Berapa Lama dari Malang ke Bromo? Berikut Jawabannya!

Berapa Lama dari Malang ke Bromo – Menempuh perjalanan dari Kota Malang ke Gunung Bromo ternyata tidak terlalu jauh. Kamu bisa menyewa kendaraan ataupun naik transportasi umum agar bisa sampai ke tempat tujuan. Berapa lama dari Malang ke Bromo sendiri tergantung dari kecepatan kendaraan yang dibawa.

Jarak Batu Malang ke Bromo sendiri kurang lebih sekitar 35,4 km. Selain itu, waktu sampai kawasan wisata juga tergantung dari pintu masuk kawasan Bromo manakah yang dipilih. Maka dari itu, usahakan untuk memilih pintu masuk yang dekat dengan Malang Kota.

Berapa Lama dari Malang ke Bromo

Rute Malang ke Gunung Bromo

Rute ke Gunung Bromo dari Kota Malang berbeda dengan rute dari kota di Jawa Timur yang lainnya. Rute dari kota ini membutuhkan tenaga secara ekstra, karena wisatawan harus melalui medan sulit yang tidak mulus.

Rute ini sangat licin dan memiliki tanjakan yang sangat tinggi. Maka dari itu, pemerintah setempat telah menghimbau agar tidak menggunakan jenis kendaraan yang tertentu ketika melalui rute ini.

Nah, sebelum mengetahui berapa lama dari Malang ke Bromo maka sebaiknya simak terlebih dahulu mengenai rutenya. Dengan mengetahui rute, tentu akan memudahkanmu dalam mencapai tempat tujuan.

  • Rute yang pertama yaitu dimulai dari Kota Malang menuju Tumpang. Sesampainya di Tumpang, dilanjutkan menuju Gubugklakah, Ngadas, Jemplang, dan yang terakhir kawasan Gunung Bromo.
  • Rute kedua diawali dari Kota Malang menuju Purwodadi. Berlanjut ke Nongkojajar, Tosari, Penanjakan, hingga ke Gunung Bromo.
  • Rute yang ketiga adalah dari Malang menuju Tongas Kota Probolinggo. Jika sudah sampai di Tongas, dilanjutkan ke Sukapara, Cemorolawang, dan Gunung Bromo.
  • Rutee keempat dimulai dari Malang menuju ke Kota Pasuruan. Dilanjutkan ke Warungdowo, Tosari, Wonokitri, Dingklik, Penanjakan, Lautan Pasir, dan terakhir sampai ke Gunung Bromo.

Memang ada banyak rute yang bisa kamu pilih untuk menuju kawasan wisata gunung populer ini. Jika kamu ingin menginap di Bromo, sangat disarankan untuk memilih rute yang ketiga yaitu melewati Tongas Probolinggo.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, pada jalur ketiga kamu nantinya akan menjumpai banyak penginapan dan hotel. Sehingga kamu tidak perlu bingung lagi untuk mencari tempat penginapan yang sudah pasti menghabiskan banyak waktu.

Open Trip Bromo

Waktu Tempuh dari Malang ke Bromo

Seperti yang sudah disinggung, bahwa berapa lama dari Malang ke Bromo ditentukan oleh beberapa hal. Faktor lain yang menentukan adaah arus lalu lintas dan lama tidaknya pemberhentian yang dilakukan ketika melalui rute.

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam pemandangan yang sejuk dan menawan. Pastinya akan membuatnya tertarik untuk singgah sejenak menghilangkan rasa lelah yang sesaat.

Seperti misalnya di Gubugklakah, ini merupakan desa yang populer sebagai penghasil apel di Malang. Pemandangan yang ada nampak menyegarkan mata dengan jejeran tanaman apel dalam jumlah yang sangat banyak.

Selain itu, di Ngadas juga ada air terjun bernama Coban Pelangi yang sangat memukau. Wisatawan biasanya juga mampir ke tempat ini sebelum meneruskan perjalanan menuju kawasan Gunung Bromo.

Tak cukup sampai disitu, ketika di Jemplang kamu bisa belok menuju ke arah kiri.  Tujuannya agar bisa sampai ke kawasan Gunung Bromo dari Penanjakan. Pemandangan yang bisa kamu lihat tentu tak kalah indah dibandingkan yang sebelumnya.

Transportasi yang Digunakan untuk Menuju Gunung Bromo

Memang ada banyak sekali jenis transportasi yang bisa dipilih untuk menemani perjalanan menuju Gunung Bromo. Berikut ini adalah beberapa pilihan jenis transportasi yang dapat kamu gunakan:

  • Menggunakan Kendaraan Pribadi

Kalau kamu memiliki kendaraan pribadi, tentu bisa menjadi pilihan yang tepat dibandingkan transportasi umum yang sering berhenti. Bahkan juga tidak perlu repot lagi menuju terminal ataupun tempat transit yang lainnya.

