Menikmati  Pesona Si Kembar  Coban Watu Ondo

Hallo para  traveler,kota malang merupakan salah satu kota dengan objek daya tarik wisata terbanyak yang ada di indonesia dimulai dari sarana edukasi,objek alam,kebun dan bahkan air terjun.kali ini mimin ajak kalian untuk mengenal  salah satu objek wisata Air terjun yang unik banget yang ada di jawa timur,penasaran apa itu , yah yaitu Coban Watu Ondo .ada yang tau ngga apa itu Coban Watu Ondo?nah untuk yang belum tau tentang Coban Watu Ondo ini dan mari mimin perkenalkan kepada kalian apa sih itu Coban Watu Ondo  dan mengapa sih dikatakan Coban Watu Ondo dan apa saja keunikan yang terdapat di sana.

Coban Watu Ondo

Coban Watu Ondo
Coban Watu Ondo

Coban Watu Ondo merupakan salah satu Destinasi  wisata air terjun yang terkenal di Malang,lebih tepatnya  berada di Dusun Sendi ,Desa Pacet , Kecamatan Pacet ,Kabupaten Mojokerto , Provinsi Jawa Timur.Coban Watu Ondo atau dikenal juga dengan nama Coban Kembar terletak di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo di bawah lereng Gunung Welirang, berbatasan dengan Mojokerto dan kota Batu.

Selama  perjalanan turun menuju ke  hulu air terjun Coban Watu Ondo ini, sudah batu yang berbentuk tangga, sehingga diberi julukan  nama Watu Ondo. Disebut juga Coban Kembar, karena ada dua air terjun yang menghadap ke lokasi ini namun dengan ketinggian yang berbeda. Ketinggian air di sebelah kanan mencapai 15 m dengan ciri air terjun berundak dengan kemiringan sekitar 75 derajat, dan muka air sebelah kiri mencapai ketinggian ± 69m dengan ciri air terjun yang jatuh dengan cepat. Kedua air terjun ini berasal dari mata air yang berbeda. Dan sungai-sungai itu bertemu di sebuah danau kecil yang sangat dangkal.

Di sisi kiri air terjun, tepat di bawah air terjun, terdapat kolam yang bisa Anda gunakan untuk bermain air atau mandi. Di antara kedua air terjun tersebut terdapat dua buah goa yang oleh penduduknya disebut goa Jepang, yang konon pernah digunakan sebagai tempat menyimpan makanan dan menyembunyikan tentara Jepang pada masa Perang Kemerdekaan. Sayang, kedua gua ini tertutup ilalang yang lebat.Bahkan, di bawah Sekolah Coban Kembar, ada objek menarik lainnya yang disebut Coban Teyeng diartikan dari bahasa jawa yang artinya berkarat. Coban konon memiliki anak tangga, dan yang lebih heboh lagi, airnya berubah warna menjadi kuning seperti air berkarat. tetapi, akses jalur menuju ke sana belum bisa dijangkau melalui jalur daratan. Cara menuju ke sana hanya bisa dilakukan dengan menyisir sungai.

 

Rute Menuju Coban Watu Ondo

Papan nama Coban Watu Ondo
Papan nama Coban Watu Ondo

Nah untuk rutenya sendiri jarak yang ditempuh kurang lebih 8 km dari  kota kabupaten Pacet atau bisa juga 3 km ke arah barat dari pintu loket Pemandian Air Panas Cangar. Keberadaan objek wisata ini berada di samping jalan yang sangat menjorok di dekat perbatasan antara Malang dan Mojokerto. Sekitar 200 meter dari jalan raya Pacet-Mojokerto. Kondisi jalan menuju ke sana adalah sangat mulus, bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat, namun medannya menanjak dan berkelok-kelok.

Ada dua cara untuk mencapai air terjun ini: Maran (Batu) dan Mojokerto (Paket). Saat Anda akan melewati kawasan Mojokerto dari Pacet,lalu kendaraan anda akan diarahkan ke daerah  Batu dan dilanjutkan dengan berjalan kaki  hingga Anda menemukan papan nama Air Terjun Watu Ondo di bagian  sisi kiri jalan. Kondisi jalan yang melalui jalur ini akan terus menanjak hingga mencapai pintu masuk.

Di sisi lain, jika Anda datang dari Malang, pergilah dari kota wisata Batu ke desa Selecta atau Bumiaji. Tiba di pertigaan Selecta dan terus lurus menuju Cangar masuk ke kawasan Tahura. Setelah kawasan ini, kondisi jalan terus menurun tajam. Lanjutkan di jalan ini sampai Anda menemukan dua Jembatan Kembar. Tidak jauh dari jembatan ini di sisi kanan jalan ada papan nama dengan nama air terjun.

Dari Obyek Wisata Air Panas Cangar, kendaraan akan berbelok ke barat hingga mencapai perbatasan antara kabupaten Malang dan Mojokerto. Di Kabupaten Malang dan Mojokerto, ada dua jembatan baja di atas dua lembah sungai. Sungai-sungai di bawah kedua jembatan ini kemudian menjadi aliran sungai dan akhirnya menjadi Coban Kembar. Jembatan ini berada di tikungan tajam di jalan dan menuruni bukit. Selain itu, ada papan nama sekitar 500 m dari sana, dan ada pintu masuk ke tempat lokasi tersebut berada.

