Keunikan Coban Banyu Anjlok Memiliki Dua Destinasi Wisata

Hallo para  traveler,kota malang merupakan salah satu kota dengan objek daya tarik wisata terbanyak yang ada di indonesia dimulai dari sarana edukasi,objek alam,kebun dan bahkan air terjun.kali ini mimin ajak kalian untuk mengenal  salah satu objek wisata Air terjun yang unik banget yang ada di jawa timur,penasaran apa itu , yah yaitu Coban Banyu Anjlok  .ada yang tau ngga apa itu Coban Banyu Anjlok? nah untuk yang belum tau tentang Coban Banyu Anjlok  ini dan mari mimin perkenalkan kepada kalian apa sih itu Coban Banyu Anjlok dan apa saja keunikan yang terdapat di sana.

Coban Banyu Anjlok

Coban Banyu Anjlok
Coban Banyu Anjlok

Coban Banyu Anjlok merupakan destinasi wisata Air Terjun sekaligus objek wisata pantai yang terletak di malang,tepatnya di desa Purwodadi,Kecamatan Tirtoyudo,Kabupaten Malang, Jawa Timur.mengapa dikatakan Coban Banyu anjlok dikarenakan diambil dari bahasa jawa  yang artinya “Air jatuh” dan sama halnya di destinasi wisata Gunung Kidul yang memiliki arti yang hampir mirip yaitu “Air sedang jatuh”.

Dengan air sungai yang membentuk curug tersebut mengalir langsung dari atas tebing dan langsung menuju ke pantai.nah nama dari pantainya sendiri bernama Pantai Banyu Anjlok .Jika Anda ingin mengunjungi Coban Banyu Anjlok ini , bisa dibilang Anda akan mengunjungi dua destinasi wisata alam sekaligus , yaitu air terjun dan pantai.Coban Banyu Anjlok ini juga satu-satunya destinasi wisata air terjun yang dekat sekali dengan bibir pantai.

Banyak para wisatawan dari luar kota berbondong – bondong datang kesini dengan menikmati keindahan Coban Banyu Anjlok ini dan merasakan sensasi segarnya air coban tersebut dengan air yang terjun langsung dari batu besar.bukan hanya itu dibawah air terjun tersebut memiliki gua kecil dan bisa akses ke dalam,tetapi jika Anda ingin masuk ke gua tersebut,anda harus melewati air terjunnya yang lumayan deras.

 

Rute Coban Banyu Anjlok

Untuk menuju rute  Coban Banyu Anjlok Malang bisa dimulai dari Pusat Kota Malang hingga kawasan Kepanjen. Kemudian putar kendaraan menuju kawasan Dampit. Selanjutnya menuju Lumajang.

Sesampainya di Tirtoyudo,disitu ada pertigaan dan Anda hanya mengikuti  arah kanan menuju Pantai Sipelot dan Pantai Pujiharjo. Kemudian ikuti jalan tersebut sampai bertemu pertigaan. Di sini, di pertigaan ini, ada papan petunjuk menuju pantai Lenggoksono dan Wediawu.

Arahkan kendaraan  Anda menuju pantai Lenggoksono hingga sampai di loket pembayaran. Nah, selanjutnya wisatawan akan disuguhi beberapa alternatif terjun dari pantai Banyu. Jika memilih berjalan kaki, wisatawan akan diberikan peta Coban  Banyu dan jangan sampai Anda tersesat.

Jarak yang ditempuh dari loket tiket ke lokasi tersebut kurang lebih satu jam.  jika Anda mempunyai hobi petualang,solusinya bisa dengan berjalan kaki.Namun, jika Anda kesulitan berjalan selama satu jam, Anda bisa naik ojek tanpa masalah. Petugas memanggil layanan ojek setempat untuk mengantar Anda dan tarif harga ojek disitu juga berbeda beda.

Nah, pilihan terakhir bagi wisatawan yang  berkendara. Disarankan untuk menggunakan perahu nelayan. Sedangkan mobil diparkir di pantai Lenggoksono. Akses dengan mobil sangat sulit karena akses jalan yang sempit. metode ini biasanya yang paling umum. Karena ramai, selain harga sewa perahu yang terbilang murah,Anda  juga bisa merasakan sensasi tersebut dengan berperahu melintasi Pantai Lenggoksono.

 

Aktivitas yang dilakukan di Coban Banyu Anjlok

1.Air terjun yang sangat indah

Wisatawan yang sedang snorkeling di Pantai Banyu Anjlok
Wisatawan yang sedang snorkeling di Pantai Banyu Anjlok

karena memiliki keunikan tersendiri dari Coban coban yang lain,para wisatawan lokal maupun di luar ,berbondong-bondong pergi ke daerah ini dengan menikmati objek wisata  yang ada,salah satunya adalah air terjunnya sendiri.dengan menikmati sensasi segarnya air terjun tersebut apalagi Anda duduk dibawah air terjun tersebut seakan anda tidak akan mau pulang dan akan betah disana. Dan jangan lupa membawa baju ganti yah jika berkunjung ke tempat ini.

