Kelestarian Coban Sewu Yang Masih Terjaga

hallo guys apa kabar nih semuanya,ketemu lagi nih sama mimin,,oh iya guys pada kesempatan kali ini mimin mau sedikit memberikan informasi untuk kalian jikalau kalian ingin berlibur ke tempat wisata air terjun terkhususnya untuk kalian yang sedang berada di daerah jawa timur. yups betul sekali,informasi yang mimin mau kasih ke kalian yakni mengenai air terjun sewu atau coban sewu.

coban sewu jawa timur
coban sewu jawa timur

Coban Sewu merupakan salah satu tempat wisata air terjun  terindah yang berada  di Provinsi Jawa Timur. air terjun ini Terletak di dua kabupaten loh guys, yaitu di kabupaten  Lumajang dan kabupaten Malang. Air terjun ini konon katanya  memiliki pemandangan alam yang sangat indah  dan tentunya diminati oleh para wisatawan yang datang.

nah guys yang membuat air terjun ini menarik adalah kemiripannya dengan Air Terjun Niagara yang ada di Amerika. Banyak wisatawan yang menganggap air terjun ini mirip dengan Air Terjun Niagara karena bentuknya  berjenjang atau berlapis guys,unik banget yah hehe.

coban sewu jatim
coban sewu jatim

nah guys nih mimin kasih informasi yang lebih lengkapnya lagi untuk kalian mengenai daya tarik air terjunnya, harga tiket, alamat dan juga rute menuju lokasinya.

coban atau air terjun sewu ini ternyata baru di kenal oleh masyarakat sekitar 8 sampai 10 tahun yang lalu loh guys, terbilang cukup baru sih untuk sebuah tempat wisata alam tetapi walau demikian banyak hal menarik yang ditawarkan oleh cagar alam ini, yuk disimak

1. Pemandangan yang asri

Air terjun sewu ini memiliki ketinggian yang mencapai 120 meter yang dimana hal ini menjadikan air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat indah,apalagi jika kalian melihatnya dari ketinggian,dan juga air terjun ini masih di kelilingi hutan hijau yang sangat indah sehingga menambah keindahan Air terjunya

2. Suasana Tenang dan Sejuk

Berbeda dengan tempat wisata lainnya, air terjun Tumpak Sewu masih tergolong sepi. Alhasil, jika kalian datang dalam waktu sepi, kalian akan menikmati suasana yang damai dan sejuk.

Hal ini tentu sangat tepat jika kalian memang ingin datang ke suatu tempat dimana mereka bisa beristirahat dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Tempat ini cocok karena udaranya yang sejuk, bersih dan pemandangannya yang begitu indah.

3. Dikelilingi Tebing yang eksotis

Layaknya air terjun, objek wisata alam ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang terlihat menakjubkan. Tebingnya sangat tinggi dan sekitarnya dikelilingi oleh pepohonan dan hutan hijau. Suasananya sangat bagus dan segar untuk dilihat.

Tebing-tebing ini juga memberikan peluang besar bagi pecinta fotografi untuk mengambil gambar yang bagus. Banyak orang datang ke tempat wisata ini untuk tujuan hunting foto, terutama yang bertema alam.

4. Sama seperti Air Terjun Niagara

Seperti disebutkan diatas, suasana dan bentuk air terjun Tumpak Sewu mirip dengan Air Terjun Niagara atau Niagara Falls di Amerika Serikat. Keduanya merupakan air terjun yang berjenjang atau terlihat seperti berlapis-lapis.

Air Terjun Niagara lebih tinggi dari Tumpak Sewu. Namun pada awalnya pemasarannya sama dan ini banyak disadari oleh wisatawan. Jadi daripada pergi ke Amerika ke AS hanya untuk melihat air terjun, Tumpak Sewu sudah lebih dari cukup.

5. Memiliki Banyak Sumber Air

Jika biasanya air terjun hanya berasal dari satu sumber air, maka Coban Sewu berbeda. Air terjun ini memiliki banyak sumber air sehingga lebih dari satu tumpahan air yang jatuh dan membuat pemandangan yang luar biasa.

