Wisata Kuliner di Malang dan Batu Yang Wajib Dicoba

Malang memiliki hawa yang sejuk, yang terpilih sebagai salah satu destinasi untuk liburan cocok karena punya kuliner unik dan lezat yang membuat patut untuk dicoba. Tidak akan sulit menemukan tempat makan enak di Malang, namun bagi yang bingung harus mencari mulai perjalanan wisata kuliner, bisa menentukan tempat makan enak berdasarkan rekomendasi berikut ini: 

Daftar Wisata Kuliner di Malang

1. Bakso Bakar  Cak Man

bakso bakar malang

Makanan yang paling di inginkan saat udara dingin adalah bakso. Apalagi untuk rasa bakso yang memiliki cita rasa enak dan pedas. Bakso daerah Malang memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari bakso bakso yang ada di daerah luar Malang. Salah satu bakso yang wajib di coba adalah Bakso Bakar Cak Man. Bakso ini memiliki keistimewaan tersendiri, yaitu  bakso disini terlebih dahulu dilakukan pembakaran. Bermula dari ide kreatif dari karyawan karyawannya,  yaitu sisa bakso yang tidak dijual lagi untuk besoknya melainkan dibakar. Kemudian Cak man sendiri membuat racikan racikan bumbu untuk bakso bakar tersebut.  

bakso bakar cak man malang

Bakso ini memiliki menu menu lain selain bakso bakar yang juga patut di coba. Siomay, bakso rebus, tahu, bihun dan masih banyak lainnya yang dapat menambah kelezatan bakso bakar ini.  Bakso ini sangat legendaris, memiliki level biasa, sedang hingga pedas. Harga perbakso bakarnya sendiri di bandrol dengan harga Rp.3000,- per bijinya. Dapat ditemukan di sisi kanan SMPN 2 Malang pada  pukul 09.00-16.00 saja. Dan untuk cabang barunya berada di Jl Diponegoro 19 A Malang. Untuk menikmati kelezatan bakso ini anda harus berantri terlebih dahulu di depan gerobak.

2. Sego Resek 

sego resek malang

Sego resek memiliki arti nama yaitu nasi sampah, dibalik arti namanya itu kuliner pedagang kaki lima ini menjadi destinasi makan favorit dikalangan banyak orang. Dahulunya, asal mula nama sego resek ini, pemilik memulai berjualan di samping tempat pembuangan sampah.  Sego resek merupakan sajian nasi goreng yang memiliki berbagai macam  toping  seperti taoge, kol, mie dan suwiran ayam. Porsinya juga cukup banyak , sehingga banyak penikmat sego goreng ini menyebutnya sebagai sego resek.  

Untuk proses memasaknya cukup unik  yaitu menggunakan arang, dan menggunakan kaldu ayam sebagai pengganti minyaknya.  Dimasak dalam kuali yang besar  kemudian semua bahan di campur  dan di beri kecap sehingga sekali masak akan menampung  puluhan porsi. Harganya sangat terjangkau yaitu cukup dengan Rp.8.000,-  hingga Rp.11.000,- saja sudah mendapatkan sego resek ini.  

sego resek wisata kuliner di malang

Jika tertarik mengunjungi sego resek ini dapat mengunjingi di jalan Brigjen Katamso, perempatan kasin tepatnya. Yang dibuka pada pukul 17.30 dan akan tutup pada pukul 22.00 WIB. Jangan kesal saat berkunjung kesini ya, anda harus sabar mengantri untuk mendapat gilirannya.

3. Angsle dan Ronde Titoni

ronde titoni malang

Saat malam hari di Malang akan mendapati suasana yang dingin, enaknya menyantap yang hangat hangat  dan berkuah, misalnya Ronde titoni. Angsle dan ronde merupakan jajanan tradisional dari Malang yang identik memiliki kuah hangat sehingga cocok untuk suasana di malam hari. Ronde Titoni sendiri dibuka mulai tahun 1948 yang berada di lokasi di jalan Zainul arifin.  

