Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat ke Bromo? Ini Dia Persiapannya

Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat ke Bromo – Liburan ke Bromo akan menjadientum yang sangat berkesan dalam hidup.apalagi Bromo dikenal sebagai gunung yang punya banyak spot indah di sekitarnya. Namun sebelum ke sana kamu harus tahu apa saja yang harus dibawa saat ke Bromo.

Persiapan ke Bromo memang sangatlah penting. Kurang persiapan justru akan membuat liburanmu jadi berantakan. Kebanyakan orang yang baru pertama kali ke Bromo tidak bisa mempersiapkan kebutuhannya dengan sangat baik karena belum memahami kondisi di Bromo.

Apa Saja Yang Harus Dibawa Saat ke Bromo

Ini Dia Hal-Hal Yang Harus Dibawa Saat ke Bromo

Ada beberapa hal yang menjadi kewajiban untuk dibawa saat ke Bromo. Jika kamu masih pemula dan belum bisa menyiapkan hal-hal yang harus dibawa saat ke Bromo, tak perlu khawatir. Di bawah ini ada rincian apa saja yang harus dibawa ke Bromo.

Kamu bisa catat dan simak dengan baik beberapa hal penting ini. Pastikan kamu menyiapkan semuanya dengan baik agar selama di Bromo kamu tetap merasa aman dan nyaman. Liburanmu pun bisa tetap berjalan sesuai rencana tanpa halangan, berikut ini rinciannya:

  • Baju Ganti Hangat 

Hal pertama dan paling utama yang harus disiapkan saat ke Bromo adalah baju ganti hangat. Jika kamu berniat menginap, maka kamu bisa membawa lebih dari satu setelah baju hangat. Namun jika kamu hangat sekali jalan langsung pulang, kamu bisa membawa satu setelah saja.

Hampir setiap saat suhu di Bromo rendah. Bahkan saat musim kemarau pun suhu Bromo justru bisa lebih rendah dari biasanya. Untik itu sangat penting untuk menyiapkan baju hangat seperti jaket dan kaos dalam lengan panjang.

  • Siapkan Syal, Kupluk, dan Sarung Tangan

Saat berangkat dari rumah kamu mungkin masih bisa memakai pakaian biasa. Namun saat sudah sampai di Bromo, pastikan kamu segera ganti baju hangat dan pakai beberapa aksesoris hangat. Aksesrous hangat yang dimaksud adalah kupluk, syal, dan sarung tangan.

Aksesoris-aksesoris ini akan membantu kamu agar tubuh tetap merasa hangat. Bahkan aksesoris hangat tersebut sangat disarankan bagi kamu yang berkemungkinan mengalami hipotermia di suhu yang rendah.

  • Senter Kecil

Banyak sekali wisatawan gunung Bromo yang melewatkan kebutuhan yang satu ini. Justru diantara apa saja yang harus dibawa saat ke Bromo, senter kecil perannya sangat penting. Mengapa harus membawa senter?

Kebanyakan wisatawan yang akan ke Bromo akan berangkat sejak malam hari dan sampai saat dini hari sebelum subuh. Hal tersebut dilakukan agar wisatawan bisa melihat keindahan sunrise di Bukit Penanjakan Bromo.

Jalan menuju bukit tersebut tentu saja gelap dan minim penerangan. Kamu memang bisa menggunakan cahaya flash HP, namun hal itu justru akan membuat HP mu boros baterai. Maka sebaiknya siapkan senter kecil namun cahayanya cukup sebagai penerangan.

Utamanya bagi para pejalan kaki yang tidak ingin menyewa Jeep untuk menuju bukit, senter ini akan sangat bermanfaat. Maka pastikan kamu tidak melewatkan hal yang satu ini.

  • Kamera Terbaik

Memang berfoto di Bromo bisa menggunakan kamera HP, apalagi jika kamera HP nya sudah sangat bagus kualitasnya. Namun sekali lagi, hal itu akan membuat HP jadi boros baterai. Sedangkan akan sangat sulit bagi kamu menemukan tempat khusus untuk mengisi daya baterai.

Maka sangat disarankan agar kamu membawa kamera khusus untuk mengabadikan setiap momen di Bromo. Kamu bisa menyewa kamera pada saat berangkat ke Bromo. Meskipun harus merogoh kantong, namun dijamin hasil jepretan akan memberikan imbalan kesan terbaik.