Maka dari nama air terjun ini muncul kata “sewu” yang artinya “sewu”. Banyaknya cipratan air dari atas tampak seperti ribuan sumber air di belakang air terjun ini, meski ini jelas hanya kiasan.

6. Ada di dua Kabupaten bersama-sama

Salah satu yang paling unik dari air terjun ini adalah terletak di dua kabupaten: Malang dan Lumajang. Jadi, ketika kita berada di lokasi ini itu kita berada di dua kabupaten yang sama loh guys

Hal ini pula yang menjadikan tempat wisata ini cocok bagi anda yang sedang berwisata di sekitar Malang-Lumajang karena air terjun ini bisa dikunjungi ketika kita sedang berada di Malang atau Lumajang.

7. Banyak Spot Instagramable

Anak muda zaman sekarang tidak bisa hidup tanpa mengunggah foto atau informasi terbaru di Instagram atau media sosial lainnya. Jika Anda membutuhkan stok foto untuk diunggah ke Instagram, Tumpak Sewu bisa menyediakan spot foto yang diklaim Instagramable.

Salah satu tempat yang paling sering digunakan untuk foto adalah tangga batu. Tangga batu di bawah air terjun memiliki pemandangan yang indah dan memiliki Coban Sewu di latar belakang. Namun hati-hati jika ingin berfoto di sini, karena cukup landai dan licin.

nah guys sekarang mimin mau ngasih tau alamat dan rute menuju ke air terjun sewu.

Lokasi air terjun ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Kab. Lumajang Jawa Timur Untuk menuju ke sini mimin sarankan lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena tidak banyak angkutan umum yang bisa mengantar kalian ke lokasi.

Dari Kabupaten Lumajang, kalian tinggal menuju ke barat dan menuju ke lokasi tugu yang berbatasan dengan Kabupaten Malang. Di sekitar tugu akan ada petunjuk arah yang akan membawa kalian ke lokasi air terjun ini.

Harga untuk masuk ke lokasi wisata air terjun ini cukup murah loh guys 4 yaitu sekitar Rp 10.000 per orang. Ditambah dengan biaya parkir yang juga murah, tempat ini dinilai cocok sebagai tempat wisata murah yang patut dipertimbangkan.

Keindahan Coban Sewu Jawa Timur
Keindahan Coban Sewu Jawa Timur

 

Aktivitas Menarik di Coban Sewu

Ada berbagai hal yang dapat kita lakukan ketika mengunjungi Coban Sewu. Tempatnya benar-benar asri dan jauh dari ributnya  suasana kota sehingga bisa menjadi tempat liburan yang nyaman dan dapat menikmati suasananya. Berikut beberapa daftar apa yang dapat dilakukan di sana.

1. Pariwisata

Salah satu hal yang paling mudah adalah melihat pemandangan. Jika kita sangat menyukai pemandangan alam, terutama pemandangan yang masih asri dan hijau, suasana di sekitar air terjun ini akan memanjakan kita.

Air terjun ini masih sangat asri dan alami. Tidak banyak “jejak” barang-barang buatan manusia yang bisa ditemukan. Suasananya sejuk, sejuk dan hijau karena air terjun ini masih dikelilingi hutan alam dan pepohonan.

2. Istirahat dan bersantai

Bagi yang ingin bersantai dan melepas lelah, air terjun Coban Sewu bisa menjadi tempat yang cocok. Suasananya cukup sejuk dan jelas udaranya sejuk dan bersih. Jika kalian hanya ingin beristirahat dan bersantai, ini adalah tempat yang pas  untuk melakukannya.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena bosan dan lelah setiap harinya kemudian memilih untuk datang ke tempat yang indah dan alami salah satunya di Tumpak Sewu tentunya.

3. spot foto yang keren

Banyak fotografer yang berburu foto background alam datang ke Tumpak Sewu. Tempat ini benar-benar indah dan pasti harus diambil dengan kamera. Tempat ini juga menarik minat anak muda untuk selfie di berbagai sudut Tumpak Sewu.

Jika ingin selfie atau berfoto, pastikan melakukannya dengan hati-hati karena meskipun indah, tempat ini masih berupa air terjun alami, beberapa area licin dan berlumut. Bukan karena asyik berfoto, kalian jangan mengabaikan keselamatan.