Warung tua ini menyajikan angsle, kacang kuah, roti goreng serta cakwe. Untuk ronde disini di bagi menjadi 3 macam yaitu ronde basah yaitu  terbuat dari tepung ketan yang berisikan bubuk kacang dan kuah jahe ,kemudian ronde kering yaitu ronde yang hanya diberi bubuk  kacang, dan selanjutnya ronde campur berupa pepaduan ronde basah dan ronde kering. Cita rasanya pun sangat lezat sebagai penghangat malam.  Untuk menu angslenya berupa kuah santan yang memiliki ragam isian berupa kacang hijau, roti, mutiara, pethulo serta ketan, rasanya tak kalah mearik dengan rondenya.  

ronde titoni wisata kuliner di malang

Harganya dapat dibandrol dengan harga yang sangat murah meriah yaitu cukup dengan Rp.8000,- saja. Dengan harga yang terjangkau, tempat ini sangat cocok untuk kumpul kumpul dengan teman untuk saling bercengkarama. Lokasinya tidak jauh dari keberadaan pasar besar.  Jangan lupa untuk mengunjunginya.

4. Bakpao Boldy

bakpao boldy malang

Bakpao Boldy merupakan jajaran bakpao terenak di favorit kota malang yang letaknya di Jl Mangun Sarkoro no 25 Jodipan Malang.  Jalan mangun sarkoro sendiri dahulunya merupakan boldy, maka dari situlah nama boldy disematkan pada bakpao ini. Jajanan ini memiliki berbagai varian rasa yaitu ayam cincang, ayam kecap, babi cincang, babi kecap, kacang hijau, tausa, dan kacang tanah. Rasa tausa ini yang menjadi favorit para penjelajah kuliner berupa pasta kacang hijau.  

Bakpaonya sendiri dibuat tanpa pengawet, pemutih atau bahan kimia lainnya. Uniknya, bakpao ini tidak diberi tanda seperti pada bakpao lainnya yang pastinya agak khawatir untuk membeli bakpao disini. Pengolahan bakpao ini dipisahkan antara yang halal dan yang nonhalal. Itu yang menjadikan bakpao boldy ini menjadi bakpao yang legendaris dan tetap bertahan.  

bakpao boldy wisata kuliner di malang

Bakpao ini telah membuka cabang di kota kota besar, jadi untuk yang ingin merasakan kelezatan bakpao ini tidak akan merasa kesulitan.  Harganya sendiri masih terjangkau walaupun cukup tinggi dari harga bakpao bakpao umum lainnya yaitu Rp.9000,- , tetapi akan merasakan kelezatan tersendiri dari dalam bakpao ini.

5. Toko Oen

toko oen wisata kuliner di malang

Toko Oen adalah sebuah tempat makan yang menyajikan menu masakan Indo-Holand dengan nuansa tempo dahulu yang  oernamen nya berdiri sejak 1930. Suasananya seperti tempat ala tuan dan nyonya Belanda, klasik yang cocok untuk penyebutannya. Langit langit yang cukup tinggi, pilar pilar bangunan  bercat putih  hingga pintu dan jendela yang besar. Deretan kursinya yang berpostur rendah sangat nyaman untuk diduduki.  

Untuk menu yang disediakan di Toko Oen ini yang menjadi favorit adalah  ice krimnya. Memiliki 27 resep es krim pilihan buatan sendiri atau homemade tanpa menggunakan pengawet untuk proses pembuatannya. Menu makanan lainnya yang sering dipesan adalah nasi goreng dan steak lidah.  Selain itu juga terdapat cake dan tart dengan resep jaman kuno, camilan kering, sus, lemper, risoles, dan sebagainya. 

toko oen malang

Ditata didalam toples yang dikemas secantik mungkin  dan di letakkan di bagian depan toko. Keunikan toko oen ini adalah nuansa kolonial Belanda, pelayan laki laki akan menggunakan baju safari putih sedangkan yang perempuan menggunakan gaun selutut. Merupakan pakaian yang trend pada era 1930-an , serta pelayan disini cukup fasih dalam berbahasa Belanda. 

