Apa Saja Yang Menyenangkan di Gunung Bromo? Berikut Pembahasannya

Apa Saja Yang Menyenangkan di Gunung Bromo – Nama Gunung Bromo selalu menjadi perbincangan yang paling utama bagi wisatawan. Punya panorama yang indah dan mempesona, lokasi wisata yang berada di Jawa Timur ini hampir tak pernah sepi dari pengunjungnya. Lalu sebenarnya apa saja yang menyenangkan di Gunung Bromo?

Apa Saja Yang Menyenangkan di Gunung Bromo

Pastinya ada banyak hal seru dan menyenangkan yang dapat dilakukan di gunung Bromo selain mendaki ataupun melihat sunset. Jika sudah penasaran dan ingin berencana ke sana, sebaiknya simak jawabannya terlebih dahulu berikut ini.

Apa Saja yang Menyenangkan di Gunung Bromo?

  • Menikmati Pesona Pasir Berbisik

Kamu tentunya sering mendengar yang namanya lautan pasir yang ada di Gunung Bromo. Lautan pasir ini memang sangat sayang jika dilewatkan saat berkunjung ke destinasi wisata ini. Luasnya sendiri kurang lebih mencapai 10 km dan disebut dengan Pasir Berbisik.

Pasir Berbisik di kawasan Gunung Bromo juga kerap dijadikan sebagai tempat untuk foto pre-wedding. Hamparan pasir hitam yang sangat luas seolah-olah berbisik ke telinga ketika angin meniup kencang.

Dari lautan pasir inilah kamu akan menyaksikan lanskap alam yang tak kalah menarik. Gunung Bromo dan Gunung Botok tampak dihiasi oleh awan putih bersih yang siap untuk menyambutmu.

Untuk berkunjung ke sini diharuskan untuk membawa shal ataupun kacamata. Tujuannya tentu untuk melindungi diri dari angin kencang. Angin ini bisa saja datang secara tiba-tiba tanpa terjadwal, khususnya ketika musim panas.

  • Melihat Keindahan Sunrise yang Menawan

Melihat keindahan sunrise bisa menjawab pertanyaan mengenai apa saja yang menyenangkan di Gunung Bromo. Sunrise sendiri sudah menjadi tujuan yang paling utama dari wisatawan yang ingin berkunjung.

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, Gunung Bromo menjadi spot terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit yang ada di Jawa Timur. Jika menjelang pagi, di beberapa lokasi seperti Bukit Mentigen, Bukit Cinta, dan Penanjakan di bromo biasanya sudah ramai oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Sunrise Bromo memang sudah menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berdatangan. Tiga lokasi tersebut memiliki rute berbeda dan jarak tempuh yang juga tidak sama.

Nah, sebelum pergi menuju lokasi maka kamu harus pastikan terlebih dahulu ingin menikmati sunrise di lokasi yang mana. Tujuannya tak lain supaya nantinya dapat memperkirakan pukul berapa ingin berangkat.

  • Hunting Foto yang Instagrammable

Jauh-jauh pergi ke Bromo tak akan lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen yang ada dalam sebuah foto. Bromo memiliki banyak spot yang instagrammable, seperti Bukit Kingkong, Bukit Cinta, Bukit Mentigen, Padang Rumput Savana, Penanjakan 1 dan Penanjakan 2.

Pastikan bahwa kamu tidak lupa untuk membawa kamera ketika datang ke tempat ini. Ekplorasi berbagai sudut di kawasan Gunung Bromo yang sangat mempesona. Tak perlu jalan kaki, kamu bisa mencoba beberapa kendaraan dengan harga sewa yang bervariasi.

Jika ingin melewati segala macam alur maka sangat disarankan untuk menyewa mobil jeep. Kendaraan ini akan semakin memudahkan perjalananmu dalam menuju berbagai spot yang menarik lainnya. Terlebih jika jalur yang dituju sangat menanjak seperti Bukit Cinta saat ingin melihat sunrise ataupun sunset.

Open Trip Bromo

  • Mendaki Gunung untuk Melihat Kawah

Hal apa saja yang menyenangkan di Gunung Bromo selanjutnya adalah mendaki gunung. Mendaki gunung sendiri memang menjadi kegiatan yang sudah pasti dilakukan oleh wisatawan yang datang. Bahkan, kalangan orang tua seperti ibu-ibu juga turut mendaki Gunung Bromo agar mencapai kawah.