4. Meditasi

Jika datang pada hari biasa (bukan sekitar bulan turis, seperti pertengahan tahun dan akhir tahun), maka akan menciptakan suasana tenang di sekitar air terjun ini. Yang terdengar hanyalah suara percikan air dan kicau burung.

Hal ini membuat suasana di Coban Sewu cocok untuk meditasi. Jika seseorang membutuhkan tempat untuk bermeditasi di tengah alam dengan udara yang segar, bersih dan pemandangan yang indah, air terjun ini adalah tempat yang tepat.

5. Arung Jeram

Sungai di bawah air terjun ini memiliki aliran yang landai namun masih cukup menantang. Akibatnya, arung jeram menjadi populer di sini. Banyak wisatawan yang tertarik untuk menyusuri sungai dan melakukan arung jeram.

Pengelola wisata menyediakan fasilitas untuk arung jeram dan kami dapat berkoordinasi dengannya jika ingin mencoba aktivitas yang satu ini. Arung jeram cukup menantang dan bisa memompa adrenalin.

6. Menginap di Homestay

Jika sudah larut malam atau hari sudah mulai gelap tetapi Anda tidak ingin beranjak, lebih baik menginap di homestay yang terletak tepat di sekitar air terjun. Homestay di lokasi wisata ini dikelola langsung oleh warga sekitar.

Alhasil, homestay bisa disewa dengan harga yang tidak terlalu ketat dan sangat cocok untuk backpacker atau orang-orang yang traveling dengan budget yang tidak terlalu besar.

7. Berkemah

Banyak orang yang menyenangi kegiatan di luar ruangan, salah satunya adalah berkemah. Camping atau berkemah bisa dilakukan di Coban Sewu. Pengelola tempat wisata mengizinkan dan menetapkan biaya sekitar Rp. 35.000 untuk wisatawan pembuat tenda.

Menginap di sini tentu menjadi hal yang unik dan menarik bagi banyak orang. Suasana malam hari di air terjun ini juga sejuk karena terkadang cahaya bulan terlihat jelas dan suara gemericik air dari air terjun ini masih terdengar hingga malam hari.

Fasilitas yang Tersedia di Coban Sewu

Fasilitas yang disediakan pengelola wisata di Coban Sewu cukup luas. Ada toilet, toko souvenir dan tempat ibadah yang disediakan di sini. Pengelola juga telah menyediakan tempat parkir yang cukup luas, cocok untuk parkir kendaraan roda dua atau empat.

Untuk parkir motor, wisatawan biasanya dikenakan biaya Rp. 2.000 sebagai biaya parkir. Sedangkan untuk roda empat atau mobil, biaya parkirnya sekitar Rp. 5.000. Harganya cukup murah karena diparkir di lokasi wisata.

Alat yang belum ada adalah yang berhubungan dengan kuliner. Tidak ada food court atau penjual makanan di tempat wisata, jadi disarankan untuk membawa bekal sendiri saat berkunjung ke tempat ini.

 

Oh ya, jika ingin berlibur tapi tidak mau ribet, mimin sarankan menggunakan jasa travel khususnya di kota Malang. Tujuannya agar kalian tidak harus ribet lagi. kalian hanya tinggal menikmati perjalanan kalian saja guys.

Mimin punya kenalan travel yang sudah terbukti kualitasnya, mau tahu? Nah mimin informasikan, jadi travel yang mimin maksud adalah travel nahwa tour, atau kalian bisa  langsung cek di website Nahwatour.com

Mereka adalah teman perjalanan yang sempurna untuk kalian ketika kalian ingin pergi berlibur dan tidak ingin ribet. Selain menawarkan paket wisata, mereka juga menawarkan antar jemput bandara. Kalau mau datang langsung ke kantor juga bisa cari alamatnya di Jalan Angklung no 5, atau bisa cek di google guys, Nahwa Tour and Travel. mimin merekomendasikan ini karena mereka memiliki banyak pengalaman dalam membawa wisatawan yang sedang berkunjung ke ke Jawa Timur.

mungkin itu saja yang bisa mimin berikan ke kalian yang sedang ingin berlibur ke malang,semoga bermanfaat yah guys see you next time guys babaaaay

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.