City Tour di Malang Saat Lebaran untuk Menghindari Kemacetan

Paket Wisata Malang
Malang Surga Tempat Wisata Alam
February 19, 2017

City Tour di Malang Saat Lebaran untuk Menghindari Kemacetan

Lebaran adalah saat terbaik untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Mudik pun sudah menjadi tradisi dan libur panjang ini juga dimanfaatkan untuk berwisata bersama keluarga. Apalagi momen berkumpul seperti ini hanya terjadi setahun sekali.

Kalau kamu mudik ke kawasan Jawa Timur, wisata di Malang bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan libur Lebaran dengan seru. Namun sayangnya, membludaknya pelancong justru membuat jalanan jadi macet, terutama yang menuju ke arah Bati. Tentu saja kemacetan ini sangat mengganggu rencana liburan.

Baca juga Paket Wisata Bromo Join Trip [Tour Midnight]

Nah, daripada terjebak macet yang tidak menyenangkan, kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan city tour. Meski banyak jalanan macet, kawasan kota justru cukup lengang dan bisa dijadikan ajang untuk bersenang-senang. Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan libur Lebaran di Malang.

1. Menjelajahi Candi Bersejarah

Source – boombastis

Malang memiliki cukup banyak bangunan bersejarah terutama candi. Peradaban Singasari yang pernah berdiri di sini meninggalkan beberapa candi, salah satunya adalah Candi Singasari yang terletak di kawasan Singasari. Menurut cerita, candi ini belum selesai dibuat saat raja terakhirnya wafat. Setelah raja digulingkan, Kerajaan Singasari pun hancur dan bangunan candi untuk pendermaan ini terbengkalai.

Selanjutnya ada Candi Kidal yang terletak di Malang bagian selatan. Candi ini merupakan wujud bakti seorang anak kepada ibunya. Dahulu kala, abu dari Ken Dedes berada di sini. Saat ini abu itu sudah tidak ada dan candi ini difungsikan sebagai objek wisata yang menarik karena memiliki cerita pada reliefnya.

Selanjutnya ada Stupa Sumberawan yang lokasinya tidak jauh dari Candi Singasari dan dua patung Dwarapala raksasa. Terakhir ada Candi Jago dan Candi Badut yang bentuk fisiknya masih lumayan utuh meski mengalami vandalisme.

2. Wisata Kuliner Sampai Puas

Source – perutgendut

Malang memiliki cukup banyak varian kuliner yang menggoda. Kamu bisa menikmati kuliner-kuliner autentik dan telah berusia puluhan tahun, hingga kuliner modern yang menghadirkan keunikan dan juga rasa juara. Bingung mau mulai memuaskan lidah di mana? Beberapa lokasi kuliner terbaik di bawah ini bisa jadi referensi.

  • Soto Geprak Mbah Djo

Dinamai geprak karena dahulu kala, Mbah Djo suka menggebrak meja saat menghaluskan daging sotonya. Walhasil, kebiasaan ini menjadi ciri khas dan dikenal oleh banyak orang. Untuk menikmati sajian soto yang sangat segar ini, silakan datang ke Jalan Letjen. S Parman No. 77-79, Malang.

  • Hok Lay

Hok Lay adalah kedai yang menyajikan tiga menu andalan. Pertama, ada cui mi yang diolah dengan sangat alami. Rasa kuah dan topingnya begitu sempurna hingga akan membuatmu ketagihan. Selanjutnya, ada lumpia Semarang yang rasanya sangat autentik. Lumpia ini bisa dimakan dengan saus khusus, cabai, dan juga bawang daun kecil. Menu terakhir yang menjadi ciri khas dari Hok Lay adalah fosco. Minuman ini terbuat dari susu segar yang dicampur dengan cokelat, kemudian dimasukkan ke dalam botol minuman kola dan disajikan saat dingin.

Hok Lay terletak tidak jauh dari alun-alun atau tepatnya di Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 10, Malang.

  • Toko Oen

Di kala cuaca terik, paling enak menyantap yang dingin dan manis. Nah, mampir saja ke toko Oen yang berada di jalan Basuki Rahmad atau sekitar 50 meter dari alun-alun. Es krim buatan tangan yang nikmat dan berkelas akan membuat liburanmu menjadi sangat menyenangkan.

Selain es krim yang resepnya berasal dari Eropa, kedai yang sudah berusia nyaris 100 tahun ini juga menyediakan kudapan manis, nasi goreng, dan steak.

  • Bakso President

Meski lokasinya berada di pinggir rel kereta, Bakso President menyajikan menu yang benar-benar menggoyang lidah. Satu porsi bakso kuah atau bakar akan mengobati rasa kangenmu dengan hidangan khas Malang ini.

  • Angsle dan Ronde Titoni

Setelah menjelajahi kuliner di siang hari, tidak ada salahnya untuk menikmati minuman manis yang bisa menghangatkan ini. Berada tidak jauh dari kawasan pecinan, kamu bisa menikmati ronde kering atau ronde kuah yang memiliki bola ketan dan kacang yang nikmatnya nggak ketulungan.

3. Menjelajahi Pantai di Malang Selatan

Source – rentalmobilmalang

Wisata pantai masih menjadi primadona di Malang bagian selatan, tapi kamu harus pintar memilihnya ya. Jangan mengunjungi pantai yang sudah banyak dikenal karena pasti ramai sehingga kamu tidak bisa menikmati liburan dengan maksimal.

Pilihlah pantai yang masih sepi pengunjung. Dengan begitu, liburan dengan keluarga bisa berjalan dengan menyenangkan. Daripada ke Batu dan terjebak macet, lebih baik hijrah untuk menikmati pantai-pantai yang masih alami, misalnya Pantai Mrutu, Taman Ayu, dan Clungup.

4. Menginap di Hotel untuk Quality Time

The Singhasari Resort Batu

Kawasan Malang tentu akan dibanjiri oleh pelancong dari kota sebelah seperti Blitar, Kediri, atau Surabaya. Untuk mendapatkan hotel di Malang, sebaiknya lakukan pemesanan jauh-jauh hari. Tak perlu khawatir akan repot, karena booking hotel bisa dilakukan secara online. Misalnya, dengan menggunakan Traveloka, baik melalui aplikasi atau web.

Dengan memesan hotel jauh-jauh hari, kamu memiliki peluang lebih besar untuk memilih tempat nyaman dan mendapatkan diskon. Lumayan kan, sisa diskon dari akomodasi bisa kamu gunakan untuk bujet wisata kuliner atau beli oleh-oleh khas Malang seperti Pia Mangkok.

Inilah beberapa tips yang bisa kamu praktikkan ketika ingin menghabiskan libur Lebaran di Malang. Persiapkan jauh-jauh hari ya agar semuanya berjalan dengan lancar. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

simple hit counter
INFO DAN BOOKING TOUR - - 081222431414