Jarak Parkiran Jeep ke Kawah Bromo – Salah satu spot wisata yang ramai dikunjungi di kawasan Gunung Bromo adalah Kawah Bromo. Lokasinya di dasar Gunung Bromo, dengan bentuk kerucut bara. Untuk melihat keindahannya hanya dari bibir kawah, lalu kamu harus berjalan dengan jarak parkiran Jeep ke Kawah Bromo yang cukup jauh.

Jarak Parkiran Jeep ke Kawah Bromo

Kawah ini memiliki cerita sendiri, yang membuat takjub. Tak salah jika menjadi ikonik dan selalu dikunjungi oleh wisatawan ketika musim liburan tiba. Apa saja fakta unik Kawah Bromo tersebut?

5 Fakta Unik Kawah Bromo

Ada sejumlah fakta unik, yang wajib kamu tahu soal Kawah Bromo. Jadi ketika memutuskan untuk traveling kesana memanfaatkan tour and travel berpengalaman, lengkap dengan mobil Jeep tersohor itu bisa langsung melihat keunikannya dari dekat.

  • Ukuran Kawah sangat Luas

Ukuran dari kawah ini disebut sangat luas, dengan diameter Utara ke Selatan seluas 800 km dan diameter Timur ke Barat seluas 600 km. Jika dilihat dari kejauhan, sangat indah membentuk lubang besar yang menganga dan masih mengeluarkan asap tebal.

  • Ada Kawasan Bahaya

Meskipun menjadi objek wisata tersohor di Jawa Timur, pengunjung juga harus hati-hati karena terdapat spot berbahaya yang tidak boleh didekati. Yaitu kawasan lingkaran di bagian pusat kawah dengan jari-jari 4 km.

Pada saat tertentu bisa saja pusat kawah menyemburkan abu vulkanik dan material lainnya, yang bisa membahayakan siapa saja. Alhasil, pengelola objek wisata mewanti-wanti wisatawan untuk menghindari berada di dekat kawah utama tersebut.

  • Upacara Adat Lempar Hasil Bumi

Suku Tengger merupakan suku asli yang berada di kawasan Bromo, mereka memiliki sejumlah upacara adat yang melibatkan aktivitas di sekitar Gunung Bromo termasuk kawahnya.

Salah satu yang fenomenal adalah upacara Yadnya Kasada, dilakukan pada waktu tengah malam setiap tanggal 14 atau bisa juga 15 di bukan Kasodo sesuai dengan kalender Jawa.

Pada upacara ini, masyarakat setempat akan memberikan persembahan dari hasil bumi yang mereka peroleh sebagai salah satu bentuk rasa syukur mereka kepada tuhan. Caranya dengan melemparkan hasil bumi tersebut ke bagian dalam kawah.

Prosesi ini memiliki daya tarik sendiri, sehingga wisatawan rela bermalam dengan berkemah di area wisata untuk melihat langsung upacara tersebut.

  • Ratusan Anak Tangga Menuju Spot Kawah Bromo

Untuk mencapai bibir kawah, kamu harus naik 250 anak tangga yang sudah dibuat oleh pengelola. Ditambah jarak parkiran Jeep ke Kawah Bromo yang mencapai 2 km, sehingga sangat butuh energi maksimal jika mau melihat langsung suasana kawah dari dekat.

  • Masih Aktif dengan Asap Putih Fenomenal

Status Gunung Bromo sampai saat ini masih aktif, terlihat dari kawahnya yang masih konsisten mengeluarkan asap dan sesekali “batuk”. Oleh karena itulah, untuk melihat kawah hanya bisa dari bibir nya saja tanpa bisa mendekat sampai ke posisi kawah utama.

Gunung ini terakhir meletus di tahun 2016 silam, memiliki durasi letusan stabil setiap 30 tahun selama kurang lebih 20 abad.

  • Pakai Jeep atau Kuda

Untuk bisa mencapai anak tangga menuju kawah, kamu bisa memilih transportasi yang disediakan penyedia paket wisata. Salah satunya mobil Jeep yang sudah menjadi kendaraan ikonik juga di tempat wisata Gunung Bromo dan sekitarnya.

Harga sewa akan sangat tergantung dengan titik penjemputan yang kamu pilih, semakin dekat dari pintu utama objek wisata maka harga sewanya juga akan semakin murah.

Tapi memang untuk menggunakan Jeep hanya sampai di area parkir khusus Jeep yang sudah disediakan, kemudian kamu perlu berjalan kaki dengan jarak parkiran Jeep ke Kawah Bromo menuju kawah tersebut.

Baca juga : Sewa Jeep Bromo Murah dan Terbaik

Jika ingin merasakan sensasi naik kuda, juga disediakan penyewaan kuda sebagai alat transportasi menuju kawah dan spot wisata lainnya. harga sewanya juga variatif tergantung jarak dan lama sewa yang dingiinkan.

infografis sewa jeep bromo

Kapan Waktu Terbaik Melihat Kawah Bromo dengan Jeep?

