dengan kereta api umumnya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan.

Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, sebaiknya pilih Kereta Kertajaya (Ekonomi). Kereta ini akan membawamu dari Stasiun Pasar Senen ke Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Setibanya stasiun tersebut, perjalanan bisa diteruskan menuju Terminal Purabaya. Perjalanan ini hanya bisa dilakukan dengan naik bus umum kota. Maka dari itu, pilih bus yang bisa mengarah ke Kota Probolinggo.

Jika sudah sampai di Terminal Probolinggo, perjalanan berlanjut dengan menggunakan minibus yang menuju Bromo. Minibus ini umumnya berada di luar terminal dan terbatas karena hanya sampai pukul 17.00 saja.

Ketika berada di Sukapura, kamu akan menjumpai banyak penyewaan Jeep yang akan mengantarkanmu ke Gunung Bromo. Penting diketahui, baru-baru ini terdapat peraturan yang dimana hanya kendaraan Jeep saja yang boleh masuk ke lautan pasir dan Penanjakan.

Infografis Sewa Jeep Bromo

Tips Liburan ke Bromo Naik Kereta Api

Kereta api memang sudah menjadi andalan para traveler ketika pergi traveling. Harga tiket yang terjangkau dan terhindar dari kemacetan menjadi alasan utama mengapa banyak traveler yang lebih memilih moda transportasi yang satu ini.

Liburan ke Gunung Bromo dijamin akan menjadi semakin menyenangkan. Meskipun pertanyaan mengenai naik kereta ke Bromo turun di stasiun apa sudah terjawab, kamu juga harus mengetahui tips traveling. Dengan mengetahi beberapa tipsnya, perjalananmu menjadi aman dan menyenangkan.

  • Memesan Tiket Lewat Online

Tips pertama adalah melakukan pemesanan tiket lewat online agar lebih mudah. Kamu hanya perlu buka aplikasi Online Travel Agent (OTA) atau bisa plaftorm lainnya.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika memesan tiket lewat online. Salah satu keuntungan yang paling utama adalah terhindar dari yang namanya kehabisan tiket.

Selain itu, tidak harus antre lagi di tempat karena memakan banyak waktu. Bahkan bisa memilih tempat duduk secara bebas, mengetahui jadwal keberangkatan kereta api, dan waktu sampainya sesuai dengan preferensi.

  • Memilih Waktu Perjalanan

Hal ini menjadi yang paling penting ketimbang yang lainnya. Jika dari awal kamu memang memutuskan untuk bepergian dengan kereta api, jangan lupa menyesuaikan waktu yang dimiliki untuk membeli tiket keret api.

Tujuannya tak lain supaya nantinya kamu bisa memesan tiket pergi dan pulang secara langsung dalam waktu bersamaan. Selain itu, kamu juga harus memilih waktu keberangkatan yang paling tepat.

Usahakan untuk memilih jadwal keberangkatan pada pagi atau siang hari. Dengan begitu, kamu nantinya dapat menyaksikan panorama yang sangat menarik selama dalam perjalanan.

  • Posisi Duduk yang Searah

Ketika naik kereta, kebanyakan traveler menghindari kursi yang menghadap ke arah belakang supaya tidak mabuk saat perjalanan. Meskipun begitu, konfigurasi kursi pada kelas ekonomi biasanya sudah tidak dapat diubah.  Separuh menghadap ke arah belakang, dan separuhnya lagi menghadap ke depan.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih kursi yang memiliki posisi maju searah sesuai laju kereta. Jadi, jika kereta sedang berjalan menuju ke barat maka kamu posisi duduk kamu juga harus menghadap ke arah barat.

Selain bisa melihat pemandangan yang menarik, posisi seperti ini dijamin tidak akan membuatmu merasa mual ataupun pusing. Perjalanan bisa lebih aman dan nyaman hingga sampai ke tempat tujuan.

  • Membawa Barang Seperlunya

Berbeda halnya dengan pesawat yang selalu menyiapkan kabin untuk penumpang yang membawa banyak barang, barang bawaan pada kereta harus diangkut sendiri. Koper atau tas berukuran besar tentu akan menyusahkan dalam perjalanan ketika naik turun kereta.

Kamu bisa membawa tas berukuran sedang supaya tidak begitu merepotkan. Bahkan bisa menggunakan tas carrier yang akan mengangkut barang bawaan supaya semakin ringkas dan dapat digendong.

Perlu diketahui, penyimpanan di kereta memang terbatas karena maksimal hanya 20 kilogram. Terlalu membawa banyak barang akan membuat tempat dudukmu terasa semakin sempit dan tentunya tidak aman. Barang yang dibawa harus dikemas secara rapi agar tidak berceceran.

  • Membawa Bekal Makanan

Perjalanan dengan naik kereta api ke Bromo turun di stasiun apa sudah terjawab. Perjalanan membutuhkan waktu selama beberapa jam. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan betapa pentingnya membawa bekal saat perjalanan.

Meskipun nantinya kamu akan menjumpai banyak penjual makanan mulai dari makanan ringan hingga berat, membawa bekal sendiri tentu akan jauh lebih praktis. Pastinya juga lebih hemat karena harga makanan yang ditawarkan di kereta biasanya sangat mahal.

  • Sampai di Stasiun Lebih Awal

Agar perjalanan yang dilakukan lebih aman, kamu harus sampai di stasiun tujuan lebih awal. Paling tidak sekitar 1 jam sebelum kereta mulai diberangkatkan. Jika datang lebih awal, kamu memiliki banyak waktu untuk mengecek ulang barang yang dibawa.

Begitu pula ketika pemesanan tiket melalui online, kamu harus mencetak tiket lebih dulu ketika tiba di stasiun. Meskipun proses cetak tiket sangat mudah dan simpel, tetapi hal ini tetap memakan waktu. Jadi, memang harus datang lebih awal agar nantinya tidak menjadi terburu-buru.

  • Selalu Berhati-hati

Tips yang satu ini penting untuk kamu yang pergi sendirian dan belum berpengalaman sama sekali. Selama perjalanan tentunya kamu akan berjumpa dengan banyak penumpang yang belum dikenal sebelumnya. Maka dari itu, jangan mudah percaya dengan orang yang baru dikenal meskipun teman seperjalanan.

Hal ini sangat penting demi menjaga kenyamanan sekaligus keselamatan selama perjalanan. Usahakan agar tidak sampai tertidur supaya barang bawaan kamu juga aman. Jika misalnya ada sesuatu yang bikin tidak nyaman, kamu bisa meminta bantuan kepada petugas.

Sekarang pertanyaan tentang naik kereta ke Bromo turun di stasiun apa sudah terjawab. Stasiun yang dimaksud adalah Pasar Turi yang lokasinya berada di tengah kota Surabaya. Perjalanan ini butuh waktu sekitar 3 sampai 4 jam lamanya dan dilanjutkan dengan menyewa Jeep.

Bagi kamu yang ingin berwisata ke Bromo maka sebaiknya gunakan jasa sewa jeep Bromo dari Nahwatour. Layanan yang ditawarkan dijamin akan memudahkan perjalananmu, karena kamu akan dijemput dan diantarkan langsung menuju pintu masuk Bromo. Jika tertarik, bisa langsung hubungi melalui https://nahwatour.com/.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.