Bagaimana Cara ke Bromo dari Jakarta? Berikut Akses Kendaraan & Rutenya

Bagaimana Cara ke Bromo dari Jakarta – Pertanyaan ini sering dilontarkan wisatawan yang ingin mengunjungi destinasi wisata terbaik di Jawa Timur ini. Caranya sendiri sangat mudah, mungkin hanya butuh waktu sekitar 11 sampai 12 jam lamanya.

Namun hal tersebut tergantung dari kendaraan yang digunakan, seperti mobil pribadi ataupun transportasi umum. Selain itu, bisa lewat kota Surabaya ataupun Malang dengan selisih waktu sekitar 30 sampai 60 menit.

Bagaimana Cara ke Bromo dari Jakarta

Akses Menuju Gunung Bromo dari Jakarta 

Bromo menjadi wisata yang tak hanya populer di Jawa Timur saja, tapi juga di Indonesia. Tak heran, jika wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah termasuk Indonesia.

Kalau kamu merupakan wisatawan asal Jakarta, tentu harus siap-siap untuk membeli tiket bus ataupun kereta api. Namun bisa juga menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil yang jauh lebih fleksibel. Selain transportasi darat, kamu juga bisa menggunakan transportasi udara seperti pesawat.

Nah, untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana cara ke bromo dari Jakarta, berikut ini akses dan rute yang dapat kamu tempuh.

  • Kereta Api

Jika ingin naik kereta api, kamu bisa coba mencari kereta api yang menuju Malang atau Surabaya. Kamu bisa pilih secara bebas mana yang paling tepat untuk menuju ke Bromo.

  • Jakarta –  Malang

Kereta api dari Jakarta yang bisa dipilih untuk membawamu ke Malang adalah ekonomi Jayabaya ataupun Matarmajaya. Harga tiketnya cukup bervariasi, dimana untuk KA Matamarjaya sekitar Rp150.000 sedangkan KA Jayabaya lebih mahal yaitu Rp270.000.

Namun untuk mendapatkan info harga yang lebih akurat bisa cek secara langsung lewat website resmi KAI. Jika sudah tiba di stasiun Malang, lanjutkan perjalananmu menuju ke Terminal Arjosari dengan cara naik angkutan umum. Biaya angkutan tersebut umumnya hanya Rp4.000.

Kemudian dari Terminal Arjosari, kamu harus naik angkutan umum lagi agar bisa sampai ke Terminal Bus Bayu Angga Probolinggo dengan biaya Rp4.000. Terakhir, kamu bisa naik elf menuju desa Cemoro Lawang, Ngadisari sekitar Rp25.000.

Jika dijumlah maka biaya yang dibutuhkan dari Jakarta ke Bromo adalah Rp183.000 untuk per orang dalam setiap perjalanan.

Infografis Paket Wisata Malang

  • Jakarta Surabaya

Cara lain yang dapat dicoba adalah dengan mencari kereta dari kota Jakarta dengan tempat tujuan Surabaya. Adapun kereta yang dapat pilih yaitu Gaya Baru Malam Selatan dengan harga tiket sekitar Rp104.000.

Dari kota Surabaya, nantinya bisa kamu sambung kereta menuju stasiun Probolinggo. Harga tiket dari Surabaya menuju Probolinggo yang terjangkau yaitu kereta Probowangi seharga Rp27.000.

Setelah sampai stasiun Probolinggo, lanjutkan dengan naik angkutan umum menuju Terminal Bus Bayuangga Probolinggo. Estimasi biaya masih sama yaitu sekitar Rp4000.

Jika sudah, langsung naik angkutan desa dengan tarif Rp25.000 menuju Cemoro Lawang, Ngadisari. Desa tersebut merupakan pusat yang menjadi titik masuk menuju kawasan Gunung Bromo.

Sangat disarankan untuk sampai di Terminal Bayuangga siang hari. Sebab, jika sudah memasuki sore hari biasanya akses kendaraan akan sangat sulit. Estimasi biaya secara menyeluruh yaitu sekitar Rp160.000.

  • Bus

Bagaimana cara ke Bromo dari Jakarta berikutnya bisa ditempuh dengan bus. Bus yang dapat dipilih Gunung Harta dengan tarif Rp300.000, Lorena Rp320.000, atau bisa juga Medali Emas Rp300.000.

Ketika sudah sampai di terminal Malang, lanjutkan menggunakan rute yang tidak berbeda jauh dengan sebelumnya. Kamu bisa naik angkutan umum menuju Terminal Bayu Angga kemudian naik angkutan desa agar bisa sampai ke Cemoro Lawang.