Kalau kamu mau melihat kondisi kawah yang cerah dan menikmati semburan asap dari kejauhan, bisa memilih waktu datang pada musim kemarau. Sehingga tidak terkendala hujan selama perjalanan menuju lokasi, biasanya adalah antara bulan Juli sampai September setiap tahunnya.

Pada waktu terbaik tersebut, semua spot menarik yang ada di Gunung Bromo bisa dieksplorasi sepuasmu. Mulai dari puncak gunung melalui jalur yang sudah dibuat dan digunakan para pendaki, yaitu penanjakan 1 dan 2.

Kemudian ada spot padang pasir luas, bisa dijadikan area berkemah dan aktivitas lainnya sekaligus melihat dari dekat aktivitas Suku Tengger yang merupakan suku asli Bromo.

Ada juga juga spot bukit Teletubbies, berupa bukit berbentuk setengah lingkaran yang terlihat indah dengan berbagai keunikannya.

Pada musim kemarau itu juga suhu di kawasan ini tidak terlalu dingin, kecuali malam hingga dini hari yang biasanya mencapai suhu di bawah 10 derajat celcius.

Apakah ke Bromo Harus Naik Jeep

Mau Liburan pakai Jeep di Kawah Bromo, Lakukan Persiapan ini Dulu

Kalau mau liburan memuaskan menggunakan Jeep di area Kawah Bromo dan sekitarnya, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal. Mulai dari jadwal yang tepat hingga apa yang harus dibawa saat berada disana.

  • Carilah waktu liburan di hari biasa, yaitu Senin sampai Kamis, supaya tidak terlalu ramai. Jadi, kamu bisa melihat kawah sepuasnya tanpa harus antri pada tangga menuju kawah dengan pengunjung lainnya.
  • Kumpulkan juga informasi tentang cuaca terbaru di kawasan Bromo, lengkap dengan kondisi terbaru di tempat wisata ikonik Jawa Timur tersebut. Sebagai referensi sebelum menentukan waktu terbaik untuk berangkat
  • Pastikan mencari tour and travel terpercaya yang membantu mengatur jadwal perjalanan liburan kamu, supaya lebih efektif dan efisien. Termasuk menyediakan armada Jeep yang akan menjadi alat transportasi selama liburan.

Kamu akan mendapatkan fasilitas lengkap termasuk driver berpengalaman, jika memilih Jeep dari penyedia sewa terbaik.

  • Siapkan perlengkapan yang dibutuhkan selama liburan, mulai dari pakaian hingga perlengkapan pendukung kenyamanan berlibur di kawasan dingin tersebut. Misalnya jaket, kaos kaki, sarung tangan, topi tebal, hingga payung
  • Pastikan untuk liburan dalam kondisi sehat, supaya selama melakukan eksplorasi di kawasan wisata tersebut kamu tidak dibuat kelelahan.

Ada beberapa spot yang butuh daya tahan tubuh dan energi maksimal untuk mencapainya, jika tidak sehat bisa saja kamu tumbang sebelum mencapai lokasi tersebut.

  • Membawa kamera dan HP serta perlengkapan pendukungnya juga merupakan hal wajib, terutama jika kamu adalah pecinta fotografi. Akan banyak spot fotografi yang menjadi incaranmu, untuk menghasilkan hasil jepretan menarik dan memiliki nilai seni tinggi.
  • Bawa uang secukupnya di area lokasi dan saat liburan, supaya tidak over budget. Mulai dari mempersiapkan dana untuk sewa Jeep yang relatif murah, anggaran untuk makan selama liburan, penginapan, hingga oleh-oleh untuk orang tersayang.

Ternyata untuk bisa mengeksplorasi Kawah Bromo dibutuhkan stamina maksimal, apalagi jarak parkiran Jeep ke Kawah Bromo cukup jauh. Wisatawan harus mengandalkan kemampuan berjalan dan menaiki anak tangga jika ingin menikmati keindahannya. Sudah siap liburan kesana? Kontak Nahwa Tour sekarang!

3/5 - (2 votes)
Nur AsniNur Asni
04:45 04 Sep 23
Isna TaeniIsna Taeni
03:29 02 Sep 23
Cool
Ismi BaiqIsmi Baiq
12:59 03 Oct 22
We had a wonderful trip with Nahwa tour, Excellent management. good time we spent together my friends they enjoyed..sure i will recommend Nahwa tour to my friends will join again in future 🥰
Bayu GaraBayu Gara
12:49 03 Oct 22
It was very spectacular and so interested. Really² reccomended to you guys all that looking for something interesting but still keep your fill of pocket pants🤩
Alvina GiovanniAlvina Giovanni
10:31 03 Oct 22
Prompt and excellent service at all times which exceeded our expectations! Will definitely recommend to my family, friends and colleagues. A big thank you to Nahwa tour for being extremely helpful!
Niken PaxtonNiken Paxton
08:17 13 May 22
I used Nahwa Tour for 2 days (rental car & private trip Bromo Tour). Rental car Driver was polite, drive safely also communicative and helpful. Enjoyed the Bromo private trip and ended the trip with happiness. Overall the travel is very recommended and I will use the service again once I travel again to east Java, specially Malang. Thank you Nahwa tour for the best service!
js_loader

Pilihan Paket

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.