2.Spot foto yang menarik

Wisatawan yang sedang syuting di Coban Banyu Anjlok
Wisatawan yang sedang syuting di Coban Banyu Anjlok

Tidak lengkap rasanya jika kita pergi ke suatu destinasi wisata yang keren,tidak mengabadikan momen,bener bukan?,Nah untuk kalian yang hobi foto,cocok banget nih buat kalian.karena Air terjun yang indah bisa menjadi background di foto anda dan jangan lupa juga mengupload di sosial media pribadi Anda, agar destinasi wisata Coban Banyu Anjlok makin diminati banyak wisatawan.

3.Menikmati biota laut Coban Banyu Anjlok

Wisatawan yang sedang snorkeling di Pantai Banyu Anjlok
Wisatawan yang sedang snorkeling di Pantai Banyu Anjlok

Bukan hanya air terjun dan pantai  yang kalian bisa nikmati di Coban Banyu Anjlok ini,tetapi wisata biota lautnya juga bisa Anda eksplor dengan ikan -ikan dan terumbu karang yang masih terjaga sampai sekarang.untuk bisa mengeksplor itu Anda harus membutuhkan alat bantu  dan transportasi laut seperti alat snorkeling,pelampung,dan kapal.jika Anda lupa membawa peralatan snorkeling Anda,jangan khawatir karena banyak warga setempat yang menyewakan alat snorkeling di sana.untuk harga sewa perahunya kisaran Rp.400.000 untuk 8 orang penumpang dan harga dari alat snorkeling-nya bisa sampai Rp.35.000.

 

Harga tiket masuk dan jam operasional

Nah untuk harga tiket dari Coban  banyu Anjlok tidak membuat dompet Anda menangis hehe, dengan hanya membutuhkan Rp.10.000 per orang,Anda bisa bebas menikmati seluruh fasilitas yang ada di Coban Banyu Anjlok ini,kecuali fasilitas tambahan seperti perahu dan alat snorkeling.

Untuk jam operasional dimulai dari 05.00 sampai 18.00 setiap harinya.jika Anda datang ke Coban ini sore menjelang malam,Anda akan mendapatkan doorprize dengan menikmati  keindahan panorama sunset yang sangat indah.

 

Fasilitas di Coban Banyu Anjlok

Untuk fasilitas dari Coban Banyu Anjlok ini cukup memadai yang bisa Anda temui  di sana diantaranya :

  • Warung warung makan
  • Toilet
  • Spot foto yang instagramable
  • Camping Area

 

Tips saat berkunjung ke Coban Banyu Anjlok

1.Datanglah di pagi hari jika Anda tidak berencana untuk menginap di pantai Malang ini.

2.Kunjungi Pantai Banyu Anjlok pada sore hari dan rencanakan kegiatan camping seru untuk liburan yang lebih menyenangkan.

3.Bila Anda membawa uang ekstra, kunjungi lokasi pantai ini dengan perahu. Jika Anda memutuskan untuk berjalan kaki, jarak yang ditempuh cukup jauh dan memakan waktu.

4.Carilah spot foto keren, bawa uang tambahan untuk berjaga -jaga ,baju ganti, P3K, dan tentunya kamera.

5.Menjaga kebersihan, keindahan dan kelestarian dengan tidak membuang sampah sembarangan tempat wisata.

6.Ikuti aturan dan selalu berhati-hati saat bepergian ke pantai atau ke Air terjun.

 

Itulah ulasan tentang Coban Banyu Anjlok   yang sangat indah,asri,dan masih terjaga sampai saat ini. Yuk guys tunggu apalagi, mari berlibur ke Coban Banyu Anjlok ini. Nah misalnya ada dari kalian yang ribet untuk liburan di Malang, saya sarankan anda harus mencari salah satu travel terpercaya di Malang untuk mempermudah perjalanan anda. Dan untuk saat ini saya merekomendasikan anda salah satu travel di Malang yang terpercaya yaitu Nahwa Travel. Di travel ini anda akan dilayani dengan baik,semua kendala liburan anda,akan di handle dengan baik di travel ini dan tetap menerapkan  protokol kesehatan,memakai masker dan menjaga jarak  agar memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 ini.

Selamat Berlibur guys

   Informasi lebih lengkap silahkan hubungi :

Nomor Whatsapp                                                          : 081222431414

Instagram                                                                        : Nahwa Tour

Website                                                                            : nahwatour.com

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.