Selain itu, kamu bisa istirahat kapan saja secara bebas ketika lelah dalam perjalanan. Pastikan juga bahwa kondisi kendaraan yang digunakan sudah cukup memadai untuk melewati segala macam medan menuju Bromo.

Hal tersebut juga bertujuan supaya perjalanan kamu menjadi lebih aman dan nyaman mengingat banyaknya tanjakan dan licin. Sehingga nantinya risiko terjadinya kecelakaan sewaktu-waktu dapat diminimalisir.

Untuk rute ke Gunung Bromo dengan naik mobil pribadi, kamu bisa mencoba banyak rute seperti Pasuran, Probolinggo, dan Malang. Namun rute yang paling cepat adalah melewati Tumpang Malang atau Pasuran lewat Tol.

  • Menyewa Mobil

Jika kamu tidak ingin repot membawa mobil pribadi tapi tidak tertarik untuk angkutan umum, maka tak perlu bingung. Solusi tepat yang bisa kamu coba adalah dengan menyewa mobil di kota Malang dengan harga bervariasi.

Layanan sewa mobil ini memang banyak dipilih oleh wisatawan yang tidak ingin ribet. Kamu bahkan bisa mengatur jadwal keberangkatan menuju Bromo sesuai keinginan seperti halnya menggunakan mobil pribadi. Berapa lama dari Malang ke Bromo dengan kendaraan ini juga cepat sekitar 2 jam.

Rental mobil umumnya sudah termasuk layanan tambahan seperti driver, sehingga kamu tidak akan kecapekan untuk menyetir. Layanan supir ini sekaligus bisa kamu jadikan guide yang bisa memandu perjalanan wisatamu sehingga akan semakin seru.

  • Naik Bus Damri

Belakangan ini, terdapat layanan transportasi terbaru dari Damri yang memiliki rute mulai dari Batu Malang menuju Bromo. Perjalanan diawali dari Terminal Kota Batu, kemudian dilanjutkan dengan naik Bus Damri.

Keberangkatan dari bus yang satu ini hampir terjadwal setiap hari, yaitu:

  • Keberangkatan dimulai dari Wonokitri menuju Batu: Pada pukul 16.00 dan 18.00 malam.
  • Keberangkatan dimulai dari Batu menuju Wonokitri: Pada pukul 07.00 dan 09.00 pagi.

Untuk mendapatkan info secara lengkap mengenai jadwal operasional atau harga tiket, kamu bisa mengecek secara langsung di website resmi Damri secara online.

Sebagai info penting, Bus Damri memang mempunyai jadwal tetap setiap harinya. Jadi kamu harus menyesuaikan perjalanan wisata kamu ke Bromo berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan.

  • Naik Angkot

Selain bus, angkutan umum yang bisa kamu pilih adalah naik angkot. Kamu bisa cari angkot  di Terminal Kota Batu yang lokasinya berada di depan Pasar Besar Kota Batu.

Pada terminal tersebut, kamu bisa memilih angkot berwarna pink yang dimana angkot tersebut khusus untuk jurusan Batu – Malang. Angkot ini akan membawamu menuju Terminal Ladung Sari. Sesampainya di Ladung Sari bisa ganti angkot ke Terminal Arjosari dengan kode ADL atau AL.

Setelah berhenti di Terminal Arjosari, perjalanan dilanjutkan menuju Tumpang dengan ganti angkot yang memiliki kode TA. Tumpang adalah salah satu kecamatan di Malang yang merupakan pintu masuk Bromo dari Malang.

Transportasi dari Tumpang menuju Bromo bisa dilakukan dengan menyewa Jeep. Hal ini sebenarnya sudah menjadi peraturan wajib, dimana semua wisatawan haru menyewa Jeep atau kendaraan 4×4 agar bisa sampai menuju Lautan Pasir yang ada di kawasan Gunung Bromo.

Berapa lama dari Malang ke Bromo tergantung dari kecepatan kendaraan yang dibawa. Selain itu, juga tergantung dari arus lalu lintas dan rute yang dipilih untuk menuju kawasan. Jika masih bingung, sebaiknya gunakan layanan paket tour Bromo dari Malang bersama Nahwatour.

Nahwatour sebagai partner liburan wisata ke Bromo akan memudahkan perjalananmu dan memberikan pengalaman yang seru. Biaya yang harus dikeluarkan juga lebih murah dengan beragam fasilitas terbaik. Jika berminat maka bisa langsung hubungi melalui website resminya berikut https://nahwatour.com/.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.