  • Bawa Tripod

Sebenarnya membawa tripod ini tidak wajib dalam daftar apa saja yang harus dibawa saat ke Bromo, namun sangat disarankan. Tripod sendiri memiliki kegunaan sebagai penyangga kamera agar bisa berdiri secara lebih stabil.

Gunung Bromo yang notabennya merupakan tempat wisata, akan selalu penuh dengan wisatawan. Utamanya saat momen sunrise dan sunset, semua wisatawan yang datang akan berbondong-bondong dan berdesakan untuk melihat keindahannya.

Biasanya kumpulan para wisatawan ada di Bukit Penanjakan yang memang merupakan titik tempat terbaik saat ingin melihat sunrise dan sunset.

Dengan kondisi yang berdesakan, akan sulit mendapatkan foto atau video yang stabil. Maka sangat disarankan bagi kamu untuk berjaga-jaga membawa tripod. Kamu bisa datang lebih awal ke Bukit untuk menata tempat yang tepat bagi tripod.

  • Bawa Jas Hujan dan Raincoat

Tidak menutup kemungkinan selama ada di Bromo akan turun hujan. Bahkan embun pagi di kawasan Bromo pun bisa membuat bajumu basah kuyup karena suhu yang sangat rendah. Bisa dibayangkan jika pakaianya yang kamu kenakan basah, selama di Bromo jadi tidak nyaman kan?

Maka jangan sampai kamu melewatkan kebutuhan yang satu ini. Kamu bisa membawa jas hujan plastik biasa namun tetap rapat melindungi pakaian dan kebutuhan yang kamu bawa. Sehingga kamu juga jadi tidak merasa kedinginan karena pakaian yang basah.

  • Minuman Hangat Praktis

Udara yang dingin di Bromo bisa saja membuatmu masuk angin meskipun kamu sudah memakai jaket tebal. Minum minuman hangat akan membantu kamu merasa hangat dari dalam sehingga tubuh jadi lebih kuat bertahan di Bromk yang suhunya rendah.

Saat ini sudah banyak dijual minuman hangat yang praktis dan langsung minum. Biasanya bentuknya cair seperti sirup dan kemasan sachet. Memang rasanya di mulut tidak hangat, namun minuman jenis ini akan membuat bagian dalam tubuh terasa lebih hangat.

  • Bawa Obat-obatan Seperlunya

Selain minuman hangat praktis dalam kemasan, kamu juga perlu membawa obat-obatan ringan yang sekiranya memang kamu perlukan selama di Bromo. Jika kamu punya riwayat sakit seperti maagh misalnya, kamu bisa membawa obat maagh untuk berjaga-jaga.

Bawa juga obat yang sekiranya banyak dibutuhkan seperti obat demam dan sakit kepala. Orang yang lemah terhadap suhu rendah juga punya resiko terkena demam saat ada di sana. Maka obat demam sangat disarankan untuk disiapkan.

Kamu juga bisa membawa minyak kayu putih atau jenis minyak obat lainnya yang bisa menimbulkan rasa hangat saat dibolehkan pada tubuh. Sebagai tambahan kamu bisa membawa pembangunan bibir agar bibirmu tidak kering karena suhu udara yang sangat dingin.

  • Uang Tunai dan Bekal Makan Minum

Saran terakhir yang bisa kamu bawa saat ke Bromo adalah uang tunai dan bekal makan minum dari rumah. Hampir tidak ada mesin ATM di kawasan Bromo. Jadi jangan mengandalkan kartu debitmu selama di Bromo.

Harga makanan dan minuman di Bromo juga akan sangat mahal, maka disarankan kamu membawa bekal sendiri dari rumah jadi bisa sekaligus menghemat pengeluaran.

Dari sekian rincian apa saja yang harus dibawa saat ke Bromo tersebut, kamu bisa mulai menyiapkan sebelum berangkat Bromo. Kamu bisa menambahkan keperluan tambahan yang memang kamu butuhkan selama di sana. Pastikan hanya membawa keperluan yang berguna selama di Bromo.

Bagi kamu yang sudah sangat ingin pergi ke Bromo tapi tidak punya partner, tenang saja kamu bisa mengandalkan Nahwa Tour. Nahwa Tour ini agen travel yang membuka open trip ke Bromo dengan fasilitas paket yang oke. Kamu bisa mulai daftarkan dirimu di www.nahwatour.com.

5/5 - (1 vote)
Silahkan hubungi Customer Service kami dibawah untuk melakukan reservasi atau konsultasi. Kami siap melayani Anda.