Berapa Lama Perjalanan dari Jogja ke Bromo Naik Transportasi Darat

Berapa Lama Perjalanan dari Jogja ke Bromo – Bukan rahasia lagi bahwa Bromo menjadi wisata impian yang ingin dikunjungi wisatawan lokal di Indonesia termasuk Jogja. Meskipun jaraknya terlampau jauh, tapi hal ini bukan menjadi halangan. Lalu berapa lama perjalanan dari Jogja ke Bromo?

Waktunya sendiri ditentukan oleh beberapa hal, contohnya seperti transportasi yang digunakan. Jika menggunakan kendaraan pribadi biasanya akan lebih cepat jika dibandingkan dengan kendaraan umum seperti bus, kereta api, dan lainnya.

Berapa Lama Perjalanan dari Jogja ke Bromo

Cara Menuju Bromo dari Jogja

Berapa lama perjalanan dari Jogja ke Bromo memang belum pasti. Namun pada umumnya sekitar 10 sampai 13 jam lamanya. Hal ini tergantung dari transportasi yang kamu gunakan untuk menuju tempat wisata.

  • Naik Bus 

Pilihan transportasi darat yang pertama adalah menggunakan bus. Bus sekarang ini sudah sangat nyaman untuk dijadikan sebagai transportasi kemanapun itu, termasuk ke wisata Gunung Bromo.

Sudah banyak sekali P.O atau perusahaan bus yang menawarkan rute dari Jogja – Probolingo atau Jogja Malang. Kamu bisa memilih tempat transit sesuai keinginan, apakah Malang ataupun Probolinggo.

Berikut ini adalah rekomendasi beberapa bus yang dapat dipilih sebagai transportasi menuju Gunung Bromo:

  • Tujuan Malang

Jika ingin menuju kota Malang dengan cara naik bus, kamu bisa pilih Dieng Travel atau Armada Malang Indah. Kedua bus tersebut secara reguler memang menyediakan pemberangkatan dari Jogja ke kota Malang.

  • Tujuan Probolinggo atau Pasuruan

Bus yang bisa dipilih untuk menemani perjalanan wisata dari Jogja menuju Gunung Bromo adalah Bus PO Gunung Harta. Sebenarnya bus yang satu ini merupakan bus tujuan akhir bali, namun kamu masih bisa berhenti di kota Probolinggo atau Surabaya.

Namun jika ingin lebih menghemat budget, sangat disarankan untuk naik Bus Patas Eka. Bus ini melayani pemberangkatan dari Jogja yang berhenti tepat dari Terminal Surabaya. Jika sudah berhenti, perjalanan dapat diteruskan dengan cara menyewa mobil atau kendaraan lainnya.

  • Naik Kereta Api

Transportasi umum lainnya yang disarankan untuk menemani perjalanan menuju Bromo adalah Kereta Api. Berapa lama perjalanan dari Jogja ke Bromo dengan kereta api tak kalah cepat dari bus atau mobil pribadi.

Tiketnya juga cukup murah sehingga dapat dijangkau dari masyarakat berbagai kalangan. Kamu bisa pilih Kereta Api Bisnis, Eksekutif, atau mungkin Ekonomi yang lebih terjangkau.

Jika sudah penasaran, inilah cara menuju Gunung Bromo dari Kota Joga menurut tempat tujuan yang akan dikunjungi:

Infografis Sewa Jeep Bromo

  • Malang

Apabila tujuanmu ke Bromo melalui Malang, maka bisa memilih kereta dengan tujuan Stasiun Malang Kota Lama atau Stasiun Malang. Dari stasiun, perjalanan dilanjutkan dengan naik angkot menuju tempat penyewaan mobil Jeep.

Tapi sebelum itu, kamu bisa mampir wisata di Kota Malang atau Batu sambil menanti jam 12 malam untuk pemberangkatan ke Bromo.

  • Probolinggo

Selain Malang, tujuan ke Bromo juga bisa melalui kota Probolinggo atau Pasuran. Dengan begitu, kamu bisa pilih Kereta Api yang memiliki tujuan akhir Kota Surabaya.

Dari Surabaya, nantinya bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Bus Antar Kota. Terdapat dua stasiun yang dapat dipilih, yakni Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Gubeng.

Dalam hal ini, kamu tak perlu bingung untuk memilih stasiun yang menjadi tempat tujuan karena memang sama saja. Untuk stasiun gubeng umumnya hanya untuk Kereta Bisnis dan Ekonomi. Sementara untuk stasiun pasar turun khusus untuk Eksekutif dan Bisnis.

