7 Wisata Air Terjun di Malang Batu Yang Instagramable

Kota Malang dan kota batu selalu diburu oleh para traveller karena wisata alamnya yang begitu indah, salah satunya adalah wisata air terjun (coban). Memiliki udara yang sejuk tak lain karena letak geografis kota tersebut dikelilingi oleh beberapa pegunungan. Berkat adanya gunung-gunung tersebut, kota malang dan batu dianugerahi banyak sekali air terjun (coban) yang cantik. Air terjunnya tersembunyi dan masih terjaga kealamiannya. Selain itu, Kealamian inilah yang mejadikan pengunjung banyak memburunya, sebagian orang beburu foto (Hunting) agar foto yang dihasilkan eksotis dan menarik agar banyak orang suka akan hasil fotonya

Daftar Wisata Air Terjun di Malang Batu Terfavorit

1. Coban Rais

coban rais malang

Air terjun yang populer di Batu dan sering dikunjungi para wisatawan adalah Air Terjun Coban Rais. Air Terjun ini berlokasi di kawasan Batu Malang tepatnya berada di Dusun Dresel, desa Oro-oro ombo, Kota Wisata Batu. Lokasinya yang relatif di dekat kota batu menjadikan coban rais ini salah satu wisata murah meriah yang instagramable. Air terjun memiliki ketinggian 80 meter, cukup tinggi untuk sebuah ukuran air terjun.  

Berkunjung ke coban rais belum afdol jika tidak mencoba wahana dan spot foto yang lagi hist ini. Wahana tersebut yakni spot i love u, ayunan, taman bunga, hammock warna-warni seperti di Top Selfie Pinusan Kragilan Magelang, gardu pandang seperti di Kalibiru, sepeda gantung dan lainnya. Sekarang juga sudah ada spot terbaru seperti Rumah Hobbit, sepeda hias, spot apel dan lainnya yang bisa Anda coba. Ada kemungkinan untuk kedepannya akan ditambah berbagai spot foto yang lebih baru lagi dan lebih unik. 

Wahana tersebut bisa menemani anda melihat keindahan coban rais dari atas. Fasilitasnya juga sudah cukup memadai. Diantaranya terdapat toilet umum, mushola, area parkir kendaraan yang luas, warung, tempat sampah, spot foto menarik dan fotografi. 

Untuk mencapai air terjun coban rais, anda harus memlaui beberapa jalan setapak yang landai, jalan hutan, dan menyusuri sungai namun terbalaskan dengan keindahhan coban rais yang eksotis. Jika anda ingin mengunjungi coban ini dikenakan tarif masuk Rp. 5.000/orang, parkir motor Rp. 1.000,/motor dan Rp. 5.000,- untuk mobil.

2. Coban Pelangi

coban pelangi malang

Sesuai dengan namanya Coban Pelangi atau Air terjun Pelangi ini sering membiaskan warna pelangi yang sangat indah. Warna pelangi di coban pelangi dapat dilihat jika cuaca sangat cerah, tidak hanya keindahan air terjun saja yang di tawarkan, di sini juga terdapat jembatan cinta yang sering di jadikan spot foto sepasang kekasih. Pengunjung juga dapat merasakan sensasi naik kuda yang tersedia dikawasan coban pelangi.

Fasilitas yang di sediakan di coban ini juga sangat lengkap seperti Warung-warung Makan, Kamar mandi, Tempat parkir yang luas, Mushola dan juga di sini tersedia tempat buat Camping. Dengan suasana yang masih alami air terjun Coban Pelangi ini wajib untuk anda kunjungi saat berada di Malang. Lokasi Coban Pelangi ini terletak di desa Gubuk Klakah, Kec. Poncousumo, tepatnya berada di jalur Malang Bromo. Anda akan melewati coban pelangi jika berwisata ke Bromo menggunakan paket wisata bromo dari Nahwatour.

Waktu yang tepat jika anda ingin berkunjung ke air terjun coban pelangi adalah saat pagi hari. Pasalnya, kabut yang lembut sering muncul disekitar coban setelah lewat tengah hari. Segarnya embun di pagi hari sangat sejuk dan sayang untuk dilewatkan. Coban pelangi dibuka mulai pukul 07.00-17.00 namun saat penghujan pihak pengelola sering membatasi kunjungan hingga 16.00 saja. Harga tiket masuk coban ini sekitar Rp. 5.000,- dan parkir  Rp. 2.000,-/motor Rp. 5.000,- untuk mobil. Jika anda ingin berkunjung ke coban ini dapat melalui rute menuju gunung bromo.

