Pantai Sendiki, Surga Kecil Masih Sepi Pengunjung

Malang dikenal sebagai salah satu tujuan wisata dengan pilihan yang begitu banyak. Hampir banyak jenis wisata dikota ini, misalkan saja wisata religi, wisata edukasi hingga wisata mistis. Destinasi yang cukup banyak menarik wisatawan adalah pantai. Pantai di Malang memang sangat menawan dengan garis pantai yang membentang hampir 77 Km. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah pantai Sendiki.  Pantai ini merupakan satu dari 14 pantai yang telah dikelola dengan baik oleh pemerintah ataupun masyarakat setempat.

Pantai Sendiki

Pantai Sendiki ini memiliki keindahan yang sangat menakjubkan dengan suasana yang asri, bersih dan sepi . Dengan hamparan pasir putih di bibir pantai serta bukit bukit dibeberapa bagian menjadikan pantai ini nyaman untuk menghilangkan rasa penat.  Seolah pantai milik pribadi, disebabkan masih belum banyak wisatawan yang mengunjungi.  Keberadaan lubang batu karang yang berada di bibir pantai menjadi daya tarik yang dimiliki oleh pantai sendiki.

Seperti halnya pantai selatan Pulau Jawa yang terkenal dengan ombak besar dan deras, sehingga kurang cocok untuk dijadikan tempat untuk berenang. Namun jika untuk sekedar bermain air dan bercengkerama di pinggir pantai masih dapat dilakukan. Hal menarik lainnya yaitu terdapat hutan lebat yang mengelilingi pantai yang membuat kondisi di sekitar pantai tidak terlalu panas.

Belum lengkap ke Malang jika tidak mendengar mitos mitos tempat wisatanya. Tak terkecuali untuk pantai sendiki sendiri. Konon katanya pantai ini ditemukan oleh 4 sahabat, tiga diantaranya telah menancakpan patok kayu sebagai penanda wilayahnya. Namun Orang yang terakhir bernama Singo Lelono merasa bingung untuk memilih wilayahnya. Ia bertanya kepada rekannya “Punyaku Seng ndi iki ?”, Akhirnya beliau bingung dengan kesal menancapkan patok kayu diwilayah yang sekarang dikenal dengan pantai sendiki. Untuk para wisawatawan yang berjalan ke arah kiri pantai akan menamukan sebuah makam batu dengan tulisan “Singo Lelono” yang dianggap leluhur sebagai warga sekitar.

Lokasi Pantai Sendiki

Pantai Sendiki

Foto by @gsuseno

Lokasi pantai sendiki Malang di Desa Tambakrejo, kecamatan Sumbermanjing Wetan yang bersebelahan langsung dengan pantai Tamban. Rute yag dituju  dari Kota Malang menuju ke Bululawang, selanjutnya masuk ke wilayah Gondanglegi. Kemudian lanjutkan perjalanan ke arah Turen hingga Sumbermanjing Wetan. Dari Sumbermanjing Wetan dapat mengikuti jalur jalan menuju Pantai Tamban di daerah Tambakrejo.

Pantai Sendiki buka selama 24 jam sehingga anda dapat bermalam disini. Setiap pengunjung yang datang ke Pantai Sendiki dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,- ditambah biaya parkir sebesar Rp. 5.000,- per motor (Rp. 10.000 jika anda menginap).

Wahana yang dapat ditemukan di pantai ini yaitu

Ayunan Kayu

Untuk para wisatawan ingin menikmati pemandangan sambil berayun, telah disediakan ayunan kayu yang berada di bibir pantai. Namun jumlahnya masih sedikit, untuk menaikinya juga perlu mengantrinya.

Gazebo

Di dalam gazebo di pantai ini memang disuguhkan khusus untuk pengunjung yang hendak bersantai dan menikmati teduhnya suasana pantai.

Rumah Pohon

Merupakan spot favorit yang ada di Pantai Sendiki yaitu rumah pohon yang sangat cocok digunakan untuk berfoto ria. Anda juga bisa berbaring dengan tenang dan nyaman.

Camping

Untuk bermalam disini diwajibkan registrasi ke pos loket dan mendirikan tenda di tepi pantai selain itu anda juga harus mengondisikan suasana saat malam tiba.

Homestay

Jika ingin menikmati keindahan Pantai Sendiki lebih lama lagi, ada beberapa rumah penduduk yang menyediakan jasa homestay. Tentunya dengan tinggal di rumah penduduk setempat akan menambah pengalaman tersendiri saat liburan.

Untuk fasilitas di pantai Sendiki telah tersedia seperti mushola yang dapat digunakan sebagai tempat ibadah para pengunjung. Terdapat juga toilet dan beberapa warung kecil. Di warung warung tersebut anda dapat membeli jajanan ringan ataupun makanan lainnya. Selain itu juga terdapat penginapan yan unik berupa mini cottage yang berada di atas pohon.

Bagi anda yang berkunjung ke Malang, sempatkan waktu anda untuk mengunjungi tempat tempat wisata yang menarik di Malang, dijamin anda akan ketagihan untuk mendatanginya lagi.  Terdapat berbagai paket layanan tour wisata untuk daerah Malang dan Batu, selain itu juga Nahwa Tour juga menyediakan layanan paket wisata bromo. Untuk anda yang ingin memakai layanan paket kami akan mendapat fasilitas yang lengkap serta driver yang ramah, serta harga yang murah dapat menghubungi Nahwa Tour dengan mengunjungi website kami di nahwatour.com atau menghubungi di nomor 081222431414.

5.0
01

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.