Maka, biaya total yang harus dikeluarkan untuk traveling dari Jakarta menuju bromo yaitu sekitar Rp328.000. Biaya ini masih belum termasuk biaya minum dan makan selama dalam perjalanan.

Supaya lebih hemat, sebaiknya membawa bekal yang cukup dari rumah. Selain itu, biaya tersebut bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan bus itu sendiri.

  • Pesawat

Bagi yang ingin naik pesawat, pilihlah tiket pesawat dengan tujuan Bandara Juanda Sidoarjo. Pesawat dengan harga murah yang bisa dipilih adalah Citilink yang harganya mencapai Rp385.000.

Apabila sampai di bandara, perjalanan bisa dilanjutkan transportasi darat seperti bus Damri menuju arah Terminal Bungurasih dengan tarif Rp30.000.

Tiba di terminal tersebut, lanjutkan perjalanan kamu ke Bromo dengan menggunakan bus yang turun di Terminal Arjosari biaya Rp25.000. Kamu bisa cari angkutan yang bisa mengantarkan ke Terminal Bus Bayu Angga Probolinggo biaya Rp4.000.

Kemudian barulah bisa ganti angkot menuju Cemoro Lawang yang butuh biaya sekitar Rp25.000. Total untuk menuju Gunung Bromo jika diawali dengan pesawat terbang mencapai Rp464.000 per orang.

Wisatawan sangat disarankan supaya melewati Malang daripada Surabaya. Alasannya karena memang jarak dari kota Malang ke Bromo jauh lebih dekat, yakni 35 km. Sedangkan jarak Surabaya ke Bromo bisa sampai 80 km.

  • Kendaraan Pribadi

Jika tak tertarik untuk menggunakan transportasi umum, maka perjalanan bisa dilakukan dengan mobil pribadi dari Jakarta. Estimasi biaya yang dibutuhkan tentu tidak diketahui karena tergantung dari BBM yang digunakan.

Lalu bagaimana cara ke Bromo dari Jakarta dengan mobil pribadi? Dari jakarta, kamu nantinya bisa turun secara langsung di lokasi yang dekat dengan wisata gunung Bromo. Lebih tepatnya bisa berhenti di rest area atau transit point Bromo.

Disamping itu, kamu bisa menjadi leluasa dalam perjalanan seperti mampir ke berbagai macam tempat. Bisa bebas memilih waktu yang tepat untuk istirahat sejenak dan melanjutkan perjalanan.

Tapi, yang penting untuk selalu diingat ketika membawa kendaraan pribadi yaitu butuh konsentrasi secara ekstra. Hal ini karena hanya kamu yang akan membawa kendaraan dan melewati perjalanan yang cukup panjang.

Perjalanan menggunakan pesawat memang lebih mahal dibandingkan transportasi darat. Namun menawarkan banyak keuntungan seperti waktu tempuh yang cepat, nyaman, dan fleksibel. Kamu bisa menentukan secara bebas mengenai kapan waktu untuk berangkat.

Penginapan di Kawasan Gunung Bromo

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan dari gunung Bromo adalah saat pagi hari, yaitu pada pukul sekitar 04.45 pagi. Matahari yang terbit di jam tersebut akan memancarkan pesona yang tersendiri. Sehingga bisa dijadikan sebagai momen terbaik yang harus diabadikan.

Terlebih, di kawasan gunung Bromo ini juga ada gunung yang sangat menawan. Maka dari itu, setelah perjalanan sangat disarankan untuk mencari tempat penginapan yang pas.

Terdapat banyak penginapan yang dapat kamu pilih di kawasan tersebut. Tarif yang dibanderol juga cukup terjangkau, yaitu mencapai Rp100.000 sampai dengan Rp300.000 untuk satu kamar. Kamu bisa menginap selama satu hari semalam agar semakin puas dalam menikmati keindahan gunung aktif ini.

Pertanyaan tentang bagaimana cara ke Bromo dari Jakarta sekarang sudah terjawab. Kamu bisa pilih sendiri, transportasi manakah yang ingin kamu gunakan. Apakah kereta api, bus, pesawat, atau mungkin kendaraan pribadi.

Namun, perjalanan dengan transportasi darat atau udara tersebut terkesan sangat melelahkan. Jika tak ingin ribet untuk perjalanan, kamu bisa coba paket wisata bromo dari https://nahwatour.com. Harga yang ditawarkan dijamin sangat ramah di kantong dengan pelayanan maksimal.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.