3. Coban Jahe

coban jahe

Pasti anda berfikir kalo Coban Jahe ini berbau jahe atau memiliki bentuk seperti tanaman jahe, nama tersebut di ambil karna dulu di sekitar Air terjun ini terdapat banyak tanaman jahe, Lokasinya yang tersembunyi membuat suasana coban ini masih alami, selain memiliki air terjun yang indah Coban Jahe ini juga memiliki pemandangan yang indah nan eksotis dengan di tambahnya taman yang di buat oleh pihak coban jahe, ada banyak jenis bunga yang ditanam di area taman ini yang menambah pengunjung semakin betah berlama-lama berada air terjun ini. 

Tebing yang menjulang tinggi, bebatuan yang masih besar hijaunya pepohonan yang meneduhkan dan air yang terpancar deras dari ketinggian menyuguhkan keindahan nan mempesona. Lokasi Coban jahe ini terletak di desa begawan, Taji, Jabung, Malang. 

Di coban ini anda bisa berfoto dengan background yang cantik dan pastinya menarik, disini juga anda bisa bermain flying fox dan river tubing yang memicu adrenalin. Fasilitas yang ada di coban jahe sangatlah memadai tersedia tempat parkir, toilet, pusat informasi,gazebo, warung makan,bynga mini,mushola, permainan tubing mini. 

Harga tiket coban jahe sangat murah hanya Rp. 5.000,-/orang, biaya parkir kendaraan Rp. 2.000,-, river tubing trek pendek Rp. 75.000,- dan river tubing trek panjang Rp. 150.000,- .

 Jika anda ingin berkunjung ke coban ini tinggal menuju ke arah tumpang, patokannya setelah melewati gapura “Selamat datang di Tumpang” akan ada petunjuk arah menuju coban jahe tidak jauh dari gapura tersebut. Ikutilah petunjuk arah yang terpampang jelas, kemudian menuju arah Desa Pandansari Lor,sering- seringlah bertanya pada warga sekitar agar tidak tersesat. 

4. Coban Talun

coban talun

Coban Talun merupakan tempat wisata air terjun yang berada di kota malang. Air terjun Coban Talun ini berkawasan di wisata bumi perkemahan yang berada di lereng gunung Arjuna bagian barat yang lokasinya kurang lebih sekitar 15 km dari kota Malang. Air Terjun ini berada Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Keindahan air terjun ini bisa anda lihat saat cuaca sedang cerah. Butiran air yang terhempas angin akan menimbulkan warna pelangi yang sangat indah. Batu-batauan pengunungan yang sangat besar disini pun menambah keeksotisan coban talun. Selain keindahan air terjun wisata ini juga memiliki banyak spot-spot foto yang menarik untuk di gunakan spot spot selfi Seperti, Apache Camp, Pagupon Camp, Bunga Matahari raksasa, dan kebun bunga.

Untuk menuju lokasi ini sendiri anda harus Tracking terlebih dahulu, anda akan melewati area perbukitan dan jembatan Asmara, dengan suhu sejuk yang ada di kota Batu membuat pengunjung yang kesana mendapatkan sensasi lebih saat trancking di Coban Talun. 

Fasilitas di Coban Talun ini cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas, kantin, balai serbaguna, hingga mushola sangat memadai. Ada juga jasa rafting yang disediakan oleh pihak pengelola di tempat ini namun lokasinya memang agak jauh dan dapat ditempuh dengan jalan kaki. 

Harga tiket coban talun cukup murah meriah sekitar Rp. 5.000,-, parkir motor Rp. 2.000,- (roda dua) dan Rp. 4.000,- (roda empat). Jika anda ingin berkunjung ke coban ini bisa melalui rute menuju ke lokasi bila dari kota Malang, Anda bisa melalui jalan Selecta-Cangar. Sedangkan bila dari Surabaya, Anda bisa lewat Mojokerto dengan mengambil jalur arah Cangar-Trawas.

5. Coban Rondo

coban rondo

Nah, kalau air terjun yang satu ini pasti sudah banyak yang mengetahui. Coban Rondo adalah air terjun terindah di Malang yang paling populer dikalangan wisatawan domestic dan mancanegra. Air terjun di Malang ini bersumber dari mata air Cemoro Budo yang merupakan salah satu sumber di kawasan pegunungan. Dengan ketinggian tidak kurang dari 84 meter wisata alam ini menjadi salah satu destinasi terfavorite saat liburan tiba. Coban Rondo ini terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon Malang Jawa Timur. 

Nuansa keindahan dan kealamian coban ini membalut suasana air terjun yang nampak klasik diseputar pusaran air terjun tersebut. Keunggulan yang di miliki Air terjun yang satu ini baik dari segi fasilitas pengunjung serta spot-spot wisata lainya, salah satu yang menarik di wisata ini adalah adanya Taman Labirin ( Taman Sesat ). Kreasi taman labirin sendiri di buka mulai tahun 2014, akan tetapi sampai sekarang taman labirin menjadi salah satu Objek yang paling di gemari para pengunjung yang datang ke Coban Rondo.