Untuk harganya sendiri memang cukup mahal, namun tidak akan menyesal saat berkunjung kesini karena suasananya cukup sulit untuk ditemui di rumah makan yang lain.  Alamatnya berada di jl Jendral Basuki Rahmad 5 Malang. Jam bukanya pada 08.00 – 21.30 WIB.

6. Bubur Ayam Bu Agus

bubur ayam wisata kuliner di malang

Bubur ayam bu Agus adalah rumah makan yang menyuguhkan masakan yang berada di dalam sebuah ruko yang cukup luas. Menawarkan bubur ayam yang  menjadi menu primadona serta menjadi favorit para pelanggan yang datang kesini.  Topping yang komplet di temani potongan cakwe, telur kecap, emping mlinjo, rajangan daun bawang, jaipoo ayam akan menggugah lidah anda.  

Di rumah makan ini terdapat menu bubur ayam spesial, bubur ayam jakarta, pangsit mie spesial, pangsit mie lada hitam, nasi bakmoy, nasi ayam, bihun kuah, bakpao isi ayam, daging bulan, nasi tim, ceker ayam, lumpia, tahu isi, dan siomay. dikarenakan rasa bubur ayamnya yang sangat enak dan sesuai dengan harganya, bubur ayam ini selalu ludes terjual.  

bubur ayam malang

Bubur ayam ini buka pada hari selasa sampai hari minggu, untuk hari seninnya liburJam bukanya mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 21.00. Sedangkan di hari minggu hanya sampai dengan pukul 11.00 saja. Lokasinya berada di Jalan Simpang Wilis Indah, segera datang ke Bubur Ayam Bu Agus ini sebelum kehabisan. 

7. Soto Lombok

soto lombok wisata kuliner di malang

Soto Lombok merupakan salah satu warung soto paling populer di kota Malang. Nama lombok yang melekat pada soto kampung khas Malang ini sering dianggap dengan rasanya yang pedas, padahal nama Lombok itu dipakai karena lokasinya yang memang di jalan Lombok. Saat ini warung ini memang berada di jalan Sulawesi namun pada awal berjualan soto ini memulainya dari jalan Lombok 

Mulai didirikan pada tahun 1955, Soto Ayam Lombok sudah banyak dikenal masyarakat dengan cita rasanya yang khas. Soto Lombok tampak berwarna keruh kecoklatan dengan tekstur agak kental. Penyajiannya sama seperti soto pada umumnya yaitu diatas nasi terdapat  potongan kentang rebus, telur bebek rebus, mie su’un, irisan kubis segar, taoge, potongan daging ayam kemudian ditaburi koyah.  Akan terasa lebih nikmat jika ditambah kerupuk rambak dan  sedikit kecap manis. 

soto lombok di malang

Untuk menu yang disediakan yakni Nasi Soto Ayam Biasa, Nasi Soto Kulit, dan Nasi Soto Istimewa. Anda juga bisa menikmati kerupuk rambak, es jeruk, wedang jeruk, es teh, dan lain-lain sebagai pendamping soto pesanan sebelumnya. Soto Lombok setiap hari selalu ramai pengunjung dan pelayanannya cukup cepat. Karena pramusajinya telah menyiapkan mangkuk nasi dan racikan sotonya berjejer diatas gerobak sotonya yang diletakkan di tengah ruangan. Sehingga saat pembeli memesan, pramusaji tinggal mengguyur kuahnya aja. Lokasinya berada di JLombok  no1, Kecamatan Klojen, Kota Malang (sebelah utara RSI Aisyiyah) 

Untuk menelusuri kota Malang tentunya tidak cukup dengan waktu satu hari saja, hal itu membuat anda harus menyiapkan tenaga lebih banyak. Solusi lain untuk berpergian ke Malang adalah dengan anda jasa paket wisata,ada banyak penyedia Jasa paket wisata yang ada di Malang, Nahwa Tour dapat anda andalkan untuk melengkapi perjalanan anda di Kota Malang,  Driver yang kami miliki adalah driver yang ramah dan berpengalaman. Tujuan kami adalah menjadikan perjalanan anda senyaman mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.