Dari Stasiun Malang ke Bromo Naik Apa? Ini 5 Alternatifnya!

Dari Stasiun Malang ke Bromo Naik Apa – Untuk sampai ke kawasan wisata Bromo, kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan kereta api dan turun di Stasiun Malang. Namun yang masih menjadi pertanyaan banyak orang adalah dari Stasiun Malang ke Bromo naik apa?

Inilah yang akan dibahas secara lengkap pada kesempatan kali ini. Pasalnya, ada banyak alternatif moda transportasi yang bisa kamu pilih untuk mencapai kawasan wisata gunung di Jawa Timur tersebut. Yuk, simak penjelasan dan informasinya sampai akhir.

Dari Stasiun Malang ke Bromo Naik Apa

Dari Stasiun Malang ke Bromo Naik Apa?

Stasiun Malang berada di Jalan Trunojoyo Kota Malang. Jaraknya kurang lebih 50 kilometer dari Gunung Bromo. Jarak sejauh itu tentu harus ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Ada beberapa opsi transportasi yang bisa kamu pilih untuk bisa sampai ke kawasan Bromo. Langsung saja, berikut ini akan dibahas lebih lengkap mengenai pilihan transportasinya.

1. DAMRI

DAMRI merupakan singkatan untuk Djawatan Angkutan Motor Indonesia. BUMN yang satu ini menyediakan transportasi berupa bus dan mobil feeder dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan PO swasta.

Salah satu rute terbaru dari DAMRI adalah Surabaya – Bromo, Malang – Bromo, dan Batu – Bromo. Rute terbaru ini benar-benar memudahkan para wisatawan yang ingin datang ke Bromo tanpa menggunakan kendaraan pribadi.

Titik penjemputan DAMRI jurusan Bromo dari Malang sendiri ada 2 titik, yaitu Bandara Abdurrahman Saleh dan Stasiun Malang Kotabaru (Stasiun Malang). Jadwal keberangkatannya sendiri ada 3 pilihan, yaitu pukul 07.00, 09.00, dan 11.00.

Tarif yang diberlakukan untuk rute Malang- Wonokitri – Tosari – Bromo ini cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar Rp 30.000. Tarif ini sangat murah mengingat DAMRI juga menggunakan mobil shuttle Toyota HiAce.

2. Angkutan Kota (Angkot)

Jika kamu sampai di Stasiun Malang lebih dari jam 11 siang, pilihan transportasi lain yang bisa digunakan untuk menuju Bromo adalah angkutan kota atau angkot. Namun perjalanan yang ditempuh lebih panjang karena harus ke Terminal Bayu Angga Probolinggo terlebih dahulu.

Rute lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Naik angkot dengan kode “AL” atau Arjosari – Landungsari dari Stasiun Malang menuju Terminal Arjosari Malang. Tarifnya kurang lebih Rp 3.000 – Rp 5.000 jika masih belum mengalami kenaikan. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit.
  2. Sesampainya di Terminal Arjosari, cari bus menuju Terminal Bayu Angga Probolinggo. Tarifnya kurang lebih Rp 10.000 – Rp 20.000 dengan waktu tempuh 2,5 jam.
  3. Kalau sudah sampai di Terminal Bayu Angga Probolinggo, kamu bisa mencari omprengan elf dengan tarif Rp 25.000 – Rp 30.000 sampai ke Cemoro Lawang. Omprengan ini biasanya hanya beroperasi sampai pukul 2 atau 3 siang.
  4. Dari Cemoro Lawang, kamu bisa menyewa Jeep untuk sampai ke kawasan Bromo dan berkeliling di sana.

3. Sewa Mobil

Kalau ingin lebih fleksibel dari segi waktu, sebenarnya kamu bisa memilih untuk sewa mobil. Ada banyak rental mobil di Malang yang bersedia mengantarkan unit mobil yang disewa hingga ke Stasiun Malang Kotabaru.

Harga sewanya sendiri bermacam-macam, tergantung dari jenis mobil yang dipilih, durasi penyewaan, dengan driver atau lepas kunci, dan lain sebagainya. Umumnya, harga sewa lepas kunci full day berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 1.000.000.

Harga sewanya tentu akan semakin mahal jika kamu memilih menyewa dengan driver. Kisaran harganya ada di angka Rp 650.000 hingga Rp 2.000.000 untuk sewa full day dengan driver dan BBM.