Selain taman labirin, ada juga fasilitas wisata lain yang tersedia di coban ini seperti area camping ground, wahana permainan outbond, flyingfox, tubing, airsofgun, paintball, tasung dan junggle trekking. Untuk harga masuk coban rondo cukup Rp. 15.000,- dan Rp. 10.000,- untuk taman labirin. Jam buka coban ini mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Jika anda ingin berkunjung ke coban ini bisa melalui arah menuju Pujon. Kemudian akan ada pertigaan patung sapi. Dari sana anda bisa masuk ke gang patung sapi itu dan ikuti rute hingga menuju di gerbang Coban Rondo.

6. Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah

wisata air terjun di malang coban nirwana

Ini dia tempat wisata air terjun di Malang terbaru yang lagi populer dikalangan traveller muda, namanya Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah. Nama tersebut diambil dari nama sesepuh yang berada di daerah tersebut.

Keindahanair terjun ini bisa terlihat dari aliran air yang bertingkan layaknya anak tangga, anda juga bisa berendam dan berenang karena di sini ada lokasi yang seperti kolam meskipun tidak besar tapi dapat di gunakan untuk berenang. Hal unik yang disajikan coban ini adalah panorama yang indah untuk spot selfie. Karena coban ini masih baru jadi masih minim fasilitas dan harga tiketnya pun gratis.

Coban nirwana ini terletak di kawasan Gedangan, yaitu salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Malang Jawa Timur. Untuk akses menuju coban ini terbilang cukup mudah, karena lokasinya berada diperbatasan antara kawasan Gedangan dengan Sumber Manjing Wetan, Malang. Untuk samapai ke lokasi, ada dua jalur yang bisa anda tempuh. Pertama anda dapat melalui jalur kawasan Gedangan.Kedua anda dapat melalui jalur melaui kawasan Sumber Majing Wetan, Malang. Kedua jalur tersebut sama-sama mudah dillalui. 

7. Coban Ciblungan

coban ciblungan

Ini dia tempat wisata air terjun di malang yang masih perawan alias belum terjamah wisatawan. Namanya Coban Ciblungan yang berada di Jalan Raya Dampit-Lumayang, Purwoharjo, Ampelgading, Malang Jawa Timur. Air terjun di coban ciblungan ini tidak terlalu tinggi namun cukup indah apalagi bagi anda pecinta slow speed photography, disekelilingnya banyak terdapat batu besar khas air terjun. Disana anda bebas bermain air jatuh menjulur ke sungai yang tidak terlalu dalam. 

Fasilitas di coban ciblungan cukup memadai, terdapat ruang ganti atau kamar mandi di dekat rumah penduduk. Untuk harga tiket masuknya masih gratis, hanya bayar biaya parkir di rumah penduduk Rp. 5000,-. Untuk menuju lokasi air terjun ini anda harus trekking dengan jarak 50 meter. Jika anda ingin berkunjung ke coban ciblungan rute yang dilalui jika anda dari Kota Malang menuju arah Turen lalu menuju Dampit. Setelah sampai di Dampit kemudian dilanjutkan menuju Tirtoyudo hingga sampai di Kecamatan Ampelgading.

Dari arah Ampelgading menuju ke Purwoharjo atau arah PLTA Ampelgading. Nantinya anda akan menemukan jalan yang berada di sebelah kanan sebelum gapura perbatasan. Disitu terdapat papan petunjuk arah menuju air terjun kemudian lanjutkan perjalanan kurang lebih 50 meter dan tiba di lokasi Coban Ciblungan. 

Yang pasti, siapkan fisik dan perlengkapan jika Anda berniat mengunjungi wisata air terjun di Malang tersebut, dan Anda pun siap berpetualang. Kebanyakan lokasinya memerlukan persiapan fisik karena lokasi eksotisnya masih tersembunyi dan perlu ditempuh dengan berjalan kaki sebelum anda benar-benar berdiri di hadapannya. Selain itu, siapakan diri Anda untuk menemui pemandangan yang luar biasa indah di berbagai lokasi air terjun di coban ini. 

Jika anda ingin berkunjung ke berbagai destinasi wisata di kota malang dan agar memudahkan perjalanan wisata bersama pasangan atau rombongan bisa menggunakan jasa nahwa tour dan paket wisatal, demi kenyamanan dan kepuasan wisata customer service kami berkomitmen untuk memberikan Pelayanan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.