Dari Malang ke Bromo Lewat Mana? Ini Dia Pilihan Jalurnya

Dari Malang ke Bromo Lewat Mana – Sedang berada di Kota Malang dan ingin berwisata ke Bromo? Sebaiknya kamu simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahui jalur dari Malang ke Bromo lewat mana. Pasalnya, ada banyak pilihan jalur berbeda.

Akan ada pemandangan dan tantangan berbeda dari masing-masing jalur. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari detailnya agar bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi jalur tersebut.

Dari Malang ke Bromo Lewat Mana

Dari Malang ke Bromo Lewat Mana

Kalau dari Kota Malang menuju ke Bromo, setidaknya ada 3 jalur yang bisa kamu lewati, antara lain Tumpang, Cemorolawang, dan Penanjakan. Mari simak penjelasan lebih lengkap dari masing-masing jalur tersebut.

1. Jalur Tumpang

Pilihan jalur yang pertama ini terbilang paling dekat kalau ditempuh dari Malang. Sayangnya, jalur ini masih kurang populer di kalangan wisatawan. Pasalnya, jalanan di jalur ini tidak terlalu lebar.

Jalur yang sudah dekat dengan Bromo hanya bisa dilewati oleh satu mobil. Jika bersimpangan dengan mobil lain dari lawan arah, salah satunya harus mengalah dan berhenti terlebih dahulu. Oleh karena itu, jalur Malang – Bromo via Tumpang lebih disarankan untuk para pengguna sepeda motor.

Kamu juga tidak disarankan melewati jalur ini saat sore hari menuju malam. Jalur sepanjang Tumpang – Bromo sangat minim penerangan sehingga akan membahayakan pengguna jalan di malam hari. Selain gelap, jalur ini juga cukup terjal.

Meski terbilang berbahaya, kamu akan disuguhi pemandangan menarik di sepanjang jalanan ini. Selain banyak perkebunan apel, jalur ini juga melewati beberapa objek wisata berikut ini.

  • Desa Wisata Gubugklakah
  • River Tubing Ledok Amprong
  • Coban Kembar
  • Coban Ngembak
  • Coban Pelangi
  • Coban Bidadari
  • Coban Trisula
  • Coban Raksasa

Setelah melewati beberapa objek wisata tersebut, kamu akan sampai di Pos Jemplang. Dari sini, perjalanan kamu sudah tidak jauh lagi.

Kamu bisa mengambil arah yang lurus untuk menuju Bukit Teletubbies, Pasir Berbisik, dan sampailah di Lautan Pasir Bromo.

Jalur Tumpang kini sudah mulai mengalami banyak kemajuan. Kamu bisa dengan mudah menemukan homestay penyewaan jeep di sepanjang jalur tersebut.

infografis paket wisata bromo

 

2. Jalur Cemorolawang via Tongas

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jalur Tumpang memang kurang cocok jika dilalui oleh kendaraan roda empat atau mobil. Jalur yang lebih disarankan untuk pengendara mobil adalah Cemorolawang via Tongas.

Namun jalur ini akan memutar jika kamu start dari Malang. Waktu tempuhnya pun lebih lama, sekitar 2 jam 40 menit. Meski begitu, jalur ini jauh lebih aman dibandingkan opsi sebelumnya. Berikut ini detail jalur yang bisa kamu tempuh.

  • Dari Malang, kamu harus mengambil arah masuk ke jalan tol Pandaan – Malang.
  • Lanjutkan perjalanan ke via tol menuju Bangil dan pilih exit tol Bangil Rembang.
  • Jalan terus sampai ke Tongas (Probolinggo) lalu sampai Sukapura.
  • Tidak lama dari Sukapura, kamu sudah sampai di wilayah Cemorolawang. Lautan Pasir Bromo berada di wilayah ini.

Perlu kamu ketahui bahwa jalur ini merupakan yang paling populer bagi wisatawan. Terlebih saat ini sudah ada akses jalan tol yang semakin mempermudah para pengendara roda 4. Jalurnya juga lebih mudah diakses meskipun berkelok-kelok.

Karena sudah populer, di sepanjang jalur Cemorolawang terdapat penginapan dengan harga terjangkau. Kalau lapar dan ingin singgah untuk makan, kamu juga tidak akan kesulitan untuk menemukan warung.

Kalau kamu sampai Cemorolawang saat pagi hari, Gunung Bromo akan tampak indah dan diselimuti kabut. Pemandangan saat siang hari juga tidak kalah cantik. Bahkan kamu bisa melihat seluruh aktivitas Gunung Bromo dengan lebih jelas.

3. Jalur Penanjakan via Tosari

Dari Malang ke Bromo lewat mana? Alternatif jalur yang terakhir adalah Penanjakan via Tosari. Jalur ini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan, terutama mereka yang suka mendaki gunung.

Penanjakan sendiri berada di bagian barat Gunung Bromo. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang memilih datang ke sini saat dini hari demi bisa melihat sunrise Bromo. Bahkan di Penanjakan sendiri terdapat banyak view point sunrise yang bisa kamu kunjungi.