4. Sewa Sepeda Motor

Budget kamu terbatas dan ingin tetap fleksibel untuk ke Bromo dari Stasiun Malang? Pilihannya adalah dengan menyewa sepeda motor. Pilih jasa sewa motor yang bersedia mengantarkan unitnya ke Stasiun Malang tempat kamu turun dari kereta.

Umumnya, sewa motor dihitung harian, sama seperti sewa mobil. Namun harga yang ditawarkan tentu lebih murah. Bahkan kamu bisa mendapatkan harga di angka Rp 70.000 hingga Rp 100.000 untuk waktu penyewaan 24 jam.

Jika memilih sewa motor untuk menuju ke Bromo, sebaiknya cari jasa rental yang sudah menyediakan jas hujan sekaligus helm. Hal ini bertujuan agar kamu tidak perlu repot membawa perlengkapan tersebut sendiri.

5. Dijemput Penyedia Jasa Tour Bromo

Masih bingung dari Stasiun Malang ke Bromo naik apa? Kamu bisa memilih untuk menggunakan jasa tour dan travel agar tidak repot memikirkan transportasi.

Sekarang, jasa tour dan travel ke Bromo sudah menawarkan kemudahan melalui layanan penjemputan ke Stasiun Malang. Waktunya juga terbilang fleksibel karena kamu bisa janjian untuk menjemput sesuai dengan waktu kedatangan kereta.

Selain memudahkan kamu untuk memilih transportasi, jasa tour ke Bromo juga sudah menyediakan penginapan dan konsumsi untuk para pengguna jasanya. Ini jauh lebih praktis ketimbang harus menggunakan kendaraan umum maupun sewa.

Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat ke Bromo

Pilihan Jalur dari Stasiun Malang ke Bromo

Kalau kamu memilih untuk menyewa mobil maupun motor, sebaiknya pahami jalur yang harus ditempuh dari Stasiun Malang menuju Bromo.

1. Tumpang – Coban Trisula 

Pilihan jalur yang pertama ini adalah melewati wilayah Tumpang. Kemudian perjalanan dilanjutkan sampai ke pintu masuk wisata Air Terjun Coban Trisula. Lurus terus sampai ke pertigaan Jemplang.

Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan perjalanan melewati Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik, dan sampai ke Lautan Pasir Bromo.

Jika memilih jalur ini, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam dengan sepeda motor. Jika memilih untuk menggunakan mobil, waktu yang ditempuh kurang lebih 1 jam 45 menit hingga 2 jam.

2. Coban Trisula via Jalan Raya Cemorokandang

Untuk kamu yang memilih untuk mengendarai mobil, sebaiknya pilih jalur kedua ini. Jalan Raya Cemorokandang lebih lebar dibandingkan dengan jalur sebelumnya.

Setelah melewati Jalan Raya Cemorokandang, kamu bisa belok kanan menuju Jalan Raya Kebonsari. Sesampainya di Tugu Pahlawan Tumpang, belok kiri. Ikuti saja jalurnya sampai ke Coban Trisula. Lalu kamu bisa terus lanjut ke pertigaan Jemplang dan kawasan Bromo.

3. Cemoro Lawang via Tol Pandaan – Malang

Tidak ingin melewati jalur Coban Trisula dan Bukit Teletubbies? Tenang, kamu bisa memilih jalur Cemoro Lawang melalui jalan tol Pandaan – Malang. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke kawasan Bromo melalui jalur ini adalah 2 jam naik mobil.

Jika melewati jalur ini, kamu akan disuguhi pemandangan berupa perkebunan dan ladang warga yang menggunakan sistem terasering.

Karena harus melewati jalan tol, jalur ini tentu tidak bisa jika kamu tempuh dengan menggunakan sepeda motor.

Dari pada kamu bingung dari Stasiun Malang ke Bromo naik apa, sebaiknya kunjungi langsung https://nahwatour.com/. Jasa tour ke Bromo ini menyediakan opsi penjemputan ke Stasiun Malang.

Jadi, kamu hanya tinggal menunggu jemputan dan langsung menuju ke Bromo dengan kendaraan yang nyaman. Kamu bisa memilih berbagai paket wisata yang ditawarkannya. Ada berbagai pilihan paket wisata Bromo yang bisa disesuaikan dengan budget.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.