Selanjutnya, jika Anda berjalan kaki sekitar 200m menuruni bukit sekitar 45 derajat dari tempat parkir, perjalanan akan dilanjutkan. Polisi telah menempatkan jalan ini dari gunung batu yang menyerupai tangga, sehingga memudahkan pengunjung untuk mencapai Coban Watu Ondo. Tidak hanya itu, bangku-bangku kayu juga tersedia bagi pengunjung yang lelah menaiki tangga dalam perjalanan menuruni tangga dan ingin menikmati pemandangan Coban dari tempat yang lebih tinggi.

 

Aktivitas di Coban Watu Ondo

1.Menikmati Sensasi Bermain Air

Wisatawan bermain air di Coban Watu Ondo
Wisatawan bermain air di Coban Watu Ondo

setelah Anda telah sampai di Coban Watu Ondo dan  lelah menyusuri lokasi air terjun Coban Watu Ondo ini,rasanya belum lengkap jika tidak mandi atau bermain air di coban tersebut apalagi badan yang berkeringat.maka dari itulah perlunya mandi dan rasakan sensasi air dingin dari Coban Watu Ondo ini. jika ingin mandi atau bermain air,cocoknya pilih air terjun sebelah kiri karena airnya lebih deras dan cocok bermain air.

2.Hunting Foto yang Instagramable Banget

Spot foto yang insatagramable banget
Spot foto yang insatagramable banget

Nah untuk aktivitas yang satu ini tidak asing lagi bagi kalian.apalagi yang hobinya  memotret atau video.apalagi  yang ingin sekali mengupload foto atau video ke akun medsos pribadi masing-masing.di Coban Watu Ondo memiliki tempat yang cocok untuk berfoto salah satunya seperti  Ranting atau akar pohon yang dibentuk menyerupai hati dan inilah salah satu alasan wisatawan datang Coban Watu Ondo ini.

 

Fasilitas di Coban Watu Ondo

Jika pergi ke suatu destinasi wisata,pasti kalian akan mencari fasilitasnya bukan?,kali ini mimin akan memberikan infomasi tentang fasilitas yang ada di Coban Watu Ondo ini diantaranya :

  • Mushola
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Spot Foto
  • Area Parkir

 

Harga Tiket dan Jam Operasional Coban Watu Ondo

Nah untuk harga tiket masuknya sendiri di Coban Watu Ondo ini tidak membuat isi dompet  Anda terkuras,dengan hanya bermodalkan Rp.2.500 per orang dan Rp.8.000 paket dengan parkiran,Anda bisa memiliki fasilitas umum yang ada di coban tersebut dan  untuk jam operasional juga  buka dari jam 08.00 sampai 16.00 dari  hari  senin sampai hari minggu.

 

Akomodasi terdekat di Coban Watu Ondo

Inilah beberapa list akomodasi atau penginapan terdekat di Coban Watu Ondo diantaranya :

1.Villa Larasati Trawas

2. Arca Cottages

3. PPLH Seloliman Bungalows

4. Villa Kangen Omah

5. Homestay Nala

6. Mojokerto Classic Homestay

7. OYO 3229 Ijen Homestay

8. OYO 1239 Mojokerto Classic Homestay

 

Tips  saat berkunjung ke Coban Watu Ondo

1.Hindari berkunjung saat puncak musim hujan. Hal ini disebabkan tingginya arus dan debit air.

2.Selain itu, saat musim hujan, jalan dari tempat parkir menuju tempat wisata Coban Watu Ondo licin.

3.Gunakan sepatu yang sesuai untuk mencegah tergelincir.

4.Bawalah baju ganti karena cipratan air bisa membasahi baju Anda.

5.Selalu menjaga aspek kenyamanan dan keamanan selama perjalanan dan selama berada di lokasi Coban Watu Ondo.

6.Ikuti protokol kesehatan dan keselamatan yang ditetapkan oleh pemerintah dan manajemen.

7.Jangan merusak lingkungan sekitar atau membuang sampah sembarangan.

 

 

Itulah ulasan tentang Coban Watu Ondo  yang sangat indah,asri,dan masih terjaga sampai saat ini. Yuk guys tunggu apalagi, mari berlibur ke Coban Watu  Ondo ini. Nah misalnya ada dari kalian yang ribet untuk liburan di Malang, saya sarankan anda harus mencari salah satu travel terpercaya di Malang untuk mempermudah perjalanan anda. Dan untuk saat ini saya merekomendasikan anda salah satu travel di Malang yang terpercaya yaitu Nahwa Travel. Di travel ini anda akan dilayani dengan baik,semua kendala liburan anda,akan di handle dengan baik di travel ini dan tetap menerapkan  protokol kesehatan,memakai masker dan menjaga jarak  agar memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 ini.

Selamat Berlibur guys

 

Informasi lebih lengkap silahkan hubungi :

Nomor Whatsapp                                  : 081222431414

Instagram                                                : Nahwa Tour

Website                                                    : nahwatour.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.