  • Naik Kendaraan Pribadi

Dari Kota Jogja ke Gunung Bromo bukan menjadi hal yang mustahil jika membawa kendaraan pribadi seperti mobil. Kendaraan pribadi biasanya banyak digunakan oleh wisatawan yang ingin berlibur bersama rombongan atau keluarga.

Perjalanan dengan mobil dinilai jauh lebih fleksibel selama dalam perjalanan. Kamu bisa lewat tol yang menjadi penghubung antara kota Jogja – Malang – Probolinggo.

Jika membawa mobil kamu bisa menuju pintu masuk atau rest area kawasan Bromo secara langsung. Entah itu di Woniktri (Pasuran), Ngadas (Malang), dan Sukapura (Probolinggo).

Meskipun menggunakan mobil pribadi, kamu hanya diperbolehkan berhenti sampai dengan pintu masuk kawasan. Jika ingin melanjutkan perjalanan untuk mengeksplore kawasan Bromo, kamu harus menggunakan Jeep Hardtop 4×4.

Maka dari itu, sebelum berangkat harus memesan Jeep lebih dulu. Jangan sampai melakukan pemesanan ketika sudah sampai di tempat tujuan. Hal ini penting dilakukan supaya kamu tidak kehabisan stok Jeep yang disewakan.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Perjalanan Ke Bromo

Untuk melakukan perjalanan wisata ke Bromo, tentu harus memperhatikan beberapa hal. Tujuannya supaya nantinya kamu tidak kerepotan ataupun kebingungan saat perjalanan karena persiapan kurang maksimal.

Lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang perlu direncanakan atau siapkan sebelum trip ke Gunung Bromo:

  • Transportasi yang Digunakan

Perjalanan dari Jogja menuju Bromo memang dapat dilakukan melalui beberapa opsi transportasi. Adapun yang paling umum digunakan oleh kebanyakan wisatawan asal Jogja adalah transportasi darat seperti bus atau kereta.

Meski begitu, banyak juga yang naik mobil karena dinilai lebih efisien dan bisa beristirahat sewaktu-waktu. Bahkan untuk berapa lama perjalanan dari Jogja ke Bromo dengan kendaraan pribadi juga lebih cepat.

  • Booking Tiket Secara Online

Jika sudah memilih kendaraan yang ingin dibawa, maka bisa coba booking tiket Bromo. Booking tiket ini dilakukan melalui online sehingga akan memudahkan kamu yang bertempat tinggal jauh dari Bromo.

Untuk memboking tiket bisa dilakukan dengan mengakses alamat berikut ini https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org/. Alamat tersebut merupakan bagian resmi dari situs yang dimiliki oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pada website tersebut, kamu juga bisa melihat secara detail mengenai harga tiketnya. Jika masih belum paham, perhatikan juga cara pemesanan (tutorial untuk memesan tiket), langkah pembayaran dan juga konfirmasi pembayaran.

Harga tiketnya sendiri cukup bervariasi, untuk wisatawan di hari biasa sekitar Rp29.000 dan hari libur sebesar Rp34.000. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara jauh lebih mahal, dimana di hari biasa sebesar Rp220.000 dan hari libur mencapai Rp320.000.

  • Memesan Jasa yang Menyewakan Jeep

Baik wisatawan yang membawa kendaraan pribadi ataupun naik transportasi umum, tetap diharuskan untuk menyewa Jeep. Hal ini dilakukan semata-mata demi keselamatan pribadi karena nantinya akan melewati medan yang sangat sulit seperti pasir berbisik.

Jasa sewa kendaraan ini bisa dijumpai di setiap pintu masuk di Gunung Bromo. Namun biayanya bisa dibilang sangat mahal, karena mencapai sekitar Rp600.000 sampai dengan Rp800.000 hanya untuk satu unit dengan jam terbatas.

Harga yang terlampau mahal tersebut masih bisa kamu akali agar lebih murah. Caranya adalah melakukan patungan dengan banyak orang yang juga ingin menyewa Jeep. Jika misalnya berhasil mendapatkan sebanyak 6 orang, berarti setiap orang hanya perlu membayar sewa Jeep sekitar Rp100.00 saja.

Berapa lama perjalanan dari Jogja ke Bromo umumnya butuh waktu sekitar 10 sampai 13 jam. Namun lamanya perjalanan juga ditentukan oleh kendaraan yang digunakan. Jika ingin lebih cepat sebaiknya berangkat menjelang malam hari agar terhindar dari macet.

Bagi kamu wisatawan Jogja dan ingin liburan ke Gunung Bromo, sangat disarankan untuk menggunakan layanan Open Trip Bromo dari Malang. Kamu bisa menghubungi https://nahwatour.com/  secara langsung. Nahwatour adalah jasa travel yang menyediakan berbagai paket wisata Bromo termurah.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.