Kalau dari Malang dan ingin menuju ke Bromo via Penanjakan, berikut ini adalah jalur yang bisa kamu lalui:

  • Malang menuju kecamatan Purwodadi
  • Lanjutkan perjalanan menuju Nongkojajar ke Tosari
  • Dari Tosari, bisa langsung melanjutkan ke Penanjakan dan Gunung Bromo

Kalau kamu memilih jalur ini dari Malang, jarak yang harus ditempuh adalah 76 km. Kamu bisa menempuhnya dalam waktu 2 setengah jam menggunakan mobil. Jangan khawatir karena jalur ini terbilang mulus meski berkelok.

Pastikan kendaraan kamu dalam kondisi prima jika ingin melewati jalur ini karena cukup banyak tanjakan. Jangan lupa mengisi bahan bakar sampai full tank, ya.

Pilihan Transportasi dari Malang ke Bromo

Setelah mengetahui jalur dari Malang ke Bromo lewat mana, sekarang kamu bisa memilih moda transportasi untuk ke sana. Di bawah ini ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih.

1. Kendaraan Pribadi

Pertama, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil maupun sepeda motor. Jika memakai kendaraan pribadi, kamu bisa berangkat jam berapa saja tanpa harus terikat waktu.

Di atas juga sudah dijelaskan tentang jalur yang cocok untuk sepeda motor maupun mobil. Jika memang ingin ke Bromo menggunakan kendaraan pribadi, pastikan sudah menyiapkan segalanya dengan matang.

Sebaiknya lakukan service, ganti oli, dan pastikan mobil atau motor dalam kondisi terbaik. Pasalnya, jalur menuju Bromo akan menemui banyak tanjakan.

2. Angkutan Umum

Jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi atau enggan untuk berkendara sendiri, ada kendaraan umum yang bisa dipilih. Dari Malang, kamu bisa menaiki shuttle yang disediakan oleh DAMRI. Penjemputannya dilakukan di dua titik, yaitu Stasiun Malang Kotabaru dan Bandara Abdurrahman Saleh.

Tarifnya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp 30.000 sampai ke Bromo. Namun DAMRI ini hanya tersedia sampai pukul 11 siang.

Selain DAMRI, kamu juga bisa mengendarai bus dari Malang menuju Terminal Bayuangga Probolinggo. Dari terminal tersebut, kamu bisa menaiki kendaraan umum yang disebut dengan omprengan.

3. Rental Mobil

Jika punya cukup uang, kamu bisa memilih untuk rental mobil dari Malang. Kemudian gunakan mobil tersebut untuk perjalanan ke Bromo. Kamu bisa memilih jalur mana saja seperti ketika menggunakan kendaraan pribadi.

Kalau kamu ragu dan tidak terlalu mengenal medan di jalur Malang – Bromo, sebaiknya sewa mobil yang sudah beserta drivernya. Namun kamu perlu menyiapkan budget lebih untuk ini.

4. Mengikuti Paket Wisata Bromo

Opsi terakhir untuk menuju ke Bromo dari Malang adalah mengikuti paket wisata Bromo. Ini akan jauh lebih nyaman untuk kamu karena tidak perlu memikirkan dari Malang ke Bromo lewat mana. Pasalnya, semua transportasi serta penginapan sudah diatur oleh penyedia jasa.

Bahkan kamu bisa request untuk dijemput di Stasiun Malang maupun Bandara Malang. Jangan khawatir dengan harganya karena ada banyak opsi paket yang bisa kamu sesuaikan dengan budget. Kunjungi https://nahwatour.com/ untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai paket wisata ke Bromo.

4/5 - (2 votes)
Nur AsniNur Asni
04:45 04 Sep 23
Isna TaeniIsna Taeni
03:29 02 Sep 23
Cool
Ismi BaiqIsmi Baiq
12:59 03 Oct 22
We had a wonderful trip with Nahwa tour, Excellent management. good time we spent together my friends they enjoyed..sure i will recommend Nahwa tour to my friends will join again in future 🥰
Bayu GaraBayu Gara
12:49 03 Oct 22
It was very spectacular and so interested. Really² reccomended to you guys all that looking for something interesting but still keep your fill of pocket pants🤩
Alvina GiovanniAlvina Giovanni
10:31 03 Oct 22
Prompt and excellent service at all times which exceeded our expectations! Will definitely recommend to my family, friends and colleagues. A big thank you to Nahwa tour for being extremely helpful!
Niken PaxtonNiken Paxton
08:17 13 May 22
I used Nahwa Tour for 2 days (rental car & private trip Bromo Tour). Rental car Driver was polite, drive safely also communicative and helpful. Enjoyed the Bromo private trip and ended the trip with happiness. Overall the travel is very recommended and I will use the service again once I travel again to east Java, specially Malang. Thank you Nahwa tour for the best service!
js_loader

Pilihan Paket

Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.