Jika sudah sampai di kawah, kamu bisa menikmati keindahan gunung ini secara menyeluruh. Kawah Gunung Bromo sendiri memiliki diameter sekitar 600 meter pada bagian timur ke arah barat, dan 800 meter di utara ke arah selatan.

Sedangkan untuk zona bahaya sampai dalam radius sekitar 4 km dari titik pusat kawah. Jadi, usahakan untuk selalu waspada ketika sedang berada di lokasi ini.

Pada bagian puncak, kamu bisa melihat sisi dari keindahan lain Gunung Bromo. Lautan pasir yang luas dengan banyaknya orang yang berjalan juga akan nampak dengan jelas. Jangan lupa untuk mengabadikan momen yang langka ini dengan merekamnya.

  • Berkuda untuk Mengelilingi Kawasan Bromo

Selain berjalan atau menggunakan jeep, kamu juga bisa berkuda untuk menyebrangi hamparan pasir yang ada di kawasan Bromo. Tarifnya sendiri jauh lebih murah dibandingkan jeep dan dijamin tidak akan melelahkan sama sekali.

Meskipun murah, kamu juga akan lebih puas dan bisa menikmati keindahan secara langsung. Jika memang tidak bisa menunggangi kuda maka tak akan jadi masalah, karena biasanya sudah ada pawang yang siap untuk memandumu dalam menjelajahi kawasan Bromo.

Setidaknya ada sekitar 500 lebih kuda yang dapat disewa di Gunung Bromo. Jadi, kamu juga tidak perlu khawatir jika nantinya tidak kebagian kuda.

  • Pergi ke B29, Negeri Atas Awan

Ingin tahu bagaimana rasanya berada di atas awan? Jika iya, maka kamu bisa pergi ke puncak B29. Hal ini juga termasuk hal apa saja yang menyenangkan di Gunung Bromo. Di tempat ini kamu juga bisa melihat keindahan dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru secara menyeluruh.

Dinamakan dengan puncak B29 karena memang puncak ini terletak pada ketinggian 2.900 meter tepat di atas permukaan laut. Saat pagi hari, lembah yang ada di puncak ini masih berkabut tebal sehingga akan membuatmu tampak seperti di atas awan.

Lokasi dari puncak B29 ini adalah di desa Argosari, Lumajang, Jawa Timur. Untuk bisa mencapai tempat ini, maka cara satu-satunya yang dapat ditempuh adalah dengan kendaraan pribadi.

Hal tersebut karena memang tidak ada kendaraan umum yang dapat digunakan untuk menuju B29. Kamu bahkan bisa camping di B29 untuk menikmati pemandangan yang ditawarkan oleh Gunung Bromo, Batok, Arjuna, Semeru, hingga Welirang.

  • Berkunjung ke Pura Luhur Poten

Di lautan pasir yang berada di kawasan Bromo, terdapat pura yang disebut sebagai Pura Luhur Poten. Pura ini adalah pura yang sangat sakral dan tempat ibadah bagi masyarakat Tengger yang bertempat tinggal di dekat Bromo.

Pura ini awalnya dibangun pada tahun 2000 dan menjadi tempat pemujaan Brahma. Pembangunannya menggabungkan arsitektur antara Jawa dan Bali. Maka tak heran, jika berkunjung ke pura ini sangat kental dengan adat Jawa dan Bali. Hal yang membuatnya semakin unik, pura ini dibangun pada dataran yang luas.

Biasanya juga digunakan untuk berbagai acara yang sangat sakral seperti upacara kasada. Upacara kasada sendiri dilakukan dalam jangka waktu selama 2 hari oleh masyarakat Tengger.

Pertanyaan mengenai apa saja yang menyenangkan di Gunung Bromo sekarang sudah terjawab. Bagi kamu yang mempunyai agenda untuk berlibur di destinasi wisata ini, kamu bisa pilih salah satu menarik seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Untuk menuju ke Bromo juga sangat gampang, kamu bisa langsung hubungi https://nahwatour.com/ yang selalu siap menemanimu dalam perjalanan wisata. Nahwatour akan memberikan penawaran yang sangat spesial seperti paket wisata bromo yang murah dan menarik.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.